Sukses

Perumnas Resmikan Apartemen Baru di Rusun Sukaramai Medan

Perum Perumnas kembali meresmikan tower baru di lingkungan apartemen Sentraland, Medan.

Liputan6.com, Jakarta Perum Perumnas kembali meresmikan tower baru di lingkungan apartemen Sentraland, Medan. Ini jadi wajah baru usai Perumnas sukses merevitalisasi kawasan Rusun Sukaramai.

Rusun Sukaramai resmi mengubah namanya menjadi Apartemen Setraland Medan usai dipugar. Selanjutnya, Perumnas merilis Tower Santorini, sebagai pelengkap lingkungan apartemen tersebut.

“Revitalisasi rusun yang saat ini sudah diubah menjadi Apartemen Sentraland Medan merupakan salah satu bukti nyata peran Perumnas dalam melakukan penataan permukiman kumuh dan padat, serta memperbaiki wajah kota," ujar Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro dalam keterangannya, Jumat (15/9/2023).

"Dengan kualitas hunian dan fasilitas umum yang lebih berkualitas serta lokasi yang berada di tengah kota, kami yakin Apartemen Sentraland Medan ini dapat menyerap kebutuhan hunian yang lebih banyak dan lebih nyaman," imbuhnya.

Informasi, secara keseluruhan Apartemen Sentraland Medan akan memiliki 4 tower dengan 2.616 jumlah unit hunian & kios yang disediakan. Salah satu tower yang sudah siap huni, Tower Barcelona, memiliki 530 unit dan 416 unit diantaranya diperuntukkan bagi penghuni lama rusun sukaramai yang telah mendapatkan unit hunian baru pengganti di tower ini secara cuma-cuma.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Perumnas Imelda Alini Pohan menyampaikan untuk Tower Santorini yang baru saja launching, merupakan tower kedua yang memiliki 594 unit hunian. Ini terdiri dari tipe studio, 1 BR dan 2BR serta 155 unit kios yang dapat digunakan bagi UMKM lokal setempat.

Promo

Unit hunian pada Tower Santorini tersedia mulai dari harga Rp 400 jutaan dengan promo spesial potongan harga sebesar Rp 5 juta. Selain lokasi yang strategis, fasilitas yang mumpuni menjadi salah satu nilai jual utama Apartemen Sentraland Medan.

“Dengan fasilitas seperti swimming pool, jogging track, playground, shopping centre dan berbagai fasilitas lainnya dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya sekaligus menarik minat konsumen milenial," lanjut Imelda.

Imelda menyampaikan Perumnas akan terus memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat, tak terkecuali milenial untuk memiliki hunian. Salah satunya dengan kampanye bertajuk 'Sekarang Gampang Punya Rumah' yang baru-baru ini diluncurkan.

“Dengan kemudahan yang ditawarkan ditambah berbagai fasilitas mumpuni yang ada, menjadikan Apartemen Sentraland Medan ini hunian yang paling cuan dan best value, baik bagi penghuninya maupun investor properti,” tutur Imelda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Percontohan

Program revitalisasi kawasan hunian yang telah dilakukan di Sukaramai ini akan menjadi percontohan bagi stakeholder perumahan, termasuk Perumnas dalam merencanakan dan mengekseskusi proyek-proyek revitalisasi lainnya.

Kedepannya, Perumnas berencana akan melakukan revitalisasi rusun Klender di Jakarta dan kota lainnya. Adanya program revitalisasi yang berkelanjutan ini diharapkan akan menciptakan lebih banyak kawasan layak huni dan menciptakan lebih banyak ketersediaan hunian bagi masyarakat.

“Upaya revitalisasi ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat dengan menciptakan lingkungan hidup yang nyaman, bersih dan aman serta menjadi contoh bagi perkembangan perumahan yang berkelanjutan”, tutup Budi.

 

3 dari 3 halaman

Revitalisasi Rusun

Diberitakan sebelumnya, Perum Perumnas berencana untuk melakukan pemugaran di rumah susun (rusun) di kota-kota besar di Indonesia. Melalui revitalisasi, harapannya bisa membenahi kawasan padat penduduk.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro menerangkan rusun kerap bermasalah dari aspek fasilitas yang diterima pengisi rusun. Maka, pemugaran dari aspek fasilitas menjadi satu target yang dibidiknya.

"Peremajaan kawasan padat penduduk dapat menjadi alternatif penyelesaian masalah perumahan di kota-kota besar. Pelaksanaan revitalisasi yang terfokus pada peningkatan fasilitas umum yang mudah diakses akan menciptakan interaksi sosial yang positif baik bagi penghuni maupun masyarakat di sekitarnya," kata Budi dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Rusun Klender

Satu rusun yang bakal dipugar lebih dulu adalah Rumah Susun Klender, Jakarta Timur. Kendati begitu, Budi belum merinci lebih jauh mana saja rusun yang akan direvitalisasi tahun ini.

Selain revitalisasi rusun, Perumnas juga telah melakukan ragam aksi korporasi berupa perbaikan restrukturisasi organisasi dan keuangan, optimalisasi aset, serta penjajakan kerja sama dengan berbagai instansi guna mencapai target korporasi.

"Perumnas terus berupaya bertransformasi dengan melakukan penguatan model bisnis sebagaimana arahan Menteri BUMN. Di antaranya, pada kebijakan pengadaan tanah, dimana kami berkomitmen untuk tidak melakukan pembelian tanah dalam pengembangan baru," kata dia.

"Namun akan melakukan revitalisasi rumah susun eksisting dan pengembangan lahan idle milik pemerintah/BUMN/BUMD/Bank Tanah baik melalui kerja sama maupun PMN Non Tunai," sambung Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini