Sukses

Percepat Target Net Zero, Tony Blair Institute: Perlu Inovasi, Program, Investasi dan Kerja sama yang Tepat

Tony Blair Institute melihat optimalisasi sumber daya manusia, inovasi serta teknologi bisa menjadi kunci untuk mempercepat pertumbuhan berkelanjutan dunia yang lebih efektif di tengah krisis iklim dan maraknya kemiskinan.

Liputan6.com, Jakarta - Tony Blair Institute Indonesia (TBI Indonesia) turut serta dalam gelaran  Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023 dengan menjadi penyelenggara dalam sesi tematik bertajuk ‘Relevance of International Partnership in Realizing Sustainable Development’.

Dalam kesempatan ini, TBI Indonesia diwakili oleh Niall Saville yang merupakan Senior Advisor of Economic Prosperity. 

Dalam diskusi tersebut, Niall Saville mengatakan, optimalisasi sumber daya manusia, inovasi serta teknologi bisa menjadi kunci untuk mempercepat pertumbuhan berkelanjutan dunia yang lebih efektif di tengah krisis iklim dan maraknya kemiskinan.

“Untuk bisa bersaing, produktivitas perlu ditingkatkan melalui inovasi. Inovasi terjadi karena transisi teknologi. Perlu investasi yang masif dalam meningkatkan teknologi. Bagaimana hal itu dilakukan? Salah satu alasan utamanya adalah pengembangan sumber daya manusia. Butuh institusi, program, investasi, dan kerjasama yang tepat.” kata Niall Saville dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/9/2023).

TBI Indonesia adalah salah satu knowledge partner dari perhelatan Indonesia Sustainability Forum yang di selenggarakan oleh Kemenkomarves dan Kadin Indonesia.

Sesi tematik TBI Indonesia menampilkan perwakilan pemerintah, organisasi nirlaba, dan pakar kelas global lainnya, di antaranya:

  • Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong
  • Head of Environment UNDP, Dr. Aretha Aprilia
  • Mission Director USAID, Jeffrey Cohen
  • Director of Climate Policy Initiative, Tiza Mafira
  • Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Nurul Ichwan
  • Country Director Asian Development Bank-Indonesia, Jiro Tominaga
  • Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia, Juan Permata Adoe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemitraan Internasional Punya Peran Vital

Sejalan dengan Niall, dalam diskusi terpisah mengenai ‘Implications of Low-Carbon Trade and Increasing Resilience of Global Supply Chains on Emerging Markets’. Senior Advisor of Trade and Infrastructure TBI Africa, Alban Odhiambho, menyatakan bahwa kemitraan internasional memiliki peran vital.

Interkoneksi global dapat terlihat pada perdagangan yang berkelanjutan. Perdagangan internasional memberikan kontribusi yang monumental untuk produk domestik bruto secara global.

Lebih lanjut, Alban mengatakan bahwa selain akses teknologi, kerangka regulasi sangatlah penting untuk mendorong perdagangan hijau dan membangun rantai pasokan yang lebih baik.

 

3 dari 4 halaman

Krisis Iklim Rugikan Dunia

Dalam sambutannya di Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan bahwa krisis iklim telah merugikan dunia hingga USD 23 triliun pada 2050 dengan 3 juta kematian setiap tahunnya.

“Secara global, banyak hal yang sudah dicanangkan di atas kertas. Namun, kolaborasi internasional dengan kecepatan dan skala yang besar sangat dibutuhkan saat ini.”

“Dengan semangat kolaborasi global, Indonesia melibatkan para pemimpin global untuk mendorong kolaborasi internasional yang konkrit untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif, untuk mencapai net zero,” ungkap Luhut dalam sambutannya.

Indonesia memiliki peran strategis dalam upaya dekarbonisasi global dengan keanekaragaman hayati dan sumber daya mineral yang penting dalam transisi energi, seperti nikel, timah, bauksit, dan tembaga.

Indonesia juga telah memelopori mega proyek dekarbonisasi, di antaranya target net zero pada 2060, target pengurangan emisi sebesar 43%, serta komitmen iklim sebesar USD 20 miliar melalui kemitraan internasional. 

4 dari 4 halaman

Visi Indonesia Emas

ISF 2023 menjadi momentum penting bagi para pemangku kepentingan tidak hanya di Indonesia, namun negara-negara lainnya.

Kegiatan ini mewadahi tempat untuk berbagi pengalaman mengenai upaya dekarbonisasi, memfasilitasi peluang kolaborasi internasional, dan memberikan kesempatan untuk membahas terobosan dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, termasuk dalam mempercepat peralihan ke ekonomi hijau.

Selain itu, acara ini diharapkan membuka jalan bagi Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas di tahun 2045. Khususnya dalam mengatasi masalah lingkungan dan pertumbuhan berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini