Sukses

Perubahan Iklim hingga Larangan Ekspor Beras Bikin Petani India Terpuruk

Bulan lalu, India merupakan pengekspor beras terbesar di dunia, mengumumkan larangan mengekspor beras putih non-basmati sebagai upaya untuk meredam kenaikan harga di dalam negeri dan memastikan ketahanan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Satish Kumar duduk di depan sawahnya yang terendam banjir di negara bagian Haryana, India, sambil menatap dengan putus asa tanaman yang hancur.

"Saya mengalami kerugian yang luar biasa," kata petani generasi ketiga di India ini. Ia hanya mengandalkan hasil panen padi untuk memberi makan keluarganya yang masih muda. "Saya tidak akan bisa menanam apa pun hingga November."

Bibit-bibit yang baru ditanam telah terendam air sejak Juli setelah hujan lebat melanda India bagian utara, dengan tanah longsor dan banjir bandang yang melanda wilayah tersebut. Perubahan iklim penyebabnya.

Kumar mengatakan bahwa ia belum pernah melihat banjir sebesar ini dalam beberapa tahun terakhir dan terpaksa mengambil pinjaman untuk menanami sawahnya kembali. Tetapi itu bukan satu-satunya masalah yang ia hadapi.

Larangan Ekspor

Bulan lalu, India merupakan pengekspor beras terbesar di dunia, mengumumkan larangan mengekspor beras putih non-basmati sebagai upaya untuk meredam kenaikan harga di dalam negeri dan memastikan ketahanan pangan.

India kemudian mengikuti dengan lebih banyak pembatasan pada ekspor berasnya, termasuk bea masuk 20% untuk ekspor beras setengah matang.

Langkah ini telah memicu kekhawatiran akan inflasi pangan global, merugikan mata pencaharian beberapa petani, dan mendorong beberapa negara yang bergantung pada beras untuk segera meminta pengecualian dari larangan tersebut.

 

"Larangan ini akan berdampak buruk bagi kita semua. Kami tidak akan mendapatkan harga yang lebih tinggi jika beras tidak diekspor," ujar Kumar.

"Banjir adalah pukulan telak bagi kami para petani. Larangan ini akan menghabisi kami."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menyusahkan Semua Orang

United Nations Food and Agriculture Organization (Organisasi Pangan dan Pertanian PBB) mengungkap fakta bahwa pengumuman larangan ekspor yang tiba-tiba ini memicu kepanikan pembelian di Amerika Serikat, yang kemudian menyebabkan harga beras melonjak ke level tertinggi dalam 12 tahun terakhir.

Larangan ini tidak berlaku untuk beras basmati, yang merupakan varietas beras India yang paling terkenal dan berkualitas tinggi. Namun, beras putih non-basmati menyumbang sekitar 25% dari ekspor.

India bukanlah negara pertama yang melarang ekspor makanan untuk memastikan pasokan yang cukup untuk konsumsi dalam negeri. Tetapi langkah India, yang dilakukan hanya satu minggu setelah Rusia menarik diri dari kesepakatan biji-bijian Laut Hitam (sebuah pakta penting yang memungkinkan ekspor biji-bijian dari Ukraina) berkontribusi pada kekhawatiran global mengenai ketersediaan bahan makanan pokok dan apakah jutaan orang akan kelaparan.

"Hal utama di sini adalah bahwa ini bukan hanya satu hal," kata Arif Husain, kepala ekonom di Program Pangan Dunia (WFP) PBB kepada CNN.

"(Tanaman padi, gandum, dan jagung) merupakan sebagian besar makanan yang dikonsumsi orang-orang miskin di seluruh dunia."

3 dari 5 halaman

Negara Lain Juga Alami Lonjakan Harga Beras

Nepal telah mengalami lonjakan harga beras sejak India mengumumkan larangan tersebut, menurut laporan media setempat, dan harga beras di Vietnam adalah yang tertinggi dalam lebih dari satu dekade terakhir, menurut data bea cukai.

Thailand, eksportir beras terbesar kedua di dunia setelah India, juga mengalami lonjakan harga beras dalam negeri yang cukup signifikan dalam beberapa minggu terakhir, menurut data dari Asosiasi Eksportir Beras Thailand.

Beberapa negara termasuk Singapura, Indonesia dan Filipina, telah mengimbau New Delhi untuk melanjutkan ekspor beras ke negara mereka, menurut laporan media lokal India. CNN telah menghubungi Kementerian Pertanian India namun belum mendapatkan tanggapan.

International Monetary Fund (IMF) telah mendorong India untuk menghapus pembatasan-pembatasan ini, dengan kepala ekonom organisasi ini, Pierre-Olivier Gourinchas, mengatakan kepada para wartawan bulan lalu bahwa hal ini "kemungkinan akan memperparah" ketidakpastian inflasi pangan.

"Kami akan mendorong penghapusan jenis-jenis pembatasan ekspor ini karena mereka dapat berbahaya secara global," katanya.

Saat ini, ada kekhawatiran bahwa larangan ini membuat pasar dunia bersiap-siap menghadapi tindakan serupa dari para pemasok saingan, para ekonom memperingatkan.

"Larangan ekspor ini terjadi di saat negara-negara sedang berjuang dengan hutang yang tinggi, inflasi pangan, dan menurunnya nilai tukar mata uang," kata Husain dari WFP. "Ini meresahkan semua orang."

4 dari 5 halaman

Petani Terpukul Keras

Petani India menyumbang hampir setengah dari tenaga kerja di negara ini, menurut data pemerintah, dengan padi yang sebagian besar dibudidayakan di bagian tengah, selatan, dan beberapa negara bagian utara.

Penanaman tanaman musim panas biasanya dimulai pada bulan Juni, ketika hujan monsun diperkirakan akan mulai turun, karena irigasi sangat penting untuk menumbuhkan hasil panen yang sehat. Musim panas menyumbang lebih dari 80% dari total produksi beras India, menurut Reuters.

Namun, tahun ini, musim hujan yang terlambat datang menyebabkan defisit air yang besar hingga pertengahan Juni. Dan ketika hujan akhirnya tiba, hujan membasahi sebagian besar wilayah negara ini, menimbulkan banjir yang menyebabkan kerusakan signifikan pada tanaman.

Surjit Singh, 53 tahun, seorang petani generasi ketiga dari Harayana mengatakan bahwa mereka "kehilangan segalanya" setelah hujan.

"Tanaman padi saya hancur," katanya. "Air merendam sekitar 8-10 inci tanaman saya. Apa yang saya tanam (pada awal Juni) hilang. Saya akan mengalami kerugian sekitar 30%."

5 dari 5 halaman

Pemerintah Harus Bersiap Hadai El Nino

 

The World Meteorological Organization (Organisasi Meteorologi Dunia) bulan lalu memperingatkan bahwa pemerintah harus bersiap menghadapi peristiwa cuaca yang lebih ekstrim dan rekor suhu, karena telah menyatakan terjadinya fenomena pemanasan El Nino.

El Nino adalah pola iklim alami di Samudra Pasifik tropis yang membawa suhu permukaan laut yang lebih hangat dari rata-rata dan memiliki pengaruh besar terhadap cuaca di seluruh dunia, yang berdampak pada miliaran orang.

Dampaknya telah dirasakan oleh ribuan petani di India, beberapa di antaranya mengatakan bahwa mereka sekarang akan menanam tanaman selain padi. Dan hal ini tidak hanya berhenti sampai di situ.

Di salah satu pusat perdagangan beras terbesar di New Delhi, terdapat kekhawatiran di antara para pedagang bahwa larangan ekspor akan menyebabkan konsekuensi yang sangat besar.

"Larangan ekspor telah membuat para pedagang memiliki stok dalam jumlah besar," kata seorang pedagang beras, Roopkaran Singh. "Kami sekarang harus mencari pembeli baru di pasar domestik."

Tetapi para ahli memperingatkan bahwa dampaknya akan terasa jauh di luar perbatasan India.

"Negara-negara miskin, negara-negara pengimpor makanan, negara-negara di Afrika Barat, mereka berada pada risiko tertinggi," kata Husain dari WFP. "Larangan ini muncul di tengah-tengah perang dan pandemi global. Kita harus ekstra hati-hati dalam hal bahan makanan pokok kita, sehingga kita tidak berakhir dengan kenaikan harga yang tidak perlu. Karena kenaikan tersebut bukannya tanpa konsekuensi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.