Sukses

Bank Muamalat dan Anak Usaha Astra Saling Bantu Tingkatkan Pembiayaan KPR dan Haji

Bank Muamalat dan Sharia Multifinance Astra bekerja sajauntuk memacu pertumbuhan portofolio pembiayaan masing-masing perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerja sama pemberian referensi fasilitas pembiayaan dengan PT Sharia Multifinance Astra (AMITRA), anak perusahaan PT Astra International Tbk di bidang pembiayaan syariah. Dengan kerja sama ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan portofolio pembiayaan masing-masing perusahaan.

SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, kerja sama ini bersifat resiprokal yang artinya masing-masing pihak akan saling mereferensikan calon nasabah. AMITRA akan mereferensikan calon nasabah untuk produk KPR Muamalat iB atau yang ingin mengalihkan fasilitas pembiayaan dari bank lain (take over) ke Bank Muamalat.

Adapun Bank Muamalat akan mereferensikan calon nasabah yang ingin mendapatkan fasilitas pembiayaan porsi haji regular dan/atau pembiayaan porsi haji khusus milik AMITRA.

“Bank Muamalat dan AMITRA masing-masing memiliki keunggulan dari sisi basis nasabah dan jaringan cabang. Oleh karena itu, melalui sinergi ini kita ingin memaksimalkan potensi bisnis tersebut berupa pemberian referensi calon nasabah untuk produk pembiayaan konsumer masing-masing perusahaan secara resiprokal,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023).

Secara umum, bank pertama murni syariah di Indonesia ini menargetkan pembiayaan konsumer dapat tumbuh agresif pada akhir tahun ini, dimana KPR akan menjadi penyumbang terbesar dalam portofolio pembiayaan konsumer.

Guna mengejar target tersebut, Bank Muamalat telah membangun Consumer Processing Center (CPC) di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. Adanya CPC ini diharapkan dapat meningkatkan pemenuhan Service Level Agreement (SLA) yang pada akhirnya mempercepat proses pengajuan pembiayaan dengan tetap memastikan kualitas yang baik.

KPR Hijrah Merdeka

Bank Muamalat menyiapkan program khusus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia bernama KPR Hijrah Merdeka. Program ini memberikan margin spesial mulai dari 3,1% efektif p.a untuk pembelian rumah baru dari pengembang rekanan Bank Muamalat dan take over dari bank lain.

Keunggulan produk KPR Hijrah di Bank Muamalat antara lain uang muka yang ringan mulai dari 0%, besar angsuran atau cicilan bersifat pasti serta pembiayaan yang sifatnya fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Selain take over pembiayaan, nasabah juga bisa melakukan penambahan (top up) pembiayaan. Dana top up tersebut bisa digunakan untuk renovasi rumah, pembelian perabotan rumah, atau pembelian barang-barang kebutuhan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diaspora Indonesia di Malaysia Bisa Daftar Ibadah Haji Lewat Bank Muamalat

Sebelumnya, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menambah layanan baru memanjakan nasabah. Kali ini layanan tersebut ditujukan untuk diaspora Indonesia yang ada di Malaysia. Bank Muamalat menyediakan layanan pendaftaran haji secara online.

Nasabah diaspora yang berada di Malaysia kini bisa membuka Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan pembayaran setoran awal porsi haji regular melalui aplikasi Muamalat DIN.

Layanan ini diperkenalkan dalam kegiatan silaturahmi antara Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Bank Muamalat, dan perwakilan diaspora Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia belum lama ini.

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan, potensi calon jemaah haji Indonesia di Malaysia sangat besar. Potensi tersebut akan dimaksimalkan oleh Bank Muamalat dengan memberikan kemudahan layanan pendaftaran haji dimana warga negara Indonesia yang berada di Malaysia dapat mendaftar haji cukup melalui smartphone.

“Dari sisi teknologi dan pelayanan, kami sudah sangat siap dalam mengakomodir kebutuhan pendaftaran haji bagi saudara-saudara kita yang ada di Malaysia. Kami juga sangat mengapresiasi dukungan dari para pihak di antaranya Kemenag, BPKH, dan Kedubes RI di Malaysia sehingga layanan ini dapat terealisasi,"ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023).

Indra menjelaskan, Kemenag mendukung inisiatif ini dengan memberikan akses bagi Bank Mualamat sehingga sistem pendaftaran haji Kemenag (Siskohat dan Haji Pintar) bisa dilakukan di luar negeri.

 

3 dari 3 halaman

Sinergi dengan BPKH

Selain itu, Bank Muamalat juga sudah bersinergi dengan BPKH dalam hal transparansi informasi terkait nilai manfaat dana haji yang disetor. Aplikasi BPKH Virtual Account (BPKH VA) telah terhubung dengan aplikasi Muamalat DIN.

Melalui sinergi ini, calon jemaah haji baik nasabah Bank Muamalat maupun non-nasabah dapat menggunakan menu Bank Haji di Muamalat DIN untuk melihat nilai manfaat setoran haji terkini.

Bank Muamalat juga memiliki produk perbankan bagi masyarakat yang ingin merencanakan ibadah haji yang bernama Tabungan iB Hijrah Haji. Masyarakat juga dapat mempersiapkan langkah “Haji Anak Hebat” dengan tabungan iB Hijrah Haji ini, sehingga putra-putrinya dapat menabung sejak dini dan dapat beribadah dengan kondisi prima di usia muda.

Sebagai informasi, Bank Muamalat merupakan bank syariah pertama yang memiliki kantor cabang penuh di Kuala Lumpur, Malaysia. Kantor cabang ini beroperasi sejak Maret 2009 dan telah memberikan pelayanan perbankan kepada diaspora Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini