Sukses

Arsjad Rasjid: Indonesia Target Masa Depan Kawasan ASEAN Lebih Sejahtera

Ketua ASEAN-BAC 2023, Arsjad Rasjid menyebut Indonesia menyambut baik kepemimpinan ASEAN-BAC yang ditargetkan untuk masa depan kawasan ASEAN yang lebih sejahtera

Liputan6.com, Jakarta Kerjasama serta kemitraan sektor teknologi finansial pada rangkaian roadshow kepemimpinan Indonesia pada ASEAN-Business Advisory Council (BAC) 2023 mendapatkan dukungan dari penyelenggara peer-to-peer lending (P2P) AdaKami bersama Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Delegasi ASEAN-BAC berada di Beijing dan Shanghai pada 25-27 Juli 2023 yang lalu dengan salah satu tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meningkatkan arus masuk investasi ke negara-negara di kawasan ASEAN.

Kunjungan ke Shanghai dilaksanakan pada tanggal 26 Juli dimana salah satu perusahaan yang dikunjungi adalah Finvolution Group untuk membahas kerja sama keuangan digital. 

Finvolution Group merupakan salah satu pemegang saham dari PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami), pertemuan ini juga dihadiri oleh AFPI. Dalam kunjungan kali ini ASEAN-BAC turut mengundang perwakilan Finvolution untuk hadir dalam acara puncak ASEAN yang akan berlangsung pada bulan September mendatang. 

Dengan tema  ASEAN Centrality: Innovating to Greater Inclusivity, Indonesia siap memimpin Association of Southeast Asian Nations Business Advisory Council (ASEAN-BAC) 2023, sebuah forum bisnis yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi, penguatan kolaborasi, serta peningkatan peluang bisnis secara lebih masif.

Kepemimpinan ASEAN-BAC

Hal ini semakin mantap dilakukan setelah Indonesia secara resmi mengambil estafet kepemimpinan ASEAN-BAC dari Kamboja sejak Januari 2023. 

“Indonesia menyambut baik kepemimpinan ini yang ditargetkan untuk masa depan kawasan ASEAN yang lebih sejahtera. Sejalan dengan tema tahun ini, ASEAN-BAC memiliki lima prioritas untuk penyelesaian isu perekonomian dan perdagangan yang salah satunya meliputi transformasi digital yang mencakup dari sisi pembiayaan," kata Ketua ASEAN-BAC 2023, Arsjad Rasjid dikutip Selasa (15/8/2023., 

"Karena itu, keterlibatan langsung AdaKami bersama dengan AFPI turut berperan dalam mendorong kerja sama dan membina kemitraan, terutama membuka akses kredit kepada lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia dan negara ASEAN lainnya," lanjut dia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci

ASEAN dianggap sebagai pemain kunci dalam ekonomi global. Terutama Indonesia dengan pergerakan ekonomi yang cukup besar, pertumbuhannya dapat terus diperkuat dengan tetap mengutamakan inklusivitas dan keberlanjutan. Sejak enam bulan kepemimpinan Indonesia, ASEAN-BAC tercatat telah memberikan dampak besar pada sektor bisnis, investor, dan pembuat kebijakan, baik di dalam maupun luar kawasan ASEAN.

"Kami mengapresiasi perhatian ASEAN-BAC pada pertumbuhan Industri P2P, terutama kunjungan kali ini merupakan momentum pertama kali kegiatan ASEAN melirik perkembangan P2P dan AdaKami bangga bisa mewakili industri dalam pertemuan dengan ASEAN-BAC," ungkap  Direktur Utama AdaKami dan Wakil Ketua ASEAN-BAC 2023, Bernardino Moningka Vega.

"Keterlibatan AdaKami dalam rangkaian roadshow ASEAN-BAC kami yakin dapat mendorong inovasi lintas budaya untuk menciptakan sektor bisnis di ASEAN yang semakin berdaya dalam menavigasi kompleksitas transformasi digital secara efektif. Hal ini ditargetkan untuk memperluas kolaborasi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang semakin inklusif secara berkelanjutan," lanjut dia.

 

3 dari 3 halaman

Investasi Teknologi Keuangan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko menyatakan, pihaknya berharap investasi teknologi keuangan seperti yang dilakukan Finvolution Group dapat mendorong kemajuan peer to peer lending di Indonesia bahkan dapat merambah dalam pengembangan teknologi keuangan selanjutnya.

"Hal ini penting untuk terus diperkuat oleh para pemangku kepentingan dimana upaya yang dilakukan akan bermuara pada kemajuan finansial teknologi yang lebih merata serta membangun ekonomi yang semakin inklusif secara jangka panjang," tutur dia.

Sebagai rangkaian acara puncak, ASEAN Business Investment Summit 2023 dan ASEAN Business Awards 2023 akan diselenggarakan di Jakarta, pada 3-4 September 2023 mendatang.

Platform yang turut melibatkan para pelaku industri P2P Lending ini ditargetkan untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat ekonomi global, yang sarat gagasan konstruktif serta inovatif. ASEAN-BAC membuka akses investasi sekaligus integrasi ekonomi dengan memanfaatkan potensi kolektif negara-negara anggota ASEAN serta menciptakan lanskap bisnis yang berkembang dan saling terhubung demi keuntungan semua pihak.

Sebagai pemegang kepemimpinan di tahun ini, Indonesia optimis dapat mewujudkan ekonomi yang semakin inklusif dengan kontribusi aktif para stakeholders di industri finansial teknologi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini