Sukses

Pebisnis Perlu Simak, Ini Seni Pemasaran Digital 2023

adi, jika Anda siap untuk menguasai seni kreativitas dan ilmu data dalam pemasaran digital, coba pahami dulu teknik menguasai pemasaran digital 2023

Liputan6.com, Jakarta - Pemasaran digital saat ini bukan hanya tentang menjadi kreatif, tapi soal memahami konsumen pada tingkat yang lebih dalam dan memanfaatkan data untuk membuat keputusan yang tepat.

Pemasaran digital pada 2023 seperti menavigasi perairan yang belum dipetakan. Jadi, jika Anda siap untuk menguasai seni kreativitas dan ilmu data dalam pemasaran digital, coba pahami dulu teknik menguasai pemasaran digital 2023 berikut ini seperti melansir Enterpreneur, Sabtu (12/8/2023):

Kreatif Jadi Jantung Pemasaran Digital

Kreativitas adalah landasan dari setiap kampanye pemasaran digital yang luar biasa. Ingat kesuksesan viral dari kampanye "Wrapped" Spotify? Pengguna dengan penuh semangat menunggu statistik musik akhir tahun mereka yang dipersonalisasi, mengubah Spotify dari sekadar layanan streaming menjadi kurator musik yang memahami selera unik mereka.

Kampanye berhasil karena menyentuh hati. Itu terhubung dengan pengguna secara emosional, cocok dengan identitas mereka. Ini membawa kita pada seni pemahaman audiens, jiwa dari setiap strategi pemasaran digital yang sukses.

Memahami Konsumen

Pemahaman mendalam audiens atau konsumen adalah inti dari pemasaran digital yang sukses. Membangun persona pelanggan bukanlah hal yang 'baik untuk dimiliki' — ini adalah hal yang mutlak 'harus dimiliki'.

Persona pelanggan adalah representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal berdasarkan riset pasar dan data nyata tentang pelanggan Anda yang sudah ada.

Mereka membantu Anda memahami pelanggan dengan lebih baik, memudahkan Anda menyesuaikan konten, perpesanan, pengembangan produk, dan layanan untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka.

Mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang kepribadian, minat, perilaku, dan poin rasa sakit pelanggan Anda membantu menyempurnakan konten Anda agar beresonansi lebih baik. Ini tentang menawarkan nilai yang berbicara langsung kepada mereka, dalam bahasa yang mereka pahami, melalui media yang mereka sukai.

Personalisasi ini adalah kunci untuk membuka keterlibatan dan konversi. Sebuah studi oleh Accenture mengungkapkan bahwa 91 persen konsumen lebih memilih merek yang menawarkan rekomendasi dan penawaran yang dipersonalisasi.

Orang mendambakan pengakuan, pengertian, dan merek yang menyesuaikan pengalaman mereka dengan kebutuhan dan keinginan unik. Jadi, ingat, pemasaran digital bukan hanya tentang iklan mencolok dan slogan menarik.

Ini tentang memahami audiens, melibatkan mereka secara pribadi, dan, pada akhirnya, mengubah keterlibatan tersebut menjadi tindakan. Personalisasi bukan sekadar tren—ini adalah tulang punggung pemasaran digital yang efektif di 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Otak Analitis Pemasaran Digital

Terlepas dari itu, realitas yang tak terbantahkan adalah bahwa pemasaran digital memiliki inti analitik yang tangguh. Ini tumbuh subur pada data — angka dan metrik yang mendorong keputusan penting. Tetapi mengapa data begitu penting?

Pada 2023, pemasaran berbasis data menjadi sorotan, bertindak sebagai GPS bagi pemasar untuk menavigasi lanskap digital yang kompleks. Dengan memanfaatkan analitik data, perusahaan dapat memahami perilaku konsumen, memprediksi tren, dan membuat keputusan berdasarkan informasi.

Misalnya, Netflix, yang dikenal dengan penggunaan datanya yang cerdas, menyesuaikan kontennya berdasarkan kebiasaan menonton pengguna, sehingga meningkatkan keterlibatan pengguna secara signifikan.

Mendasari pendekatan berbasis data ini adalah trio dinamis Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), dan Big Data. Ini bukan hanya kata kunci, tapi pengubah permainan. AI dan ML membantu menganalisis data dalam jumlah besar secara real-time, membantu bisnis mempersonalisasi pengalaman dalam skala besar.

Sementara itu, pada 2023, alat-alat seperti SEO dan analisis kompetitif, HubSpot untuk CRM dan manajemen konten, serta Hootsuite untuk manajemen media sosial adalah aset penting dalam gudang pemasar digital mana pun.

Ada juga Google Analytics, favorit penggemar untuk analitik situs web, dan MailChimp untuk pemasaran email. Singkatnya, memahami perpaduan teknologi dan data ini adalah kunci untuk menguasai pemasaran digital di 2023.

3 dari 3 halaman

Menguasai Lanskap Pemasaran Digital 2023

Pemasaran seluler - Jika ada satu hal yang tidak dapat diabaikan oleh pemasar digital pada 2023, itu adalah pemasaran seluler. Dengan lebih dari 5 miliar orang menggunakan perangkat seluler di seluruh dunia, pendekatan yang mengutamakan seluler tidak hanya cerdas; itu penting. Statista melaporkan bahwa 73 persen dari semua e-niaga ritel dihasilkan melalui perdagangan seluler pada akhir 2021.

Influencer dan pemasaran media sosial — Di dunia di mana influencer memengaruhi 49 persen konsumen yang mereka ikuti di media sosial, influencer tidak dapat disangkal telah mengubah permainan pemasaran.

Saat ini, platform media sosial adalah pasar baru; setiap platform menawarkan cara unik untuk menjangkau audiens. Dengan daya tarik visualnya, Instagram sangat cocok untuk merek gaya hidup dan fashion. LinkedIn, dengan jaringan profesionalnya, sangat ideal untuk pemasaran B2B.

Memahami lanskap pemasaran digital yang berubah pada 2023, pemasar dapat secara strategis menggunakan platform seluler, pemberi pengaruh, dan media sosial untuk menjangkau audiens mereka dengan cara yang lebih pribadi, autentik, dan efektif.

Dalam lanskap pemasaran digital 2023, interaksi seni dan sains menjadi lebih signifikan dari sebelumnya. Ini bukan hanya tentang membuat kampanye kreatif tetapi memahami audiens Anda secara mendalam dan membuat keputusan berdasarkan data yang memenuhi kebutuhan mereka. Strategi mobile Starbucks dan kampanye influencer Glossier adalah contoh dari perpaduan ini di tempat kerja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.