Sukses

Menteri Basuki Bakal Bangun Jembatan Penyeberangan dari JIS ke Ancol, Kontraktor Ditunjuk Langsung

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menyatakan pihaknya akan segera membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) sebagai akses penghubung Jakarta International Stadium (JIS) dengan kawasan Ancol.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan membangun jembatan penyeberangan orang yang menyambungkan antara Jakarta International Stadium (JIS) dengan kawasan Ancol. Dalam pembangunan jembatan ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan penunjukan langsung kontraktor yang menggarapnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menjelaskan, Kementerian PUPR telah melakukan pemeriksaan awal terkait pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) akses penghubung JIS dengan kawasan Ancol.

"Kami sudah menyiapkan yang di luar, yang jembatan penyeberangan ke Ancol itu kami sudah penyelidikan tanahnya sudah, desainnya sudah," jelas Basuki dikutip dari Antara, Minggu (6/8/2023).

JIS diajukan sebagai salah satu stadion untuk digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Basuki mengatakan pihaknya belum mengetahui apakah JIS akan digunakan dalam Piala Dunia U-17 atau tidak.

"Yang jelas tugas saya di PU membuat jembatan itu. Itu dipakai atau enggak oleh U-17 kami bikin," jelasnya.

Panjang JPO penghubung Ancol-JIS diproyeksikan mencapai 400 meter dengan lebar 5 meter. Waktu pengerjaan jembatan diperkirakan lebih dari dua bulan.

Kementerian PUPR akan menyelenggarakan rapat dengan para pihak terkait Rabu pekan depan. Dalam rapat akan dilakukan penunjukan langsung pihak yang akan menggarap proyek pembangunan JPO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bina Marga DKI: Peninggian Jalan dan Perbaikan Trotoar di Sekitar JIS Rampung Oktober 2023

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo membeberkan, progres penyempurnaan akses jalan menuju Jakarta International Stadium (JIS) di Sunter Barat dan Sunter Permai yang menjadi tanggung jawab pihaknya.

Menurut Heru, Bina Marga DKI Jakarta bertugas meninggikan jalan, perbaikan trotoar, hingga lampu di kawasan Sunter Barat dan Sunter Permai.

"Pengerjaan kita sendiri itu ada di depan JIS jalan danau Sunter barat peninggian jalan, trotoar dan lampu begitu pula danau Sunter Permai, sama juga (yang kerjakan) itu jalan, trotoar dan lampu (yang dibenerin)," kata Heru di Taman ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 2 Agustus 2023.

Heru menyampaikan, pihaknya sejauh ini telah menyelesaikan pengerjaan jalan Sunter Barat. Selanjutnya, pengerjaan akan dilanjutkan dengan perbaikan trotoar di Sunter Barat.

"Yang danau Sunter Barat pengerjaannya sudah. Sudah selesai jalannya, kemudian trotoar baru mulai," kata Heru.

 

3 dari 3 halaman

Sarana Prasarana dari dan Menuju JIS

Lebih lanjut, Heru menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk merampungkan sarana prasarana dari dan menuju JIS. Perbaikan akses ke JIS, ditargetkan rampung Oktober 2023.

"Jadi gini, untuk penyempurnaan JIS banyak yang terlibat di situ dari gubernur sebelum-sebelumnya sampai saat ini semua terlibat di situ. Nah sekarang ini menyempurnakan," ujar dia.

Diketahui, JIS jadi salah satu opsi venue yang diajukan PSSI ke FIFA untuk perhelatan Piala Dunia U-17. Selain itu, FIFA bahkan, telah menggelar inspeksi ke JIS dan sejumlah stadion lainnya yang menjadi opsi venue pada Sabtu, 29 Juli 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini