Sukses

Kisah Lahirnya Skims, Bisnis Pakaian yang Bawa Kim Kardashian Jadi Miliarder Dunia

Dia adalah putri dari Kris Jenner dan Rob Kardashian, pengacara yang membela OJ Simpson selama persidangan pembunuhannya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perusahaan shapewear Skims milik miliarder wanita Kim Kardashian baru saja mengumpulkan dana sebesar USD 270 juta yang menghargai merek tersebut sebesar USD 4 miliar. Bukan itu saja, dia juga meluncurkan merek wewangian kecantikan KKW, perawatan kulit Skkn, dan firma ekuitas swasta Skky Partners.

Lantas, bagaimana kisahnya?

Melansir South China Morning Post, Senin (31/7/2023), sebelum berkecimpung di dunia bisnis, Kim Kardashian terkenal karena reality show TV Bersaing dengan The Kardashians, yang ditayangkan di E! hingga 2021. Dia adalah putri dari Kris Jenner dan Rob Kardashian, pengacara yang membela OJ Simpson selama persidangan pembunuhannya.

Kemudian dia menjadi seorang pengusaha dan mendirikan Skims setelah melihat lubang di pasar shapewear. Dalam sebuah video dari The Wall Street Journal Magazine, Kim Kardashian menjelaskan bahwa dia tidak selalu dapat menemukan shapewear yang cocok dengan warna kulitnya sendiri. Jadi, dia memulai Skims untuk memberi wanita pilihan sesuai tipe tubuh, warna kulit, dan usia yang berbeda.

“Saya benar-benar ingin meluncurkan shapewear saya sendiri yang mengambil semua desain yang saya potong sendiri, yang saya sendiri sedang sekarat,” katanya.

Awalnya, merek itu akan disebut Kimono. Tetapi ketika orang-orang mengeluh bahwa nama tersebut tidak menghormati budaya Jepang, Kardashian mengganti namanya menjadi Skims.

Dengan Bantuan Jens dan Emma Grede

Di belakang banyak merek Kardashian adalah pasangan kuat Jens dan Emma Grede, yang telah mengembangkan banyak perusahaan selebriti. Pengusaha Swedia Jens Grede ikut mendirikan merek denim Frame pada 2012, yang menjadi perusahaan bernilai jutaan dolar. Dia kemudian mendirikan Skims bersama Kim Kardashian dan menjadi CEO perusahaan. Istrinya, Emma, juga merupakan mitra pendiri dan chief product officer.

Bersama-sama, keluarga Gredes membentuk perusahaan induk – tepatnya bernama Popular Culture – dan telah memimpin beberapa merek selebriti, termasuk merek denim Khloé Kardashian, Good American, merek produk pembersih Kris Jenner, Safely, dan merek pakaian Tom Brady, Brady.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diluncurkan Pada September 2019

Pada September 2019, perusahaan meluncurkan koleksi “cocok untuk semua orang” pertamanya yang menawarkan shapewear dan pakaian dalam untuk berbagai tipe tubuh. Produk awal terjual habis dalam beberapa menit dan TMZ melaporkan perusahaan tersebut memperoleh sekitar USD 2 juta penjualan dari peluncurannya, tetapi Skims belum mengonfirmasi angka tersebut.

Skim dengan cepat mendapatkan popularitas karena inklusivitas dan pesannya yang mempromosikan kepositifan tubuh. Merek ini telah meraih kesuksesan dengan strategi pemasaran yang secara teratur menghadirkan para pemberi pengaruh dan selebritas papan atas dari SZA hingga mantan model Victoria's Secret.

Sementara itu, Kardashian sendiri secara teratur membintangi kampanyenya sendiri dan mengunggah tutorial tentang cara memakai produk tertentu. Pada saat penulisan, Skims memiliki lebih dari lima juta pengikut di Instagram dan 1,1 juta pengikut di TikTok.

Lokasi Pop-Up Pertama di LA

Pada 2021, Skims membuka lokasi pop-up pertamanya di mal The Grove di Los Angeles. Belakangan tahun itu, merek tersebut mengadakan toko pop-up di dalam department store Paris Galeries Lafayette Haussmann. Ini menampilkan dinding krem-merah muda dan pajangan yang melengkung dan lembut, "mengingatkan pada bentuk tubuh dan lekuk tubuh", kata desainer Willo Perron kepada Dezeen.

Skims juga merupakan penyedia pakaian dalam resmi untuk Tim USA di Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo.

 

3 dari 3 halaman

Pemasukan Terus Mengalir

Skim mengumpulkan hampir USD 400 juta dalam pendanaan modal ventura dari 2019 hingga 2022. Stumbles by Victoria's Secret menciptakan lubang di pasar pakaian dalam dan modal ventura dituangkan ke dalam start-up pakaian dalam.

Sebelum diluncurkan, Skims mengumpulkan pendanaan awal sebesar USD 5 juta pada 2019, kemudian mengumpulkan pendanaan Seri A sebesar USD 154 juta pada 2021 dan putaran Seri B senilai USD 240 juta pada 2022.

Memperkenalkan Pakaian Aktif Pada 2023

Pada Maret 2023, perusahaan melakukan ekspansi ke pakaian aktif dengan koleksi performanya yang menampilkan legging, tank, dan celana pendek sepeda dengan warna netral khasnya. Harga mulai dari USD 118 untuk sepasang legging dan USD 78 untuk tank top racerback.

Akhirnya pada Mei, Skims membuka toko pop-up di Manhattan's Rockefeller Center yang menampilkan air mancur papan loncat raksasa.

Willo Perron dari Perron-Roettinger, desainer yang sama yang bertanggung jawab atas pop-up Skim sebelumnya, mendesain ruang ritel biru muda. Untuk mengumumkan pembukaan, Skims menugaskan perusahaan tari The Rockettes untuk menampilkan kick line terkenal mereka.

Skims juga membuka lokasi pop-up pertamanya di Inggris pada bulan Juli di Selfridges di London.

Akankah IPO?

Pada bulan Juli, perusahaan mengumumkan putaran pendanaan USD 270 juta yang dipimpin oleh Manajemen Wellington yang menghargai perusahaan sebesar USD 4 miliar. Skims berencana untuk meluncurkan pakaian pria pada musim gugur dan membuka lokasi toko utama tahun depan di Los Angeles dan New York.

IPO mungkin sudah di depan mata, kata Jens Grede kepada The New York Times.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.