Sukses

Siloam Tingkatkan Layanan Spesialis Transplantasi Ginjal, Bayi Tabung, hingga Stroke

Prosedur transplantasi ginjal di Siloam Hospitals ASRI perdana dilakukan pada 20 Juli 2017. Layanan tersebut terus berkembang dan kemudian Siloam Hospitals ASRI melakukan peresmian layanan Pusat Transplantasi Ginjal secara resmi pada 12 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) di sektor pelayanan kesehatan, meningkatkan layanan spesialisasi khususnya dalam prosedur transplantasi ginjal, program bayi tabung, hingga pertolongan pertama pada stroke.

Pada 2022, Siloam Hospitals ASRI menjadi rumah salah satu sakit swasta yang mendapatkan Sertifikat Rekomendasi Prosedur Transplantasi Ginjal dari Pemerintah dan saat ini adalah satu-satunya rumah sakit swasta yang masih melakukan tindakan transplantasi ginjal.

Group CEO Lippo Karawaci sekaligus Komisaris Utama Siloam International Hospitals John Riady bercerita, prosedur transplantasi ginjal di Siloam Hospitals ASRI perdana dilakukan pada 20 Juli 2017. Layanan tersebut terus berkembang dan kemudian Siloam Hospitals ASRI melakukan peresmian layanan Pusat Transplantasi Ginjal secara resmi pada 12 Januari 2023.

Tingkat kelangsungan hidup pasien selama 5 tahun pasca transplantasi sendiri mencapai 95,6%, melampaui rata-rata dunia sebesar 95,8% berdasarkan laporan European Reanal Association Registry (ERAR) pada tahun 2013. Tingkat kelangsungan hidup pasien cangkok ginjal mencapai 98%, dekat dengan patokan ERAR sebesar 98,6%.

Layanan transplantasi ginjal Siloam Hospitals ASRI cenderung meningkat sejak dimulainya layanan pada 2017 dan telah berhasil melakukan lebih dari 240 prosedur tranplantasi ginjal.

Pada 2017, Siloam Hospitals ASRI melakukan 8 kali tindakan transplantasi ginjal, namun kini jumlah tindakan transplantasi ginjal terus bertambah hingga 73 kali tindakan pada 2022.

Sepanjang Januari-April 2023, Siloam Hospitals ASRI telah melakukan 31 kali operasi transplantasi ginjal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Klinis Bayi Tabung

Siloam International Hospitals juga mengembangkan program klinis bayi tabung bernama Blastula IVF di Palembang. Tingkat kesuksesan kehamilan mencapai lebih dari 55%, lebih tinggi dari tolok ukur global sekitar 30-45%.

Meski baru didirikan pada tahun 2021, Klinik Blastula IVF Sriwijaya telah berhasil memberikan lebih dari 500 kehamilan dan telah menghasilkan 150 take home babies.

Dengan success rate yang tinggi dan layanan yang lengkap, tentu hal ini menjadi bukti bahwa klinik Blastula IVF merupakan klinik fertilitas unggul yang dapat disetarakan dengan standar internasional.

Sementara itu, 2 rumah sakit Siloam International Hospitals telah dianugerahi sebagai Stroke-ready Hospitals dengan lebih banyak unit yang akan menyusul.

Siloam International Hospitals  sedang mengembangkan kemitraan dengan Angels Initiative, sebuah lembaga perawatan kesehatan yang membantu rumah sakit di seluruh dunia menjadi 'siap menghadapi stroke', sehingga pasien yang baru saja menderita stroke dapat ditangani secepat dan seefektif mungkin. SILO telah berkolaborasi dengan Angels Initiative sejak tahun 2019 dan memiliki 2 unit rumah sakit yang dianugerahi status platinum dan emas.

 

3 dari 3 halaman

Sektor Penting untuk Dikembangkan

Group CEO LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO John Riady mengatakan LPKR melalui SILO berkomitmen untuk terus mengembangkan industri kesehatan di Indonesia.

"Industri kesehatan merupakan salah satu industri atau sektor yang penting dan perlu dikembangkan di Indonesia. Terlebih lagi, perekonomian diperkirakan semakin bertumbuh dan kebutuhan akan fasilitas kesehatan semakin tinggi. LPKR melalui SILO akan terus melanjutkan ekspansi. Kami memiliki misi untuk memenuhi kebutuhan healthcare di Indonesia, dan tentunya berkomitmen untuk terus bertumbuh," kata John dalam keterangan tertulis, Selasa (20/6/2023).

SILO saat ini mengoperasikan 41 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi, menjadi yang terbesar di Indonesia dan bisa mencakup lebih dari 50 persen populasi. RS Siloam terdiri dari 15 rumah sakit di kawasan Jabodetabek dan 26 rumah sakit yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Ambon. SILO mengoperasikan 66 Klinik Siloam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini