Sukses

Permintaan Minyak Dunia Diprediksi Anjlok Jadi Cuma 0,4 Persen di 2028, Harga Juga Bakal Turun?

IEA mengungkapkan, pertumbuhan permintaan minyak diperkirakan akan melambat menjadi hanya 0,4 persen pada tahun 2028 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Energi Internasional (IEA) memproyeksikan permintaan minyak dunia akan mencapai puncaknya dalam beberapa tahun ke depan, bahkan ketika beberapa perusahaan energi besar mengumumkan rencana untuk menghidupkan kembali bisnis bahan bakar fosil.

IEA dalam laporan terbarunya mengakui, minat dunia akan minyak masih meningkat, tetapi pertumbuhan tahunan diperkirakan akan melambat menjadi hanya 0,4 persen pada tahun 2028.

"Pergeseran ke ekonomi energi bersih semakin cepat, dengan puncak permintaan minyak global terlihat sebelum akhir dekade ini," kata Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol, dikutip dari CNN Business, Kamis (15/6/2023).

Birol menambahkan bahwa krisis energi tahun lalu telah mempercepat peralihan ke sumber energi yang lebih bersih.

Badan tersebut juga memperkirakan permintaan minyak global akan mencapai hampir 106 juta barel per hari pada tahun 2028. Tetapi tingkat pertumbuhan akan menyusut dari 2,4 juta barel per hari saat ini menjadi hanya 400.000 dalam waktu lima tahun.

Menurut IEA, kebutuhan global akan minyak kemungkinan akan dipengaruhi oleh standar efisiensi bahan bakar yang lebih ketat, pertumbuhan pasar kendaraan listrik dan perubahan struktural ekonomi di seluruh dunia.

Prakiraan terbaru IEA memperbarui prediksinya pada bulan Oktober 2022, bahwa permintaan minyak akan stabil pada pertengahan tahun 2030-an.

Dalam laporannya, badan yang berbasis di Paris itu mengatakan dampak dari perang Rusia-Ukraina tahun lalu telah mempercepat transisi global ke energi bersih. Mereka juga memperkirakan investasi dalam energi rendah karbon di seluruh dunia akan meningkat menjadi USD 2 triliun per tahun hingga akhir dekade ini — naik 50 persen dari tingkat yang tercatat pada Oktober 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Sisi Lain, Minat Investasi di Sektor Migas Masih Tinggi

Namun, beberapa produsen energi terbesar di dunia, memiliki pendapatan yang naik setelah satu tahun melonjaknya harga produk mereka dan keuntungan yang menggiurkan – berencana untuk berinvestasi lebih banyak dalam produksi minyak dan gas.

IEA memperkirakan investasi dalam eksplorasi dan produksi minyak dan gas akan mencapai USD 528 miliar pada tahun 2023, level tertinggi sejak 2015 dan meningkat 11 persen dari angka tahun lalu.

Shell, yang membukukan rekor laba sebesar USD 40 miliar tahun lalu, mengumumkan bahwa mereka berencana mempertahankan produksi minyaknya stabil hingga 2030, merevisi rencana sebelumnya untuk memangkas produksi antara 1 dan 2 persen setahun selama periode itu.

Seorang juru bicara Shell mengatakan bahwa tujuannya untuk mengurangi produksi minyak sebanyak 20 persen - terhadap garis dasar produksi 2019 - pada akhir dekade ini "tidak berubah", tetapi telah memenuhi target lebih awal, sebagian besar untuk penjualan dari bisnis minyaknya.

Perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan dividen pemegang sahamnya sebesar 15 persen dan membelanjakan setidaknya USD 5 miliar untuk membeli kembali sahamnya sendiri selama paruh kedua tahun ini. 

3 dari 3 halaman

Pangkas Produksi Belum Cukup?

BP, yang juga melaporkan rekor laba sebesar USD 28 miliar pada tahun 2022, mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan mengurangi target untuk memangkas produksi.

BP sekarang berencana untuk memangkas produksi minyak sebesar 25 persen pada tahun 2030 dari level 2019, dimana sebelumnya bertujuan untuk memangkas produksi sebesar 40 persen terhadap tolok ukur ini.

Tetapi Shell dan BP masih berencana untuk menjadi bisnis emisi nol-bersih pada tahun 2050.

Birol IEA mengatakan perusahaan minyak perlu "memperhatikan dengan cermat" perkiraan terbaru badan tersebut.

“Produsen minyak perlu… mengkalibrasi keputusan investasi mereka untuk memastikan transisi (energi) yang teratur," jelas IEA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini