Sukses

Total Harta Masyarakat AS Tembus Rp 2,2 Kuintiliun, Naik karena Penguatan Saham

Kekayaan bersih rumah tangga di AS naik USD 3 triliun atau Rp. 44,5 kuadriliun pada awal tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Diangkat oleh pasar saham yang kuat, kekayaan rumah tangga di Amerika Serikat naik menjadi hampir USD 149 triliun atau setara Rp 2,2 kuintiliun pada kuartal I 2023. Angka ini berasal dari data terbaru pemerintah Federal AS.

Mengutip CNN Business, Jumat (9/6/2023) kekayaan bersih rumah tangga di AS naik USD 3 triliun atau Rp. 44,5 kuadriliun pada awal tahun ini. Hal ini diungkap dalam laporan triwulanan Federal Reserve (The Fed) mengenai rekening keuangan AS.

Data tersebut juga mencakup dana yang dimiliki oleh organisasi nirlaba.

Rumah tangga di Negeri Paman Sam melihat nilai kepemilikan saham mereka meningkat sebesar USD 2,4 triliun atau Rp 35,6 kuadriliun.

Indeks saham S&P 500 naik dan turun selama kuartal I 2023, tetapi akhirnya membutukan kenaikan 7 persen dk akhir kuartal. Sedangkan indeks saham Nasdaq yang padat teknologi melonjak hampir 17 persen, menandai kenaikan kuartalan terbaiknya sejak akhir 2020.

Tetapi perkembangan kekayaan rumah tanggaldi AS ini diimbangi oleh pasar perumahan yang merosot. Nilai kepemilikan real estat di AS menurun USD 0,6 triliun karena suku bunga yang tinggi mendinginkan penjualan di kuartal I 2023.

Meskipun kekayaan bersih masyarakat Amerika telah meningkat sejak kuartal III 2022, jumlahnya belum kembali ke titik tertinggi baru-baru ini sebesar hampir USD 153 triliun pada awal 2022.

"Kami mendaki jalan kembali," kata Kathy Bostjancic, kepala ekonom Nationwide, sebuah perusahaan asuransi dan jasa keuangan.

"Jika pasar ekuitas terus reli seperti sekarang, mungkin tidak akan lama lagi (angka kekayaan) kita akan kembali ke puncak," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Utang Melambat

Selain itu, minat utang di Amerika juga terus mendingin di kuartal pertama 2023.

Utang rumah tangga di AS meningkat pada kecepatan 2,2 persen karena pertumbuhan hipotek dan kredit konsumen melambat, menurut laporan Federal Reserve. Angka itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan 7,6 persen pada tahun 2021.

Peminjam mengeluarkan hampir USD 306 miliar utang hipotek dalam tiga bulan pertama tahun ini, dibandingkan dengan lebih dari USD 1 triliun pada kuartal kedua tahun 2022, kata Kathy Bostjancic, kepala ekonom Nationwide.

Kemunduran sebagian besar didorong oleh kenaikan suku bunga The Fed yang dilakukan berulang kali.

"Neraca konsumen terlihat cukup sehat pada titik ini dalam siklus bisnis," katanya, mencatat bahwa itu adalah salah satu alasan mengapa jika negara jatuh ke dalam resesi, kemungkinan besar tidak akan berlangsung lama dan dalam.

3 dari 3 halaman

Tantang Donald Trump Jadi Capres AS 2024 dari Partai Republik, Intip Kekayaan Gubernur Florida Ron DeSantis

Gubernur negara bagian Florida di Amerika Serikat (AS), Ron DeSantis mengumumkan pencalonan dirinya sebagai kandidat dalam pemilihan presiden atau pilpres AS pada 2024. 

Hal ini memungkinkan DeSantis ikut menjadi pesaing mantan Presiden AS Donald Trump, karena profil nasionalnya yang berkembang dan ketajaman penggalangan dana.

Dengan besarnya pengaruh yang dimiliki Ron DeSantis, berapa besaran kekayaan Gubernur Florida?

Melansir laman Forbes, Jumat (26/5/2023) penghasilan gubernur Florida saat ini mencapai sekitar USD 140.000 atau Rp. 2 miliar per tahun. Besarnya gaji gubernur membuat DeSantis digadang gadangkan menjadi lebih kaya setengah juta dolar pada akhir tahun lalu.

Sebaliknya, kekayaan Ron DeSantis hanya bernilai USD 320.000 atau Rp. 4,7 miliar, kurang dari rata-rata masyarakat Amerika seusianya.

DeSantis lahir di Florida dari keluarga kelas pekerja. Dulunya, dia dikenal sebagai seorang pelajar sekaligus atlet yang berbakat.

Gubernur Florida itu bahkan menempuh pendidikan tinggi di kampus prestisius, Yale, di mana dia menjadi kapten tim bisbol. Setelah lulus dari Yale, DeSantis bergabung dengan jurusan sejarah di sekolah swasta Georgia, sebelum melanjutkan ke sekolah hukum di Harvard.

Dia menerima diploma pada tahun 2005 dan bekerja untuk Angkatan Laut AS. Kemudian di usia 27 tahun, DeSantis meraih dua gelar bergengsi,pinjaman mahasiswa dan gaji pemerintah.

Berlanjut pada tahun 2009, DeSantis bekerja dengan Departemen Urusan Veteran AS untuk membeli rumah senilai USD 307.500 di luar Jacksonville, meminjam USD 314.000, bahkan lebih dari biaya properti.

Dia kemudian pindah bekerja ke Navy Reserve pada tahun 2010, tahun yang sama di mana dia menikahi istrinya, Casey, seorang tokoh televisi lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini