Sukses

Erick Thohir Bakal Bubarkan Manajemen Waskita Karya dan Wijaya Karya Jika Terbukti Manipulasi Laporan Keuangan

Kementerian BUMN mencurigai Waskita Karya dan Wijaya Karya melakukan manipulasi laporan keuangan selama bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tengah menjadi sorotan. Hal ini lantaran adanya kecurigaan di Waskita Karya dan WIKA melakukan manipulasi laporan keuangan selama bertahun-tahun.

Kecurigaan itu diungkapkan langsung oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II, Kartika Wirjoatmodjo. Menurutnya, kondisi keuangan yang tertera di laporan keuangan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.

Tiko mengaku tengah bekerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan investigasi laporan keuangan dua BUMN Karya tersebut.

Jika terbukti ditemukan unsur fraud atau pidana, Menteri BUMN Erick Thohir melalui Kementerian BUMN selaku pemegang saham tak segan-segan membubarkan manajemen perusahaan yang terlibat.

"Apabila ada unsur pidana dalam laporan keuangan, fraud, kita bisa melakukan penuntutan kepada manajemen lama yang waktu itu melaporkan laporan keuangan. Saya sudah lapor dengan Ketua BPKP, jika memang ada fraud dari sisi pelaporan keuangan kita bisa lakukan tindakan tegas," ucap Tiko seperti ditulis, Rabu (7/6/2023).

Respon OJK

Kementerian BUMN menduga ada manipulasi laporan keuangan yang dilakukan dua BUMN karya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Inarno Djajadi menuturkan, pihaknya telah menelaah kasus tersebut. Dengan begitu, OJK akan memberikan sanksi jika terbukti terdapat pelanggaran yang dilakukan.

"Tentunya kami sedang melakukan pengkajian WSKT dan Wijaya Karya, kami masih belum bisa menyatakan ada fraud atau tidak masih penelaahan kalau ada pelanggaran pasti kita berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku," kata Inarno dalam RDK OJK Mei 2023, Selasa (6/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Waskita Karya

Manajemen PT Waskita Karya Tbk (WSKT) angkat bicara usai Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengendus dugaan manipulasi laporan keuangan perseroan.

SPV Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita menuturkan,  penerbitan laporan keuangan sebagai perusahaan publik atau emiten, perseroan selalu mengacu kepada ketentuan perundangan yang berlaku dan telah mengikuti peraturan Badan Pengawas Pasar Modal serta Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Sebelum melakukan penerbitan laporan keuangan, perseroan juga sudah melakukan beberapa tahapan dan juga proses audit oleh Akuntan Publik yang terdaftar di OJK sebagai auditor independen untuk pemenuhan kewajiban sesuai ketentuan OJK,” ujar dia dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Wijaya Karya

Menanggapi tudingan manipulasi laporan keuangan tersebut, Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, Mahendra Vijaya mengatakan perseroan menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada Kementerian BUMN selaku pemegang saham seri A WIKA.

"Dapat kami tambahkan juga, dalam hal penyusunan laporan keuangan, Perseroan selalu mengacu kepada ketentuan perundangan yang berlaku dan berupaya penuh untuk menyesuaikan dengan kaidah-kaidah akuntansi yang berlaku di Indonesia serta setiap laporan keuangan perseroan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik sebagai Auditor Independen," kaya Mahendra kepada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini