Sukses

Miliarder Bill Gates Sebut Hidup Lebih dari Sekadar Membaca, Beri Rekomendasi Film Hingga Musik

“Saya merekomendasikan hanya dua buku—satu novel dan satu nonfiksi—ditambah campuran hal-hal lain yang saya nikmati akhir-akhir ini,” tulis Gates.

Liputan6.com, Jakarta Orang terkaya keempat di dunia Bill Gates biasanya merilis rekomendasi bacaan musim panasnya menjelang awal Juni. Akan tetapi di tahun ini, dia memutuskan bahwa “hidup lebih dari sekadar membaca”. Karena itu, dia berbagi rekomendasi bacaan, film, serta musik yang bisa dinikmati siapa pun.

Dalam angsuran terbaru dari tradisi tahunannya, salah satu pendiri Microsoft menambahkan acara Netflix dan menyusun daftar putar Spotify sebagai bahan rekomendasi dalam upaya “untuk mencampurnya dan mencoba sesuatu yang berbeda”.

“Saya merekomendasikan hanya dua buku—satu novel dan satu nonfiksi—ditambah campuran hal-hal lain yang saya nikmati akhir-akhir ini,” tulis Bill Gates seperti melansir CNBC, Jumat (9/6/2023).

“Termasuk serial TV di Denmark dan beberapa lusin lagu yang diputar secara rutin untuk Saya.”

Jadi, inilah daftar buku, musik, dan film rekomendasi dari Bill Gates.

1. Fiksi: ‘Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow’

Oleh Gabrielle Zevin

Salah satu buku paling terkenal di 2022, Gates menulis bahwa “Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow”. Buku itu merupakan sebuah novel yang berpusat pada dua orang teman yang membangun perusahaan video game bersama.

Bagi yang penasaran, buku ini menjadi sebuah kisah yang dapat dia hubungkan. Selain itu, juga mengingatkan Gates akan sebuah banyak hubungan antara dirinya dengan Paul Allen dan kerja sama di Microsoft.s

2. Nonfiksi: ‘Born in Blackness

Oleh Howard Prancis

Seorang “siswa Afrika” yang menggambarkan dirinya sendiri, Gates mengatakan bahwa dia masih “belajar banyak dari buku yang bijaksana dan diteliti dengan baik ini”.

Dalam “Born in Blackness”, penulis Howard W. French membingkai ulang kisah dunia modern dengan sejarah Afrika sebagai pusatnya.

“Itu jauh dari tanpa kewarganegaraan dan primitif ketika orang Eropa tiba,” tulis Gates. “Pada kenyataannya, Prancis menjelaskan, berbagai kerajaan Afrika telah mendirikan negara-kota yang menyaingi Eropa dalam hal organisasi politik, kekuatan militer, perdagangan, seni, dan eksplorasi. Saya bersungguh-sungguh sebagai pujian ketika saya mengatakan bahwa ‘Born in Blackness’ membuat saya ingin tahu lebih banyak.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi Film dan Musik

3. Film

‘Borgen’

Streaming di Netflix

Selain buku, Gates juga merekomendasikan film dan acara TV di masa lalu, tetapi ini adalah pertama kalinya sebuah acara masuk ke dalam daftar rekomendasi musim panasnya.

Pria yang kini berusia 67 tahun itu mengatakan bahwa dia “menikmati empat musim” dari “Borgen”, yang berpusat di sekitar politisi fiksi Denmark saat dia menjadi perdana menteri wanita pertama di negaranya.

“Saya terpesona dengan cara koalisi politik bersatu dan tetap bersama, dan saya suka menonton Perdana Menteri, Birgitte Nyborg, mencari tahu semuanya,” kata Gates. “Dia adalah pemimpin yang berprinsip dan berbakat yang juga bisa salah dan terkadang salah arah. “Borgen” menghibur di atas segalanya, tapi saya juga belajar banyak dari menontonnya.”

4. Daftar Putar Spotify

Bahkan dengan kekayaan bersih sebesar USD 128 miliar, Gates juga turut mendengarkan lagu sambil berkendara seperti kita semua.

Daftar putar Spotify yang dikuratori mencakup “banyak lagu favorit saya” dari artis mulai dari Enrique Iglesias hingga Vampire Weekend.

“Akhir-akhir ini, saya suka belajar tentang lagu dan artis baru melalui rekomendasi dari anak-anak saya, yang memiliki telinga yang bagus, dan teman-teman seperti Bono (yang telinganya juga tidak terlalu buruk),” kata Gates.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.