Sukses

Erick Thohir Bawa Kementerian BUMN Sabet 4 Penghargaan dari BKN Awards

Erick Thohir menyampaikan penghargaan dalam BKN Award 2023 ini sebagai pemacu Kementerian BUMN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan berkinerja positif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir berhasil membawa Kementerian BUMN menyabet 4 penghargaan dalam ajang yang digelar Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ini dinilai jadi salah satu buah dari fokus transformasi yang dijalankan.

Ada 4 penghargaan yang diberikan BKN kepada Kementerian BUMN. Ini merupakan penghargaan dalam aspek penyelenggaraan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kementerian dan lembaga hingga pemerintah daerah.

Kementerian BUMN berhasil menyabet Juara 2 Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Pegawai ( Kementerian Tipe Kecil). Lalu, Juara 4 Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja ( Kementerian Tipe Kecil).

Kemudian, Juara 4 Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem dan CAT ( Kementerian Tipe Kecil). Serta, Predikat Sangat Baik Implementasi NSPK.

Erick menyampaikan penghargaan ini sebagai pemacu Kementerian BUMN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan berkinerja positif. Utamanya tidak sebatas untuk internal Kementerian BUMN namun juga untuk masyarakat Indonesia.

"Ini merupakan salah satu dari empat transformasi yang telah dijalankan Kementerian BUMN. Transformasi core value yang sudah berjalan telah memberikan hasil, dan selanjutnya para pegawai Kementerian BUMN juga harus mendapatkan apresiasi atas kerja kerasnya membenahi BUMN dalam bentuk kesejahteraan yang berimbang. Hal inilah yang terus saya dorong melalui perbaikan UU BUMN," bebernya.

Informasi, dalam BKN Award 2023 ada 6 kategori penghargaaan, terkait penyelenggaraan manajemen ASN.

Diantaranya, Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Pegawai, Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem dan CAT, Kategori Pengembangan Kompetensi, Kategori Implementasi NSPK Sangat Baik dan terakhir, serta Kategori Special Mention yakni Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka Akses UMKM Go Global

Diberitakan sebelumnya, Kementerian BUMN bekerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan Bazar UMKM Untuk Indonesia di Plaza Sarinah, Jakarta. Acara ini berlangsung selama 4 hari, sejak Kamis 25 Mei 2023 hingga 28 Mei 2023.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, mengatakan UMKM telah menjadi salah satu penyokong perekonomian Indonesia dalam melewati berbagai fase perekonomian. Sehingga, negara harus selalu hadir dalam mendukung dan memberikan solusi komprehensif bagi perkembangan UMKM.

"Seru-Seruan Bazar Lokal ini merupakan salah satu upaya pemerintah yang diinisiasi Kementerian BUMN didukung oleh BUMN penyelenggara, dalam hal ini PGN dan KAI untuk membantu memperluas akses pasar UMKM. Diharapkan ke depannya berorientasi ekspor dan berkontribusi kepada perolehan devisa bagi negara dan perkembangan perekonomian Indonesia," ujarnya, Kamis (25/5/2023).

 

3 dari 4 halaman

Target 30 Juta UMKM

Loto mengutarakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan target capaian 30 juta UMKM Go Digital pada 2024. Sehingga peran UMKM menjadi cukup vital dalam menggerakan pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha.

"Kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60,5 persen, dan menyerap tenaga kerja sebesar 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Bukan hanya dukungan pendanaan, kebutuhan kontribusi dan kolaborasi seluruh pihak dalam menghadirkan solusi terintegrasi bagi perkembangan UMKM di Indonesia baik pada sisi promosi maupun akses pasar," ungkapnya.

"Untuk itulah Bazar UMKM Untuk Indonesia kolaborasi PGN dengan KAI dengan tema Seru-Seruan Bazar Lokal ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk memperluas akses pasar dan mempromosikan keunggulan produknya," kata Loto.

 

4 dari 4 halaman

Bazar Lokal

Adapun Seru-Seruan Bazar Lokal ini melibatkan 88 UMKM mitra binaan PGN dan KAI. Dengan lini bisnis makanan dan minuman, kriya maupun fesyen dan kecantikan dari berbagai daerah di Indonesia.

Perluasan akses pasar UMKM pada event kali ini tidak hanya melalui jaringan offline di Sarinah, tetapi juga secara online melalui marketplace PaDi UMKM yang sekaligus mendorong akselerasi pencapaian target UMKM Go Digital.

Corporate Secretary PT Perusahaan Gas Negara Tbk Rachmat Hutama menambahkan, pihaknya sangat mendukung segala hal yang terkait perkembangan UMKM. Terutama mitra binaan PGN melalui berbagai program bagi berbagai UMKM binaan.

"Kami memahami bahwa UMKM bukan hanya membutuhkan dukungan finansial bagi modal kerja maupun pengadaan bahan baku. Tetapi salah satu yang terpenting adalah peningkatan kualitas dan kemampuan UMKM terutama dalam aspek pemasaran produk dan bagaimana memperluas basis konsumen mereka," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).

    Kementerian BUMN

  • BKN atau Badan Kepegawaian Negara adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki tugas memanajen kepegawaian negara.

    BKN

  • BKN Award

Video Terkini