Sukses

Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno Akhirnya Sepakat, Soal Apa?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sepakat membangun kemandirian ekonomi desa usai pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sepakat membangun kemandirian ekonomi desa usai pandemi COVID-19.

Kesepakatan tersebut dinyatakan keduanya saat menjadi pembicara pada Rapat Koordinasi Daerah dan Pleno TPAKD Se-Jawa Tengah dengan tema “Percepatan Pemulihan dan Perkembangan Ekonomi Jawa Tengah Melalui Kemandirian Ekonomi Desa” di Semarang, Kamis.

“Maka sekarang desa-desa yang cukup berhasil, UKM yang cukup berhasil, usaha-usaha lainnya di level lokal yang cukup berhasil itu kita tampilkan agar yang lain tinggal meniru saja,” kata Ganjar Pranowo dikutip dari Antara, Kamis (27/4/2023).

Menurut dia, sudah ada contoh dari sisi pembangunan desa wisata, ekonomi kreatif, UMKM, termasuk sukses dari sisi inklusifitas keuangan serta literasi.

Gubernur Jateng dua periode itu juga mengatakan saat ini desa tidak perlu berimajinasi terkait model manajerialnya, pengemasan hingga pemasaran karena saat ini akses fasilitasnya sudah banyak, dan hanya perlu peningkatan edukasi serta sosialisasi.

“Tapi inklusifitasnya cukup tinggi, sudah di atas 80 persen, maka ini kami harapkan jadi satu indikator bahwa di usaha kecil menengah terus kemudian desa wisata atau usaha yang lain sebenarnya bisa digaspol begitu dengan meniru,” ujarnya.

Pemulihan Ekonomi

 

 

Menparekraf Sandiaga Uno menilai kemandirian desa bisa mendukung percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi.

Ia mencontohkan keberadaan desa wisata yang efektif membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Jadi saya ucapkan apresiasi yang tinggi, mudah-mudahan pemulihan ini terus berlanjut dan memang ada dinamika ekonomi global, tapi saya yakin kalau kita bersinergi dan berkolaborasi maka pemulihan ekonomi ini akan berlanjut dan juga pembangunan kita semakin terakselerasi,” katanya.

Di Jawa Tengah sendiri, lanjut Sandiaga, ada banyak desa wisata yang bisa dijadikan percontohan untuk kemandirian desa.

Salah satunya Desa Wisata Lerep, Kabupaten Semarang, dan desa-desa di Magelang tepatnya di sekitar Destinasi Super Prioritas Candi Borobudur.

“Semua desa wisata di sini sudah kami data dan meningkat secara signifikan dan desa wisata ini ternyata memiliki produk-produk ekonomi kreatif yang unggul dan bisa menghasilkan satu percepatan kemandirian ekonomi yang memang menjadi program OJK,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlabuh ke PPP, Sandiaga Uno Ternyata Jadi Menteri Paling Tajir di Kabinet Jokowi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan hengkang dari Partai Gerindra. Perjalanan politik Sandiaga Uno akan pindah dengan menunggangi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Berbicara mengenai Sandiaga Uno, ternyata pengusaha kondang baru PPP itu kini menjadi menteri paling kaya di kabinet yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Bagaimana tidak, harta kekayaan sahabat Menteri BUMN Erick Thohir ini mencapai Rp 10,9 Triliun.

Melansir laman resmi e-lhkpn KPK, Kamis (27/4/2023) Sandiaga Uno pada 31 Desember 2021 melaporkan harta kekayaannya yang bernilai Rp. 10.617.085.468.830 atau Rp. 10,6 triliun. 

Harta tersebut mencakup 17 tanah dan bangunan yang tersebar di wilayah Jakarta Selatan, Tangerang, Pandeglang, Singapura dan Amerika Serikat dengan total nilai Rp. 253.467.826.444 atau Rp 253,4 miliar.

Selain itu, Sandiaga Uno juga memiliki  3 unit kendaraan mobil yaitu Nissan Grand Livina keluaran Tahun 2013 seharga Rp 95 juta, mobil Nissan XTrail keluaran Tahun 2015 seharga Rp 200 juta, dan mobil Toyota Corola Cross 18 HYB keluaran Tahun 2021 senilai Rp 480 juta.

Adapun harta bergerak lainnya sebesar Rp 3,2 miliar dan surat berharga sebesar Rp 9.775.137.398.758 atau Rp. 9,7 triliun serta kas dan setara kas Rp 787.641.667.949 atau Rp. 787,6 miliar, dengan harta lainnya sebesar Rp 85.901.849.559 atau Rp. 85,9 miliar.

LHKPN KPK juga mencatat, menteri Jokowi ini pada periode 2021 memiliki utang sebesar Rp. 289.038.273.880 atau Rp 289 miliar. 

3 dari 4 halaman

PPP NTB: Duet Ganjar-Sandiaga Pasangan Ideal di Pilpres 2024

DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong duet Ganjar Pranowo dan Sandiaga search Uno sebagai calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

"Buat kami ini pasangan ideal, bagus. Bahkan ini yang sedang dibicarakan," kata Ketua DPW PPP NTB, Muzihir, Rabu 26 April 2023.

Dia mengatakan, tanda-tanda Sandiaga Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bergabung dengan partai berlambang Ka'bah sudah bisa terlihat.

"Resminya belum, tapi publik sudah mengetahui akan berlabuh ke mana. Pendekatan sudah terlihat, beliau selalu hadir di acara PPP. Secara resmi nanti beliau yang mengumumkan. Tunggu saja, kita tidak ingin mendahului, tapi yang jelas kita terbuka menerima apalagi sekaliber Pak Sandi," terangnya.

Wakil Ketua DPRD NTB ini menyatakan setelah PPP mantap memutuskan mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden, terkait siapa pendamping Gubernur Jawa Tengah itu masih dibicarakan DPP PPP bersama PDIP.

"Kita kan mengikuti alur, yang jelas PPP sudah resmi bergabung dengan PDIP mengusung Pak Ganjar. Masalah wakilnya sedang dibicarakan. Terutama oleh capres, PDIP dan PPP," ungkap Muzihir.

Menurutnya terkait siapa nama bakal pendamping Ganjar tersebut, pengurus PPP di daerah menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PPP

"Iya memang kita mengusulkan nantinya (dari PPP). Kita serahkan ke Ketum yang akan berkomunikasi. Tapi kita ingin seperti di Jawa Tengah, gubernur-nya PDIP wakilnya dari PPP, anaknya Alm KH Maemoen Zubair. Kita inginkan mudah-mudahan yang diusulkan PPP nantinya bisa diterima. Karena bagaimanapun capres dan cawapres agar bisa seirama," katanya.

4 dari 4 halaman

PPP Resmi Usung Ganjar

Sebelumnya PPP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

​Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengumumkan secara langsung nama capres itu di kediamannya di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu.

"Dengan mengucapkan 'bismillahirrahmanirrahim' PPP memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pilpres RI tahun 2024 yang akan datang," kata Mardiono.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini