Sukses

Menteri ESDM: Stok BBM di Jawa Tengah Aman di Mudik Lebaran 2023

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjamin stok Bahan Bakar Minyak (BBM) aman selama periode mudik lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif  mengunjungi beberapa SPBU di jalur mudik wilayah Jawa Tengah bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (19/4)

Kunjungannya ini untuk menjamin stok Bahan Bakar Minyak (BBM) aman selama periode mudik lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

"Pertamina siap! InsyaAllah siap, kita upayakan dari sisi hulunya (BBM) aman sehingga suplai ke hilirnya bisa terjamin," ujar Menteri ESDM dalam keterangannya dikutip Kamis (20/4/2023).

Berdasarkan pantauannya, Pertamina menyediakan stok BBM di beberapa titik SPBU dalam keadaan cukup dan pengaturannya pun baik. Selain itu, keterampilan operator SPBU juga baik sehingga pemudik yang ingin mengisi BBM tidak menunggu lama.

"Jika puncak arus mudiknya bisa tertangani dengan baik, InsyaAllah, bisa kita tangani bersama," ungkapnya.

Jawa Tengah Dapat Perhatian Khusus

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, wilayah Jawa Tengah mendapat perhatian khusus. Sebab, jumlah pemudik menuju Jawa Tengah merupakan yang tertinggi.

"Untuk itu, Pertamina pastikan ketersediaan BBM-nya," ucap Nicke.

Tahun ini, Pertamina menyiapkan tambahan pasokan di SPBU pada hampir semua jenis produk khususnya mengantisipasi masa puncak yang diprediksi akan terjadi pada 1 April – 9 Mei 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyeksi Pertumbuhan Konsumsi

Pertamina memproyeksikan akan terjadi peningkatan kebutuhan LPG sebesar 3 persen, BBM jenis Gasoline 10,3 persen, dan Avtur sebesar 7,35 persen. Adapun BBM jenis Gasoil diperkirakan menurun 8,7 persen dari kondisi normal.

Antisipasi juga dilakukan dengan menyiapkan fasilitas tambahan yang meningkat dibandingkan dengan tahun 2022. Selain menyediakan 402 motoris, Pertamina meningkatkan jumlah SPBU Siaga yang melayani 24 jam dari 1.370 SPBU menjadi 1.505 SPBU, Agen LPG Siaga dari 4.239 agen menjadi 5.471 agen.

"Jika ada kendaraan pemudik yang kehabisan BBM di tengah perjalanan, tinggal telepon 135 lalu share location, nanti Motoris kami akan datang mengisi BBM," jelas Nicke.

 

3 dari 3 halaman

Ganjar Terima Kasih

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ganjar menyampaikan terima kasih atas ketersediaan BBM di wilayahnya tercukupi.

"Terima kasih Pertamina sudah meninjau di Jawa Tengah, dari sisi ketersediaannya cukup, dari sisi kecepatannya (pengisiannya) juga cukup karena kita butuh pelayanan yang super cepat agar tidak menjadi bagian dari kemacetan saat puncak arus mudik lebaran," ujar Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.