Sukses

Jokowi Perintahkan TOD Dibangun di Kota-kota yang Macet

Jokowi mengapresiasi pemanfaatan lahan milik KAI ini untuk dibangun hunian vertikal atau apartemen milenial ini.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan apartemen Semesta Mahata Margonda yang berdekatan dengan Stasiun KRL Pondok Cina, Depok, Jawa Barat. Bahkan, Jokowi mengapresiasi pemanfaatan lahan milik KAI ini untuk dibangun hunian vertikal atau apartemen milenial ini.

Tak hanya itu, Jokowi mengibaratkan mudahnya akses ke transportasi umum KRL dari apartemen milenial ini. "Fasilitas pendukungnya sangat bagus dan yang paling penting ini disiapkan untuk hunian milenial yang kalau mereka beli bonusnya dapat kereta api," ujar Jokowi saat peresmian di apartemen Semesta Mahata Margonda, Depok, Kamis (13/4/2023).

Dia menyebut mudahnya akses ke KRL jadi satu alasan agar penghuni apartemen tidak bergantung pada kendaraan pribadi. Pasalnya, kendaraan pribadi sering membuat macet, apalagi di kawasan Jabodetabek.

"Bangun tidur, mandi, langsung lompat masuk ke KRL kereta api, kemanapun pasti bisa sehingga kita semua tidak tergantung ke kendaraan pribadi dengan mobil yang memacetkan utamanya di Jabodetabek," ujarnya.

Melihat kemudahan ini, Jokowi meminta kepada jajarannya seperti Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membangun hunian transit oriented development (TOD) tak hanya di Jabodetabek. Tapi juga di luar kawasan serupa untuk menekan angka kemacetan.

"Saya sudah perintahkan agar dibangun tidak di jakarta dan sekitarnya saja tapi di kota-kota yang sudah mengalami kemacetan harus pembangunan TOD seperti ini harus," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmikan Apartemen Milenial

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan apartemen transit oriented development (TOD) di dekat Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat. Hunian ini terkoneksi langsung dengan akses ke KRL Commuter.

"Saya sangat menghargai ide besar dan dilaksanakan, bukan hanya ide saja tapi dilaksanakan di lapangan," ujarnya di apartemen Semesta Mahata Margonda, Kamis (13/4/2023).

Pada kesempatan ini, Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, hingga Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa.

 

3 dari 3 halaman

Apresiasi Fasilitas

Setelah melihat hunian milenial ini, Jokowi mengapresiasi fasilitas yang diberikan. Termasuk akses yang mudah ke KRL Commuter.

"Setelah saya masuk tadi ruangannya, kamarnya, sangat bagus kemudian juga fasilitas pendukungnya juga sangat bagus dan yang paling penting ini disiapkan utk hunian milenial yang kalau mereka beli bonusnya dapat kereta api," bebernya.

Menurutnya, hunian vertikel serupa bisa dikembangkan di daerah lain. Utamanya di daerah-daerah yang macet karena penumpukan kendaraan.

"Pembangunan TOD-TOD baru, utamanya di kota kota yang sudah macet di semua titik dan hari ini kita lihat gagasan Menteri Erick Thohir harus kita apresiasi," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini