Sukses

Dukung Prestasi Olah Raga Nasional, Kementerian PUPR Siapkan Venue Piala Dunia U-20 2023

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono nyatakan akan terus mendukung prestasi olahraga nasional melalui pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian PUPR berkomitmen terus mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional melalui pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam pembukaan Rapat Anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI), pada Senin 6 Maret 2023.

"Saya sebagai Menteri PUPR harus menyiapkan berbagai venue atau sarana dalam rangka pertandingan internasional multi event seperti dukungan revitalisasi stadion yang disiapkan menggelar Piala Dunia U-20 2023, juga konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK untuk persiapan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, dan nanti Pesta Olahraga Pantai Dunia ANOC 2023," kata Menteri Basuki, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Rabu (6/8/2023).

Menteri Basuki yang juga mengatakan, akan terus mendorong cabang olahraga (cabor) dayung agar dapat meningkatkan sumbangan medali emas dalam berbagai pertandingan internasional.

"InsyaAllah selalu dapat memberikan kontribusi medali emas baik juga di Sea Games 2023 Kamboja dan Asian Games ke-XIX di China. Sumbangan emas di Olimpiade 2024 nanti juga merupakan tanggung jawab saya," katanya, yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI).

 Seperti diketahui, Menteri Basuki baru saja terpilih sebagai Chef de Mission (CDM)/Ketua Kontingen Tim Indonesia untuk perhelatan Asian Games ke-XIX yang direncanakan berlangsung di Hangzhou, China, pada 23 September - 8 Oktober 2023

"Saya ingin melaksanakan tugas sebagai CDM dengan sebaik-baiknya. Terima kasih kepada ketua KOI yang telah memercayakan tugas ini kepada saya. Sebagai CDM saya akan belajar hal baru. Saya mohon dukungan seluruh cabor, karena hanya dengan kekompakkan, prestasi akan dicapai dengan lebih baik," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sampaikan Apreasiasi

Adapun Ketua MPR Bambang Soesatyo yang mengatakan bahwa, di bawah kepemimpinan Menteri Basuki sebagai Chef de Mission (CDM) Asian Games ke-XIX dapat membawa kesuksesan yang gemilang pada tim Indonesia.

"Semua negara disegani bukan hanya karena kekuatan militer dan ekonomi, tapi juga karena prestasi olahraganya. Siapa yang tidak tahu Argentina dan Brazil sebagai penghasil pemain sepakbola dunia. Jadi kalau Indonesia ingin disegani, maka olahraga kita juga harus berprestasi di internasional," kata Bambang.

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan semua cabang olahraga yang telah sukses menyelenggarakan acara olahraga internasional di Indonesia seperti Asian Games 2018, MotoGP, Motocross, dan lainnya. Dengan beberapa pertandingan internasional yang sukses diselenggarakan di Indonesia.

Dia mengatakan, bahwa semakin banyak berbagai Presiden Asosiasi atau Federasi olahraga internasional berkunjung ke Indonesia.

"Presiden Jokowi sendiri menyampaikan Indonesia siap jadi tuan rumah Olimpiade pada 2036. KOI memiliki tugas penting sebagai penjaga piagam Olimpiade di Indonesia. Target kita harus berkumandang lagu Indonesia raya di setiap pertandingan olahraga, dengan begitu berarti kita memperoleh emas," kata Oktohari. 

3 dari 3 halaman

Ikut Bersaing Jadi Ketua PSSI di KLB PSSI, Tengok Perjalanan Karir Erick Thohir di Dunia Olah Raga

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tengah menjajaki peluang menjadi Ketua Umum PSSI. Pada Kamis pagi (16/2), Erick Thohir tiba di lokasi Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI, Hotel Shangri-La, Jakarta, untuk menghadiri pemilihan ketua umum PSSI. 

Seperti diketahui bahwa, dalam beberapa waktu terakhir nama Erick Thohir sudah menjadi salah satu kandidat ketua umum PSSI. 

Adapun nama kandidat lainnya yang ikut bersaing memperebutkan kursi ketua umum PSSI pada KLB PSSI, yaitu La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono.

Namun, tahukah Anda, munculnya sosok Erick Thohir dalam pemilihan Ketua Umum PSSI merupakan salah satu dari sekian banyak perjalanannya di industri olah raga. 

Menteri BUMN itu selama ini memang dikenal sangat mencintai olahraga terutama bola basket dan sepak bola.

Pada tahun 2004 sampai 2006, Erick Thohir menjadi ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Selain itu, dia juga merupakan anggota Central Board Federasi Bola Basket Dunia (FIBA).

Bahkan, Erick Thohir menjadi anggota central board FIBA selama dua periode, di mana periode pertama pada 2015 sampai 2019 dan kemudian berlanjut dari 2019 hingga 2023.

Tak sampai disitu, sosok Erick Thohir juga memiliki jasa besar ketika Indonesia terpilih sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Jepang dan Filipina. 

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga mampu membangun venue baru Indonesia Arena yang menjadi stadion indoor terbesar di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.