Sukses

Kartu Prakerja Gelombang 49 Sudah Dibuka, Buruan Gabung!

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2023 dengan target capaian hingga 1 juta penerima.

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja gelombang 49 resmi dibuka hari ini Senin (6/3/2023). Informasi tersebut diumumkan melalui laman instagram official Kartu Prakerja.

"Seleksi GELOMBANG 49 sudah dibuka! Yuk buru-buru klik 'Gabung Gelombang' sekarang juga di dashboard Kartu Prakerja kamu!," Tulis keterangan @prakerja.go.id.

Bagi calon peserta yang belum daftar bisa langsung mengakses laman www.prakerja.go.id secara mandiri supaya bisa gabung di gelombang 49 dan gelombang seterusnya.

"Belum bisa gabung karena belum daftar? Daftar sekarang via www.prakerja.go.id secara mandiri supaya #JadiBisa. Gampang dan enggak perlu bantuan siapapun untuk daftarnya Sob!," Tulis PMO Kartu Prakerja.

Adapun sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2023 dengan target capaian hingga 1 juta penerima.

Pada tahap awal, anggaran akan dialokasikan sebesar Rp2,67 triliun untuk mencapai target sebanyak 595 ribu orang. Sedangkan, untuk sisa target sebesar 405 ribu orang, Pemerintah akan mengajukan tambahan kebutuhan anggaran sebesar Rp1,7 triliun.

Dalam skema normal ini, besaran bantuan yang akan diterima peserta juga mengalami penyesuaian yakni senilai Rp4,2 juta per individu.

Dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei. Selain itu, Pemerintah juga meningkatkan batas minimal durasi pelatihan menjadi 15 jam.

Berikut cara Daftar Kartu Prakerja 2023

  1. Buka www.prakerja.go.id
  2. Sediakan nomor Kartu Keluarga serta NIK
  3. Input data diri dan ikuti segala petunjuk yang tersedia
  4. Setelah menginput data, lanjut mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  5. Klik "Gabung" pada gelombang yang sedang dibuka
  6. Tahapan Bagi yang belum pernah daftar Kartu Prakerja Masuk ke laman www.prakerja.go.id dan klik menu daftar sekarang
  7. Masukkan alamat email aktif beserta kata sandinya
  8. Lakukan verifikasi melalui email setelah melakukan pendaftaran
  9. Pendaftaran berhasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lolos Kartu Prakerja Gelombang 48, Begini Cara Beli Pelatihan yang Tepat!

Bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 48 perlu untuk memperhatikan saat membeli pelatihan yang dipilih. Jangan sampai salah memilih pelatihan, karena tahun ini Kartu Prakerja menggunakan skema baru yakni pelatihan bisa dilakukan offline dan online.

"Penting! sebelum kamu membeli pelatihan. Baca dengan seksama setiap informasi ketika kalian melakukan klik-klik-klik saat membeli pelatihan. Sehingga tidak ada kesalahan informasi maupun moda pelatihan yang tidak sesuai dengan keberadaan dan keinginanmu," tulis keterangan @prakerja.go.id, Selasa (28/2/2023).

Berikut cara memilih pelatihan kartu prakerja 2023
  • Pilih pelatihan sesuai pekerjaan saat ini: Keahlian apa yang bisa mendukung karirmu saat ini?
  • Pilih pelatihan yang sesuai minatmu: Keahlian apa yang sedang mau kamu pelajari?
  • Sesuai tujuanmu: Mau kerja 'X' tapi belum percaya diri, jadi ambil pelatihan dulu utk memperdalam ilmu, atau tujuan pribadi lainnya.
Manajamen Pelaksana Kartu Prakerja menegaskan, memilih pelatihan ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi peserta yang sudah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.
 
"Gunakan saldo pelatihan untuk mendukung masa depan kalian lewat peningkatan kompetensi yang tepat sesuai dengan perencanaan karir kalian," tulis @prakerja.go.id
 
Karena setiap pembelian pelatihan yang sudah dilakukan merupakan sepenuhnya tanggung jawab para peserta. Oleh karena itu, selalu cek berulang-ulang sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.
 
Misal jika muncul ertanyaan: "Kak, di halaman pelatihan saya tertulis membutuhkan alat bantu Laptop, sedangkan saya tidak punya laptop. Jadi harus bagaimana ya?"
 
Tenang, kamu bisa melakukan rental harian untuk laptop. Banyak penyedia rental yang harganya juga relatif murah, dimulai dari 15 ribu rupiah per hari. Atau Kamu bisa cari di Google "Sewa laptop harian di (kota kamu)"
 
Ingat, kamu hanya perlu membeli pelatihan yang kamu yakin 100 persen bisa kamu hadiri. Antara itu pelatihan onlinr (Webinar) ataupun pelatihan offline (Luring). Karena seluruh pelatihan itu punya jadwal layaknya "kelas di sekolah".
 
Sebab, Kartu Prakerja 2023 kini tidak lagi bisa dihadiri kapanpun seperti dulu. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan jadwal lalu tidak bisa mengikuti pelatihan nantinya.
3 dari 3 halaman

Segera Tautkan ke Rekening/E-Wallet Sebelum 7 Maret 2023

Meski sudah memasuki program Kartu Prakerja 2023, penerima di tahun sebelumnya alias di 2022 mungkin ada yang belum mendapatkan insentif karena akun tidak terhubung ke rekening atau e-wallet. Perlu diketahui, ternyata ada batas waktu untuk proses penyambungannya agar insentif Prakerja bisa cair.

Dalam hal ini, manajemen Kartu Prakerja menginformasikan melalui akun Instagram resminya. “Penerima Kartu Prakerja 2022. INFO PENTING! Penerima Kartu Prakerja Tahun 2022 yang belum terima insentif karena belum sambungkan ulang rekening bank/akun e-wallet, catat ini!” demikian penjelasannya dikutip dari akun @prakerja.go.id, Senin (27/2/2023).

Seperti yang diketahui, insentif Kartu Prakerja diberikan ketika penerima telah menyelesaikan pelatihan dan mengisi rating serta ulasan. Selanjutnya insentif akan dikirimkan ke rekening bank atau dompet digital seperti yang telah disambungkan di akun Prakerja.

Nah, penerima Kartu Prakerja 2022 mungkin masih ada yang belum mendapatkan insentif padahal sudah mengisi rating dan ulasan. Hal itu bisa disebabkan karena belum menyambungkan akun ke rekening atau e-wallet.

Oleh karena itu, manajemen Kartu Prakerja mengingatkan bahwa batas akhir penyambungan rekening bank atau akun e-wallet penerima Kartu Prakerja 2022 yaitu pada 7 Maret 2023. Sebab, pada 9 Maret 2023 menjadi batas akhir pembayaran insentif penerima Kartu Prakerja 2022. Jadi, segera tautkan akun Prakerja ke rekening bank atau e-wallet agar bisa mendapatkan insentif.

Seperti yang diketahui, program Kartu Prakerja 2022 masih bersifat semi bantuan sosial. Penerima Prakerja mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama empat bulan. Selain itu, juga mendapatkan insentif Kartu Prakerja tiga kali pengisian survey sebanyak Rp 150 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.