Sukses

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto Lantik 58 Pejabat Baru

Setelah dilantik, para pejabat SKK Migas diwajibkan untuk menandatangani Pakta Integritas untuk memegang teguh etika dan norma Organisasi di SKK Migas untuk mewujudkan “4 NO”.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto melantik 58 pegawai setingkat Kepala Divisi di lingkungan SKK Migas hari Selasa 28 Februari 2023. Pelantikan puluhan pejabat ini untuk menindaklanjuti Permen ESDM No. 2 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja.

Pengisian jabatan dan rotasi tersebut dilakukan dalam rangka pembenahan dan pemantapan Organisasi untuk meningkatkan kinerja SKK Migas dalam upaya meningkatkan produksi minyak dan gas bumi untuk mencapai target jangka pendek maupun jangka panjang dan menjadikan organisasi sebagai Centre of Excellence.

Sekretaris SKK Migas Shinta Damayanti menyampaikan. Kepala SKK Migas melantik 58 kepala divisi dan pejabat setingkat di lingkungan SKK Migas. Pengisian jabatan dan rotasi ini selain dalam rangka pengisian jabatan sesuati struktur SKK migas yang baru.

"Selain itu juga juga menjadi sarana untuk melakukan promosi dan rotasi untuk dapat menjaga semangat dan kesegaran Organisasi untuk dapat terus berjalan secara optimal”. kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (1/3/2023). 

Setelah dilantik, para pejabat tersebut selanjutnya diwajibkan untuk menandatangani Pakta Integritas untuk memegang teguh etika dan norma Organisasi di SKK Migas untuk mewujudkan “4 NO” dalam tata kelola hulu migas, yaitu NO bribery, NO kickback, dan NO gift, dan NO luxurious hospitality.

“Tidak hanya pakta integritas, para pejabat yang dilantik tersebut juga wajib meng-implementasikan core values SKK Migas dalam menjalankan pekerjaan, yaitu P.R.U.D.E.N.T : Professional, Responsive, Unity in Diversity, Decisive, Ethics, Nation Focused, dan Trustworthy. Selain untuk diri sendiri, para kepala divisi atau setingkat juga harus menjadi contoh (role model) bagi pegawai distruktur dibawahnya”, ujar Shinta.

Target SKK Migas

Shinta menambahkan untuk pejabat yang mendapatkan promosi pada pelantikan yang dilaksanakan tadi diingatkan untuk melakukan kinerja terbaik dan terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan cara kerja yang out of the box dalam rangka mencapai target APBN 2023 dan target jangka panjang di tahun 2023 yaitu produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD).

“Para pejabat yang dilantik juga diingatkan agar menjadi garda terdepan untuk mewujudkan program yang massive, agresive dan efficient serta menghancurkan silo-silo kepentingan yang dapat menghambat tercapainya tujuan SKK Migas”, kata Shinta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cadangan Minyak Habis 10 Tahun Lagi, SKK Migas Sibuk Cari Sumber Baru

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memperkirakan, cadangan minyak di Tanah Air akan habis dalam 10 tahun lagi karena faktor konsumsi saat ini.

Menyikapi hal tersebut, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bakal gencar melakukan eksplorasi cadangan batu dan melakukan revitalisasi cadangan minyak eksisting.

Namun, Sekretaris SKK Migas Sinta Damayanti mengatakan, hasil dari penggalian temuan baru tersebut belum akan terrasa dampaknya dalam waktu dekat.

"Eksplorasi tidak akan instan, langsung kerasa produksinya di tahun tersebut. Baru terasa 5 tahun kemudian. Karena itu kami harus melakukan eksplorasi sejak sekarang," tuturnya di Kantor SKK Migas, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

"Time lag itu yang membuat kita sangat penting untuk harus melakukan eksplorasi sekarang," tegasnya.

Sinta menceritakan, omongan soal cadangan minyak yang hanya tinggal tersisa beberapa tahun itu kerap ia dengar sejak dulu. Namun asumsi itu patah lantaran pemerintah terus berupaya mengeksplorasi temuan cadangan baru, untuk menjaga rasio cadangan terhadap produksi (RPR).

"Saya dengar cadangan tinggal 10 tahun lagi sejak SMA, tapi kok enggak habis-habis, karena kita keep exploration, sehingga rasio RRR di atas 100 persen," terang Sinta.

 

3 dari 3 halaman

Target Pengeboran

Sinta menceritakan, pada 2022, pengeboran sumur tercatat sebanyak 30 sumur, naik 7 persen dibandingkan 2021. Tahun ini, SKK Migas menargetkan pengeboran sebanyak 57 sumur atau naik 90 persen.

Adapun dengan target pengeboran sumur tersebut, SKK Migas menargetkan investasi senilai USD 1,7 miliar dollar atau naik 112 persen dari tahun lalu.

"Di tahun ini, investasi SKK Migas ditargetkan mencapai USD 1,7 miliar dollar atau meningkat 112 persen, dibanding tahun 2022 sebesar 80 juta dollar AS," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.