Sukses

Gelar F1 Powerboat Danau Toba, Balige Sejajar dengan Monako dan Abu Dhabi

F1 Powerboat H2O yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara bakal semakin membawa Danau Toba dikenal sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meyakini, ajang F1 Powerboat H2O yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara bakal semakin membawa Toba dikenal sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Khususnya untuk Balige, yang jadi pintu masuk untuk menjelajah Danau Toba sekaligus lokasi event balap perahu cepat kelas dunia tersebut. Tiko, sapaan akrabnya percaya, acara tersebut akan bikin Balige sejajar dengan Monako dan Abu Dhabi, dua kota besar dunia yang sebelumnya jadi tuan rumah F1 Powerboat.

"Ini menarik, kita membuat event F1 Powerboat di Balige. Ini jadi sesuatu yang unik, karena kita bikin event yang biasanya ada di tempat-tempat yang kelasnya Monako, Abu Dhabi, sekarang ada di Balige," ujar Tiko dalam acara media gathering di Kantor InJourney, Gedung Sarinah, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

"Moga-moga ini benar-benar bisa meningkatkan awareness dan kinjungan wisata ke Sumatera Utara, khususnya Danau Toba dan Samosir," imbuhnya.

Secara rencana besar, Tiko menyebut pemerintah ingin membuat Indonesia tidak hanya dikenal sebagai Bali saja. Terlebih Indonesia menurut pandangan turis dunia masih kalah dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara.

"Saya bilang, kita pre-covid di Asia Tenggara aja kita masih nomor 5 (destinasi favorit wisatawan mancanegara), diharapkan nanti pasca-covid dan ke depan kita minimal nomor 2 lah," kata Tiko.

"Jujur aja kompetitor terbesar kita Thailand. Thailand luar biasa memang. Kita paling tidak bisa melewati Malaysia, Singapura sama Vietnam," sebutnya.

Negara Tercantik

Padahal, Tiko melanjutkan, Indonesia sudah diakui sebagai negara tercantik dunia, tapi secara promosi untuk kunjungan wisata masih belum kuat. Oleh karenanya, event kelas dunia bakal jadi tempat untuk bisa mempromosikan Indonesia ke dunia.

"Indonesia kan sudah di-hold sebagai the most beautiful country in the world. Tinggal kita punya alasan, punya event, untuk orang-orang datang ke Indonesia. Kalau kita perbanyak event-event di berbagai destinasi, terutama 5 destinasi ini, mereka akan datang. Sehingga mereka tidak ragu lagi Indonesia adalah negara paling cantik di dunia," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Danau Toba Bakal Kebanjiran Wisatawan Pasca F1 Powerboat

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan penyelenggaraan event F1 Powerboat yang akan dilaksanakan pada 25-26 Februari 2023 mendatang di Danau Toba, Sumatera Utara akan memberikan dampak ekonomi pada wilayah tersebut sebesar Rp 212 miliar.

Dia mengharapkan akan meningkatkan wisatawan sebesar 3,7 persen dalam 2 tahun kedepan pasca event tersebut berlangsung.

"Ini juga kita gabungkan pada gerakan bangga berwisata di Indonesia. Karena kita lihat target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara," ujar Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno, Jakarta, Senin (13/2).

Pada ajang olahraga ini juga diprediksikan akan meraih atensi 187 impresi media digital, kata dia.

Tak hanya itu, penjualan tiket secara online pun sudah habis terjual hanya dalam 23 menit pada 7 Februari lalu. Namun, jangan khawatir nantinya akan ada penjualan tiket kembali, tapi hanya bisa secara offline.

Sebanyak 2100 tiket yang dibagi menjadi 3 grand, diantaranya grand stan A, grand stand B, grand stand C dengan harga yang dibanderol Rp 500 ribu per orang.

"Tiket jadi ini lagi re-launching untuk seksi berikutnya. Tapi belinya harus beli offline di Balige, karena yang online sudah habis," terang dia.

3 dari 3 halaman

F1 Powerboat Danau Toba, 1.500 Orang Bakal Disuguhi Nonton dari Bukit

Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono mengatakan akan membuka penjualan tiket secara offline (on the spot) sekitar 500 tiket pada event F1 Powerboat 25-26 Februari 2023. Hal itu diperuntukkan bagi masyarakat yang tak kebagian tiket saat penjualan online dan ingin membeli tiket secara langsung.

Namun, penambahan penjualan tiket secara offline belum dipastikan, masih menunggu koordinasi kapasitas yang tersedia di area venue.

"Kemungkinan kita akan membuka tiket offline nanti ada kapasitasnya gak terlalu banyak sekitar 500 tiket. Kalau kita kita lihat kapasitasnya bisa kita perbanyak, kita akan membuka tiket offline," ujar Maya dalam acara Peran BUMN Jelan Event F1 Powerboat H20, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Perlu diketahui, penjualan tiket pada 7 Februari 2023 kemarin habis terjual dalam waktu hanya 23 menit. Ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk melihat event F1 Powerboat di Danau Toba mendatang.

Maya menerangkan, pihaknya memastikan keamanan bagi masyarakat yang hendak menonton di kawasan bukit. Karena ada sekitar 1.500 penonton yang akan menonton di kawasan bukit Pahoda.

"Kami juga sedang melihat kapasitas bukit tersebut, karena kita mau make sure safety, kita akan pasang barikade juga supaya safe," jelasnya.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.