Sukses

Menko Airlangga Sebut Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 48 Segera Dibuka

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program kartu prakerja dengan skema normal akan segera dibuka terutama untuk pelatihan offline

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bocoran terkait Program Kartu Prakerja dengan Skema Normal. 

Meski demikian, ia belum mengungkap waktu pasti kapan Kartu Prakerja Gelombang 48 dibuka. Ketika ditanya apakah akan dibuka awal Maret 2023, dia mengamini kalau pembukaan dibuka dalam waktu dekat.

"Kita akan buka yang offline, iya segera," kata Menko Airlangga saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Selasa (14/2/2023).

Sebelumnya, Program Kartu Prakerja dengan Skema Normal akan dimulai pada kuartal pertama 2023. Namun, gelombang 48 belum resmi dibuka. Informasi yang disampaikan melalui media sosial Kartu Prakerja baru pembukaan pendaftaran akun saja.

"Memang kita baru membuka pendaftaran kemudian tahap selanjutnya masuk gelombang. Belum dibuka komitmen Kartu Prakerja sesuai arahan pak Menko. Pembukaan kartu prakerja gelombang 48 akan dibuka pada triwulan I tahun 2023, untuk kapannya mohon ditunggu," kata Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Kurniasih Suditomo, kepada awak media di Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.

Dia pun menganalogikan pendaftaran akun Kartu Prakerja seperti mendaftar akun di e-commerce. Di mana sebelum konsumen bisa berbelanja di e-commerce tersebut harus terlebih dahulu memiliki akun. Dengan skema normal, calon penerima Kartu Prakerja harus mendaftar untuk gabung gelombang.

"Saya analogikan, kalau kita mau belanja sesuatu di e-commerce kita harus log in dulu buat bisa menjadi bagian dari platform itu agar bisa mendapatkan manfaatnya. Pendaftaran akun di Kartu Prakerja itu seperti log in di e-commerce," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan Dukcapil

Jika calon penerima Kartu Prakerja sudah mendaftar dan membuat akun, tahap selanjutnya Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja akan melakukan validasi NIK. Tujuannya untuk memastikan calon peserta benar-benar menggunakan data yang valid dan tidak menggunakan NIK milik orang lain.

"Kalau sudah punya akun dan mendaftarkan NIK-nya, karenakan yang namanya NIK itu harus dicek dulu ke Dukcapil untuk memastikan orangnya benar apa tidak, jangan-jangan KTP orang lain. itu kan harus dijegal yang seperti itu. Cara menjegalnya kami ada koneksi dengan Dukcapil," ujarnya

Selain kerjasama dengan Dukcapil untuk memvalidasi data calon penerima Kartu Prakerja, program ini juga menggunakan teknologi yang canggih untuk mendeteksi wajah pemilik NIK yang mendaftar akun. Jika data calon penerima sudah cocok, maka bisa lanjut ke tahap 'gabung gelombang'.

"Ada beberapa teknologi yang bisa diterapkan ada live muka ditangkap dan harus gerak-gerak sedikit itu untuk memastikan NIK sama dengan yang daftar, jangan sampai nomor KTP orang lain dipake orang lain. Setelah semua itu lolos dan cocok namanya barulah dinyatakan sebagai pemilik akun Prakerja," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Program Kartu Prakerja Gelombang 48

Apabila calon penerima Kartu Prakerja telah memiliki akun, mereka bebas gabung gelombang berkali-kali selama belum pernah lolos. Dia pun menegaskan, untuk pendaftaran akun dibuka 24 jam. Sementara, untuk pembukaan gelombang nanti ada batasnya.

"Segera daftar dari sekarang, nanti pada saatnya kita umumkan di instagram bahwa kita siap untuk buka gelombang silahkan ikut tinggal gabung gelombang. Pemilik akun Kartu Prakerja, pada saat Prakerja buka gabung gelombang tinggal ikut mau gelombang yang mana untuk seleksi, kalau tidak gabung gelombang ya diem saja gak akan pernah dapat, karena kalau tidak pernah ikut seleksi gak akan dapat," pungkasnya.

Program Kartu Prakerja tahun 2023 atau gelombang 48 telah dibuka pada Jumat, 3 Februari 2023. Pendaftaran Prakerja 2023 bisa dilakukan secara online melalui laman prakerja.go.id.

Sebelum mendaftar atau membeli pelatihan, para calon peserta baiknya mengetahui bahwa hanya ada 6 mitra resmi pembayaran untuk Kartu Prakerja.

"HATI-HATI jika ada pihak-pihak yang megatasnamakan sebagai tim Kartu Prakerja dan melakukan sosialisasi maupun pendaftaran secara offline di lingkungan sekitar kamu!," dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Kartu Prakerja, @prakerja.go.id, Senin (6/2/2023). 

Kartu Prakerja mengingatkan, jika ada institusi lain mengatasnamakan sebagai mitra pembayaran Kartu Prakerja maka sudah pasti "Penipuan".

6 mitra resmi pembayaran Kartu Prakerja adalah sebagai berikut : 

  • BNI
  • BCA
  • OVO
  • Gopay
  • LinkAja
  • Dana

 

4 dari 4 halaman

Pendaftaran Kartu Prakerja

Ingat, pendaftaran Kartu Prakerja hanya dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut : 

 

  • Hanya dapat dilakukan online secara mandiri melalui website www.prakerja.go.id. 
  • Tidak ada proses pendaftaran offline menggunakan formulir dan sebagainya. 
  • Tidak memerlukan pengumpulan data berupa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, dan dokumen lainnya. 
  • Tidak memungut biaya sama sekali.  
  • Tidak mengharuskan membuka rekening tertentu dengan menyetorkan saldo dalam jumlah tertentu. 
  • Tidak ada yang dapat menjanjikan dan menjamin kelolosan pendaftaran gelombang Kartu Prakerja. 

Pihak Kartu Prakerja juga mengingatkan bahwa Manajemen Pelaksananya tidak pernah menurunkan tim atau bearfiliasi untuk melakukan pendaftaran secara luring (offline) di sebuah desa, kelurahan, kecamatan, kota, kabupaten, maupun provinsi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.