Sukses

Top 3: Cara dan Syarat Membuat KTP Digital

Artikel mengenai KTP digital ini menjadi berita yang banyak dibaca

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengenalkan aplikasi baru yang bisa digunakan sebagai identitas elektronik, namanya KTP Digital. 

Dirjen Zudan Arif Fakrulloh menyatakan Mendagri Tito Karnavian selalu mendorong jajaran Dukcapil terus meningkatkan kualitas pelayanan publik terkhusus di bidang administrasi kependudukan.

Caranya dengan bertransformasi dari pelayanan dokumen secara manual ke pelayanan digitalisasi data kependudukan.

Artikel mengenai KTP digital ini menjadi berita yang banyak dibaca. Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (14/2/2023):

1. Cara Membuat KTP Digital, Beserta Syaratnya

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengenalkan aplikasi baru yang bisa digunakan sebagai identitas elektronik, namanya KTP Digital. 

Dirjen Zudan Arif Fakrulloh menyatakan Mendagri Tito Karnavian selalu mendorong jajaran Dukcapil terus meningkatkan kualitas pelayanan publik terkhusus di bidang administrasi kependudukan. Caranya dengan bertransformasi dari pelayanan dokumen secara manual ke pelayanan digitalisasi data kependudukan.

"Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)  merupakan salah satu puncak lompatan transformasi digital di Dukcapil, setelah layanan adminduk online, tanda tangan elektronik, dan cetak mandiri dokumen kependudukan oleh masyarakat," ucap Dirjen Zudan.

Identitas digital saat ini sudah diterapkan di 514 kabupaten/kota, sehingga masyarakat akan sangat dimudahkan, semua layanan publik bisa diakses dari smartphone dan tidak perlu lagi memegang KTP-el secara fisik.

Baca berita selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Daftar 10 Gedung Tertinggi di Indonesia, Nomor 1 Bakal Tergeser

Gama Tower saat ini menduduki peringkat pertama gedung tertinggi di Indonesia. Gedung ini memiliki 64 lantai dengan ketinggian mencapai 285,5 meter.

Namun posisi Gama Tower sebentar lagi akan tergeser. Pasalnya, PT Taspen (Persero) sudah memulai pembangunan gedung pencakar langit ramah lingkungan di kawasan Sudirman, Jakarta.

Dalam proyek ini akan memiliki 2 gedung yang menelan dana Rp 10,6 triliun. Dua gedung pencakar langit dengan tinggi lebih dari 340 meter akan dibangun di lahan seluas 3,3 hektar milik PT Taspen. Salah satu gedung akan memiliki 65 lantai, dan gedung lainnya memiliki 74 lantai yang menjulang tinggi.

Direktur Utama Taspen A. N. S. Kosasih pelaksanaan proyek ini menggandeng perusahaan properti asal Jepang, Mitsubishi Estate Co. dan PT Benhil Property. Pihak Taspen sendiri diwakili oleh PT Taspen Property.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Link Bocoran Materi Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Teknis 2022

Pelamar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK tenaga teknis 2022 akan menghadapi ujian kompetensi pada 10 Maret sampai dengan 3 April 2023 mendatang.

Meski masih beberapa bulan lagi, tak ada salahnya jika peserta mempelajari kisi-kisi materi seleksi kompetensi PPPK teknis 2022 agar bisa lulus dan menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Adapun kisi-kisi ujian CAT PPPK teknis ini dibocorkan melalui surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menteri PANRB Nomor B/275/M.SM.01.00/2023 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2022.

Jadi, setelah proses seleksi administrasi, pelamar akan menghadapi tahap selanjutnya yaitu ujian kompetensi dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT. Seleksi ini dilakukan demi mewujudkan PPPK yang profesional, kompeten, dan melayani.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini