Sukses

Respons Lion Air Usai Heboh Tentara China di Bandara Naik Pesawat Lion

Liputan6.com, Jakarta - Viral video di media sosial Twitter yang menyebutkan tentara China berseragam lengkap yang tiba di bandara.

 Akun twitter @Mencaricinta99 menulis tentara China telah masuk Indonesia dengan seragam lengkap. Video yang diunggah akun tersebut berdurasi 25 detik dan menunjukkan sekitar puluhan tentara berbaris dengan membawa tas dan memakai topi. Saat itu tentara tersebut di bandara pada malam hari dan dekat dengan pesawat Lion Air.

"Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran...... Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap² saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata² Cina / Pengkhianat bagi Negeri ini.!!!*Mentri Pertahannya bahkan tidak merasakan bahaya ??," demikian narasi dalam video tersebut.

Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menuturkan, penerbangan tersebut bukan membawa penumpang seperti yang dibicarakan dan ditanyakan pada perkembangan video.

"Penerbangan tersebut bukan membawa penumpang seperti yang ditanyakan atau dibicarakan pada perkembangan video. Penerbangan dimaksud adalah rute domestik yang terjadi pada 28 dan 31 Desember 2022,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Jumat (3/2/2023).

Sementara itu, mengutip Kanal News Liputan6.com, Dansat Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menjelaskan bahwa video puluhan tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua.

"Intinya, pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi satgas Damai Cartenz Papua," kata Mulyadi saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat, 3 Februari 2023.

Sehingga narasi dalam unggahan di media sosial yang menarasikan tentara China adalah salah. Karena, mereka adalah pasukan Brimob yang tiba di bandara sekitar Januari 2023.

"(Kejadian) sekitar Januari 2023," singkatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Nyeleneh Warganet

Beragam komentar kocak dan nyeleneh pun dilontarkan oleh warganet terkait video viral tentara China masuk Indonesia pakai pesawat Lion Air.

Berikut adalah rangkuman yang tim Liputan6.com kumpulkan, Jumat (3/2/2023), dari berbagai akun di Twitter.

"Ini adalah momen pemberangkatan Satgas Brimob ke Papua. Kejadian 4 bln yg lalu pasukan Brimob landing Aplos Pamrahwan Papua menggunakan pesawat carter Lion Air," cuit @tukang****

"Anj** emang cina gak punya kapal selam ya? Kok bisa menjajah pakai Lion air 😂 😅," kata @Afif58****

"Kek mana pulak tentara cina naik lion air 😅," ucap @ezra****

"Ngejajah kok pake Lion Air wkwkwk," kata @Iqbal_****.

Sedangkan akun @Olio**** berkomentar, "Itu tentaranya naik lion air kah? Setauku naik pesawat militer khusus. Apa lion air sedang ada promo?"

"Kan katanya mau menjajah Indonesia.Kok make Pesawat Lion air .Benar benar lucu dagelannya Mak," posting @Nanda****

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

 

 

3 dari 4 halaman

Beredar Juga di Facebook

Selain di Twitter, video ini juga sempat beredar di Facebook pada 2 Februari 2023.

Tim Cek Fakta Liputan6.com pun melakukan penelusuran terhadap video yang viral tersebut. Berikut ini penjelasannya.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google dan Yandex.

Namun tidak ditemukan gambar identik dari video tersebut. Jika diperhatikan lebih detail, video tersebut menampilkan pasukan berseragam hijau kecoklatan mirip seragam Brimob Polri.

Contoh seragam tersebut bisa dilihat pada foto di artikel berjudul "Brimob Kirim Enam Polwan ke Papua, Berharap Pulang Lengkap" dari situs cnnindonesia.com.

Liputan6.com juga menemukan video identik yang diunggah akun Twitter @bangbiembiem yang diunggah pada 2 Februari 2 Februari 2023. Pada video tersebut terlihat ada sejumlah personel Brimob turun dari truk Polisi sambil memindahkan barang-barang.

Pada video juga terlihat suasana di dalam bandara, lengkap dengan pesawat Lion Air di belakang personel Brimob.

Penelusuran juga dilakukan dengan menghubungi Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro. Namun, hingga berita ini dimuat, pihak Lion Air belum memberikan keterangan.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim tentara China masuk ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Lion Air ternyata tidak benar. Faktanya, sejumlah orang dalam video tersebut bukan tentara China, melainkan personel Brimob Polri. Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.