Sukses

Banyak Kejadian Mengecewakan, Miliarder Bill Gates Yakin Kehidupan Masa Depan Jauh Lebih Baik dari Sekarang dan Masa Lalu

Dunia ini memang penuh dengan kejadian yang mengecewakan, catat Gates.

Liputan6.com, Jakarta Bill Gates menghabiskan banyak waktunya untuk membunyikan peringatan atas ancaman global yang ada, seperti perubahan iklim dan pandemi di masa depan.

Namun, miliarder Microsoft co-founder itu mengatakan bahwa dia masih “sangat optimis” tentang masa depan umat manusia di bumi. Bahkan dengan tantangan yang dihadapi generasi sekarang dan masa depan, Gates mengatakan siapa pun yang lahir dalam beberapa dekade mendatang akan lebih baik daripada orang yang lahir pada titik sejarah sebelumnya.

“Saya masih sangat optimis bahwa akan jauh lebih baik untuk dilahirkan 20 tahun dari sekarang, 40 tahun dari sekarang, 60 tahun dari sekarang daripada di masa lalu,” kata Gates dalam sebuah wawancara di Lowy Institute seperti dilansir CNBC, Kamis (27/1/2023).

Dunia ini memang penuh dengan kejadian yang mengecewakan, catat Gates. Peristiwa itu seperti respons global yang tidak memadai terhadap pandemi Covid-19, kegagalan pemerintah untuk memenuhi tujuan yang dinyatakan untuk mengatasi perubahan iklim, dan meningkatnya polarisasi politik di AS

Pada bulan Oktober, jajak pendapat Gallup menemukan bahwa hanya 42 persen orang Amerika yang percaya bahwa remaja saat ini memiliki “standar hidup yang lebih baik” daripada orang tuanya.

Angka itu 18 poin persentase lebih rendah dari 2019 dan berada pada tingkat optimisme terendah dalam kira-kira tiga dekade berdasarkan jajak pendapat serupa di masa lalu, menurut Gallup.

Akan tetapi, Gates berkata, “Sangat mudah untuk mendapatkan pandangan yang lebih negatif dari beberapa tren ini daripada yang benar-benar adil, dalam pandangan saya.”

Gates menunjuk pada kemajuan dalam kesehatan masyarakat, mencatat bahwa angka kematian global untuk anak di bawah usia lima tahun telah berkurang setengahnya selama dua dekade terakhir.

“Jumlah inovasi yang untuk perbaikan kondisi manusia secara keseluruhan masih akan sangat dramatis. Kami akan menyembuhkan obesitas, kami akan menyembuhkan kanker, kami akan memberantas polio,” kata Gates.

Selain itu, Gates juga memuji potensi teknologi energi ramah lingkungan yang murah dan efektif dalam beberapa tahun terakhir, dan kemajuan teknologi yang memungkinkan tenaga pendidikan dan kesehatan memiliki jangkauan yang lebih luas ke seluruh dunia.

“Jumlah IQ di dunia yang dididik, kualitas alat yang kita miliki untuk mendorong inovasi kita, apakah itu di bidang kesehatan atau energi atau pendidikan, itu adalah hal yang luar biasa,” ujar Gates.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Jauh Lebih Baik

Melihat lebih jauh ke belakang ke dalam sejarah, jelas bahwa segala sesuatunya terus menjadi lebih baik, tambahnya.

“Perkecil dan katakan ‘OK, di mana kita 300 tahun yang lalu?’” Gates bertanya, mencatat bahwa umur rata-rata manusia telah meningkat pesat selama tiga abad terakhir. Pada tahun 1700, rata-rata orang meninggal sebelum mencapai usia 40 tahun. Sementara harapan hidup hari ini di AS mencapai 76,1 tahun .

“Tidak masalah apakah Anda seorang raja atau orang miskin, Anda akan mengalami kematian bayi yang sangat besar dan tingkat melek huruf yang sangat rendah,” kata Gates. “Jadi, ruang lingkup inovasi manusia dari waktu ke waktu ... adalah cerita yang fenomenal.”

Komentar Gates menggemakan sentimen serupa yang diungkapkan tahun lalu oleh sesama miliarder Charlie Munger, yang menyesalkan apa yang dia lihat sebagai orang yang kurang bahagia hari ini daripada saat mereka berada di masa yang lebih sulit.

“Semua orang lima kali lebih baik dari sebelumnya,” bantah Munger.

Inovasi tidak dijamin memiliki hasil yang positif, kata Gates. Evolusi teknologi dan ilmiah dapat menghasilkan kemajuan yang berbahaya, seperti senjata nuklir atau bioterorisme.

“Modernitas juga memiliki beberapa risiko,” katanya. “Tapi, secara keseluruhan, saya sangat optimis.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.