Sukses

Profil Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo, Pengganti Silmy Karim

Keputusan pergantian Direktur Utama Krakatau Steel ini tertuang dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB)

Liputan6.com, Jakarta Kursi Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk kini diduduki Purwono Widodo. Dia menggantikan Silmy Karim yang telah resmi menjadi Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham di awal Januari 2023 lalu.

Keputusan pergantian Direktur Utama Krakatau Steel ini tertuang dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang digelar perseroan pada 18 Januari 2023. Sebelumnya, dia juga menjadi Plt Direktur Utama Krakatau Steel saat posisi tersebut ditinggal Silmy Karim.

Ternyata, Purwono bukan orang baru di lingkungan perusahan pengolahan baja ini. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha Krakatau Steel.

Perjalanan karirnya, dia diangkat sebagai Direktur Pemasaran pada RUPST tahun buku 2016 yang dilaksanakan 29 Maret 2017.

Kemudian pada RUPLSB tahun 2018 yang dilaksanakan pada 6 September 2018, terjadi perubahan nomenklatur jabatan Direktur Pemasaran menjadi Direktur Komersial.

Kemudian dia dialihtugaskan menjadi Direktur Pengembangan Usaha pada RUPSLB tahun 2020 yang dilaksanakan tanggal 24 November 2020.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha Perseroan, Purwoni sempat menjabat sebagai General Manager Pemasaran PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (2004-2006), General Manager Penjualan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (2006-2008).

Kemudian, Direktur Komersial PT KHI Pipe Industries (2008-2013), Direktur Utama PT KHI Pipe Industries (2013-2017), Direktur Pemasaran PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (2017-2018) dan Direktur Komersial PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (2018-2020).Saat ini, Purwono juga merangkap jabatan sebagai Presiden Komisaris di PT Kerismas Witikco Makmur.

Di sisi pendidikan, Purwono mendapat gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung pada 1986. Kemudian melanjutkan studinya untuk mendapat gelar magister Manajemen Internasional dari Universitas Indonesia pada 1997.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirut Baru Krakatau Steel

Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk pengganti Silmy Karim diposisi Direktur Utama Krakatau Steel. Dia menunjuk Purwono Widodo untuk memimpin perusahaan.

Penunjukan ini menjadi salah satu hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Krakatau Steel yang digelar 18 Januari 2023 di Gedung Krakatau Steel.

Purwono Widodo diangkat sebagai Direktur Utama menggantikan Silmy Karim yang awal Januari 2023 dilantik menjadi Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI. Perseroan juga mengangkat dua nama baru dalam jajaran direksi, yaitu Direktur SDM Sriyani Puspa Kinasih dan Direktur Pengembangan Usaha dan Portofolio Agus Nizar Vidiansyah.

Dua direksi dengan nomenklatur baru yaitu Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Tardi serta Direktur Infrastruktur dan Penunjang Bisnis Djoko Muljono. Perseroan juga mengangkat Komisaris Isfan Fajar Satryo dan Komisaris Independen Yudha Mediawan.

“Kami yakin dengan kepengurusan yang baru Krakatau Steel dapat terus meningkatkan kinerjanya dan membawa Krakatau Steel menjadi lebih baik lagi,” ujar Corporate Secretary Krakatau Steel Pria Utama dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Informasi, RUPS LB dibuka oleh Komisaris Utama Krakatau Steel Suhanto selaku pimpinan rapat. RUPS LB ini juga dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Mineral & Batu Bara Kementerian BUMN RI Heri Purnomo mewakili pemerintah selaku Pemegang Saham Seri A Dwiwarna.

“Pada RUPS LB ini dibahas dua agenda rapat, yaitu agenda pertama terkait laporan perkembangan transformasi bisnis dan pelaksanaan program inisiatif strategis lanjutan serta agenda ke-dua yaitu persetujuan perubahan susunan pengurus Perseroan termasuk perubahan nomenklatur jabatan direksi Perseroan,” jelas Pria.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Direksi dan Komisaris

Perubahan susunan pengurus Perseroan termasuk perubahan nomenklatur jabatan anggota direksi Perseroan dalam rangka restrukturisasi dan holding Perseroan sehingga susunan kepengurusan Perseroan menjadi sebagai berikut:

Komisaris

 

Komisaris Utama: Suhanto

Komisaris: Yudha Mediawan

Komisaris: I Gusti Putu Suryawirawan

Komisaris Independen: Isfan Fajar Satryo

Komisaris Independen: David Pajung

Komisaris Independen: Tjuk Agus Minahasa

Direksi

Direktur Utama: Purwono Widodo

Direktur SDM: Sriyani Puspa Kinasih

Direktur Keuangan & Manajemen Resiko: Tardi

Direktur Komersial: Melati Sarnita

Direktur Infrastruktur & Penunjang Bisnis: Djoko Muljono

Direktur Pengembangan Usaha & Portofolio: Agus Nizar Vidiansyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini