Sukses

Cara Tepat Kelola Pengeluaran Agar Keuangan Seimbang dan Anti Boros

Ketika kamu dapat memanfaatkan uang dari pendapatan dengan bijak, tentunya hidup akan jauh lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru akrab dengan yang namanya resolusi baru. Jika bicara soal resolusi, pasti setiap orang punya harapan dan tujuan yang berbeda. Mulai dari bikin bisnis baru, berinvestasi, beli mobil atau rumah, dan masih banyak lagi.

Tapi untuk mencapai tujuan itu, memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Artinya, kamu harus menggunakan uang dengan baik yang sebenarnya lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan. Ketika kamu dapat memanfaatkan uang dari pendapatan dengan bijak, tentunya hidup akan jauh lebih mudah.

Nah, ngomong-ngomong memanfaatkan uang bijak, tentunya hal ini dapat dijadikan resolusi finansial alias financial plan yang baik loh! Kamu hanya perlu ingat, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Lalu sebenarnya, gimana sih cara tepat mengelola pengeluaran, agar keuangan tetap seimbang dan anti boros?

1. Catat Kebutuhan Bulanan

Jika sebelumnya kamu adalah tipe orang yang konsumtif, mulai dari sekarang cobalah untuk menahan untuk mengeluarkan uang dengan percuma. Caranya dengan mencatat kebutuhan bulan. Usahakan jangan ambil produk atau barang yang memang nggak kamu butuhkan. Think twice before you buy dan fokus pada kebutuhan!

2. Siasati Gaya Hidup

Ingatlah kalau materi bukan tolak ukur kekayaan. Kamu nggak perlu beli barang branded, jika memang sebenarnya kondisi finansialmu pas-pasan. Itu karena kebanyakan orang membeli barang dengan brand tertentu, untuk membuat orang lain terkesan. Itu kalau soal penampilan.

Selain itu, mulailah meminimalisir untuk makan di luar jika memang dirasa costly. Ada baiknya kamu membeli sayuran di pasar, kemudian diolah sendiri. Selain lebih murah, memasak sendiri di rumah juga terjamin kebersihannya, loh!

3. Disiplin Nabung

Setelah melakukan dua poin di atas, pasti ada uang yang tersisa. Nah, kamu dapat menyimpan atau menabungnya untuk mencapai target atau keinginanmu di tahun mendatang.

Jika kamu ingin menggunakan uang tersebut untuk diinvestasikan, tentu akan lebih menguntungkanmu. Yup, kamu dapat merasakan impact-nya di masa depan. Nah, kamu dapat mencoba deposito atau membeli reksa dana pasar uang.

Pengelolaannya pun dapat dilakukan dengan mudah dan terpantau jelas. Maka dari itu, rekomendasi pengelolaan keuangannya dengan mengandalkan M2U ID App dari Maybank Indonesia.

Jangan khawatir, di era modern dan digital ini sudah tidak lagi susah ataupun ribet untuk memantau dan mengelola keuangan kamu. Karena sekarang kamu bisa mengelola seluruh keuangan kamu dengan mengandalkan fitur 360 Digital Wealth di M2U ID App dari Maybank Indonesia.

Untuk memantau dana tersebut, kamu dapat mengandalkan M2U ID App dari Maybank Indonesia yang memiliki fitur baru, yaitu 360 Digital Wealth. Fitur tersebut akan memberikan gambaran terhadap kondisi aset keuanganmu sebagai nasabah.

Dengan mudah kamu dapat mengatur seberapa besar dana yang ditabung dan disisihkan untuk keperluan sehari-hari. Sederhananya, melacak semua pengeluaran kamu mulai dari transaksi tunai, QRIS, kartu debit, hingga kartu kredit dan pembayaran pinjaman.

Selain itu, fitur 360 Digital Wealth juga menyediakan serangkaian pilihan portofolio investasi, seperti reksadana, instrumen pasar modal, properti, pinjaman seperti Kartu Kredit, KPR dan lainnya.

Untuk menggunakan fitur 360 Digital Wealth, kamu bisa mengunduh aplikasi M2U ID melalui App Store dan Play Store. Informasi lebih lanjut, klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.