Sukses

Inilah 10 Pekerjaan Digadang-gadang Kebal Resesi di 2023

Banyak yang merasa khawatir akan menjadi korban PHK selanjutya atau mendapat pemotongan gaji dari perusahaan tempatnya bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Dengan inflasi yang melonjak, pasar saham yang menggelepar, dan PHK yang melanda beberapa industri, membuat masa depan pasar kerja tidak pasti.

Banyak yang merasa khawatir akan menjadi korban PHK selanjutya atau mendapat pemotongan gaji dari perusahaan tempatnya bekerja.

Menurut payscale yang dilansir dari laman CNBC, Selasa (10/1/2023), memang tidak ada pekerjaan yang benar-benar kebal terhadap pukulan angin secara ekonomi tapi peran tertentu diajukan untuk bisa mendapatkan tarif yang lebih baik daripada yang lainnya selama potensi penurunan ekonomi di tahun 2023.

 

Dalam menentukan peringkatnya ini Payscale melihat data gaji lebih dari 1,1 juta pekerja Amerika Serikat di situs webnya yang diposting antara 2021 dan 2022.

Tidak hanya itu, penelitian juga melihat tingkat perekrutan dan pemberhentian untuk lusinan pekerjaan dari Biro Statistik Tenaga Kerja.

Pekerjaan ini dapat dianggap “tahan resesi” terutama karena pertumbuhan upah dua digit mereka selama 12 bulan terakhir. Bahkan dalam beberapa posisi menghasilkan hingga 30% lebih banyak dari tahun lalu.

Perusahaan menghabiskan lebih banyak untuk mengisi peran ini karena kelangkaan tenaga kerja dan persaingan yang meningkat.

Diharapkan pekerjaan ini akan terus menjadi permintaan tinggi bahkan jika resesi akan terjadi pada tahun 2023 ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Daftar Kerja

Daftar tersebut mencakup campuran pekerjaan layanan penting dan peran kantoran yang masih terguncang setelah pandemi dengan pelayan dan pramusaji berada pada posisi teratas.

Hal ini karena restoran masih berjuang untuk meregenerasi tenaga kerja mereka.Bagi anda yang berpikir untuk segera beralih pekerjaan, Anda harus sangat berhati-hati dalam pencariannya.

Maksudnya adalah sebaiknya jangan tinggalkan atau ambil pekerjaan kecuali jika anda sudah benar-benar yakin bahwa anda punya sesuatu yang aman yang menunggu anda di sisi lain. Jadi ini bukan waktunya untuk mengacak pekerjaan.

Berikut adalah 10 pekerjaan paling “tahan resesi” yang menawarkan keamanan kerja yang kuat selama kemerosotan ekonomi, berdasarkan penelitian Payscale.

1. Waiters

2. Bankir swasta

3. Direktur media

4. Polisi, petugas pemadam kebakaran atau petugas ambulans

5. Konsultan penjualan

6. Microbiologist

7. Pemasaran dan pengembangan bisnis

8. Direktur

9. Pekerja di dermaga

10. Teknisi elektromardiogram

 

Penulis: Nita Suci Lydiarti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.