Sukses

Singapura Buka Lowongan Kerja Tenaga Kesehatan, Siapa Minat?

Pemerintah Indonesia menjajaki kerja sama penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin bekerja di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia menjajaki kerja sama penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin bekerja di Singapura. Peluang kerja baru yang dibutuhkan Singapura saat ini, berupa tiga jabatan di sektor kesehatan pada pemberi kerja berbadan hukum yaitu, healthcare assistant (HCA), enrolled nurse (EN) dan registered nurse (RN).

"Saat ini, terdapat permintaan riil berupa job order untuk tiga jabatan sektor kesehatan yang akan bekerja pada pemberi kerja berbadan hukum, yakni di Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan milik Singapura. Job order tersebut telah diverifikasi di KBRI Singapura, " ujar Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Suhartono melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Ditegaskan Suhartono, selama ini ketiga jabatan sektor kesehatan tersebut belum banyak diisi oleh Pekerja Migran Indonesia, karena kandidat sekurang-kurangnya harus mengenyam pendidikan kesehatan di Sekolah/Universitas di Singapura atau kandidat lulus Singapura Nursing Board (SBN) Exam.

Selama ini pula, lanjut Suhartono, belum ada proses rekrutmen yang masif bagi tenaga kesehatan Indonesia untuk bekerja di Singapura.

Dalam upaya membuka potensi penempatan jangka panjang, melalui Staf Teknis Tenaga Kerja KBRI Singapura, Kemnaker memfasilitasi diskusi antara Ministry of Health Holding (MoHH) dan Singapore Nursing Board dengan Konsil Keperawatan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Kementerian Kesehatan di Kemnaker pada Selasa (13/12/2022).

"Hingga saat ini, Agensi telah menjalin kerja sama dengan tiga P3MI dan Agensi menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan lebih banyak P3MI, " ujarnya. Selain itu, pada tanggal 14 Desember 2022, untuk pertama kalinya akan dilaksanakan SNB Exam di Indonesia.

Suhartono menambahkan Singapura diperkirakan membutuhkan 24.000 orang tenaga kesehatan hingga tahun 2030, sehingga Singapura harus terbuka terhadap tenaga kesehatan asing.

Singapura memerlukan tenaga kesehatan asing untuk dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di negaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Ciri Lowongan Kerja Luar Negeri Palsu, Waspada!

Bagi sebagian orang memiliki pekerjaan di luar negeri adalah suatu impian, terutama yang masih di umur muda. Tentu selain menambah pengalaman, ada keuntungan lain yang bisa dinikmati.

Diantaranya, gaji yang lebih besar, bahkan bisa sambil jalan-jalan di luar negeri. Maka heran kalau banyak orang yang berusaha mencari cara agar bisa bekerja di luar negeri. Namun, tetap harus waspada ketika mencari lowongan kerja ke luar negeri.

Dilansir dari Kementerian Ketenagakerjaan membagikan lima ciri lowongan kerja ke luar negeri palsu, yang harus kamu waspadai dan jika bisa dihindari.

"Perhatian, jangan tertipu! Berikut beberapa ciri lowongan kerja luar negeri palsu yang harus Rekanaker waspadai,"dilansir Liputan6.com dari akun @kemnaker, Senin (12/12/2022).

1. Kredibilitas perusahaan diragukan

Akun media sosial milik perseorangan yang tidak terdaftar sebagai pelaksana penempatan. Selain itu, penting untuk memastikan perusahaan memiliki badan hukum dan izin terkait.

2. Gaji fantastis

Iming-iming proses cepat dan mudah namun gaji fantastis. Pikirkan bahwa tawaran gaji harus logis atau tidak bombastis dan syarat sesuai prosedur.

3. Bukan visa kerja

Berangkat tidak menggunakan Visa kerja melainkan Visa kunjungan atau wisata atau visa ziarah.

4. Meminta sejumlah uang

Memalsukan dokumen-dokumen data diri bahkan sudah memungut biaya pendaftaran kepada calon pekerja.

5. Tidak ada kontrak kerja

Kontrak kerja tidak jelas bahkan tidak ada dari awal sebelum calon pekerja berangkat. Jika terdapat kontrak, maka kamu harus mempelajari isi kontrak secara seksama atau memiliki kontrak yang jelas mengenai hak dan kewajiban.

Selain itu, kamu harus mengecek ke dinas tenaga kerja di wilayahmu terkait info lowongan kerja tersebut.

3 dari 4 halaman

Ekonomi Sirkular Bakal Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru hingga 2030

Circular economy atau ekonomi sirkular adalah peluang bisnis saat ini, menurut Guru Besar Fakultas Ekodapat mendorong 4,4 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2030,nomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, sekaligus mantan Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro. Bambang Brodjonegoro meyakini, melalui cara tersebut, dapat tercipta dapat 4,4 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2030.

Bambang Brodjonegoro, yang juga merupakan Chairman Board of Trustee National Center Sustainability Report (NCSR), dalam sambutannya di acara penganugerahan Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022, yang digelar di Jakarta menuturkan bahwa Transisi ke ekonomi sirkular, akan meningkatkan (produk Domestik Bruto) PDB Indonesia sebesar Rp 593 – 638 triliun atau setara dengan 2,3-2,5 persen PDB pada tahun 2030.

“Kami berharap kedepannya, korporasi dapat menciptakan circular economy karena ini adalah peluang bisnis saat ini. circular economy tidak hanya sekedar program melalui kegiatan CSR atau charity, tetapi menjadi bagian dari model bisnis baru. Hal ini dapat mendorong 4,4 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2030," kata dia, dikutip Senin (28/11/2022).

"Transisi ke circular economy akan meningkatkan (produk Domestik Bruto) PDB Indonesia sebesar Rp 593 – 638 triliun atau setara dengan 2,3 – 2,5 persen PDB pada tahun 2030. Dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah, perusahaan, masyarakat sipil, lembaga keuangan dan organisasi penelitian," ujarnya.

Ekonomi sirkular merupakan pendekatan sistem ekonomi melingkar, dengan memaksimalkan kegunaan dan nilai tambah dari suatu bahan mentah, komponen, dan produk, sehingga mampu mereduksi jumlah bahan sisa yang tidak digunakan dan dibuang ke tempat pembuangan akhir. 

4 dari 4 halaman

KTT G20 Serap 33 Ribu Lapangan Kerja Baru

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali pada 15-16 November memberikan sumbangan ke perekonomian nasional USD 533 juta atau Rp 7,4 triliun. Selain itu, KTT G20 juga menyerap lebih dari 33 ribu lapangan kerja baru.

"(KTT) G20 ini merupakan momen kebangkitan ekonomi dan kebanggaan dari bangsa kita," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

KTT G20 juga berdampak positif terhadap perekonomian Bali. Hal ini ditandai dengan meningkatnya okupansi hotel di kawasan Nusa Dua meningkat hingga 70 persen.

"Kami prediksi hingga akhir tahun 2022 tingkat okupansi hotel di Bali tetap tinggi terutama memasuki masa liburan nataru (natal dan tahun baru) yang rata-rata (angka kedatangannya) mencapainya 24 ribu per hari," katanya.

Oleh karena itu, ia mengungkapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang turut serta menyukseskan pelaksanaan KTT G20 di Bali.

"Saya ucapkan terima kasih untuk semua yang telah memberikan sumbangsih terbaik bagi kontribusi terbaik Indonesia sebagai sebuah bangsa yang sangat diperhitungkan dan mampu mencetak sebuah prestasi menjadi host yang sukses untuk KTT G20," ungkap Sandiaga.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.