Sukses

Jadi PSN, Kepulauan Seribu Kembangkan Destinasi Wisata Kelas Dunia

 

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar acara “Kepulauan Seribu Travel Fair” dibeberapa lokasi Mall di Jabodetabek. Tak hanya itu, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mempromosikan Pulau Seribu sebagai Kawasan Strategis Nasional.

Setelah ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), Kepulauan Seribu terus mengembangkan sayapnya dengan membuat Grand Desain “Negeri Seribu Pulau” yang rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2023 mendatang.

“Kami ingin memperkenalkan pulau seribu yang memiliki kekayaan alam yang kedepannya kepulauan seribu lebih maju dan lebih terkenal. Makanya saya membuat Grand Desain kawasan negeri 1000 pulau, menjadi Maldivesnya indonesia,” kata Junaedi Bupati Kepulauan Seribu, di Depok Town Square, Jumat (2/12/2022).

Junaedi mengatakan, pemerintah pusat melihat potensi Kepulauan Seribu untuk berkembang kedepannya. Junaedi juga menginginkan Jakarta mempunyai destinasi wisata kelas dunia melalui Kepulauan Seribu.

“Karena potensi itu mengurangi kesenjangan antara pulau dengan daratan, juga peluang tenaga kerja terserap, serta peluang bisnis,” tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Promosi

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Puji Hastuti mengatakan terus melakukan upaya-upaya promosi untuk memajukan pariwisata di Kepulauan Seribu.

“Kita melakukan upaya-upaya kita lakukan baik event-event pameran didalam kota, Jabodetabek, luar kota, yang bertaraf nasional maupun internasional kita ikut serta melalui dinas pariwisata, ini adalah yang tak lain dan tak bukan dengan tujuan meningkatkan wisata ke kepulauan seribu,” ujar Puji.

Sudah merupakan bagian tugas Sudin Pariwisata, kata Puji untuk meningkatkan Pariwisata Kepulauan Seribu serta meningkatkan kembali perekonomian masyarakat di Kepulauan Seribu.

“Sehingga saat ini recovery pasca covid terus kita upayakan dan selanjutnya kita hampir 70 persen kunjungan wisata sudah kembali normal, jadi upaya upaya ini terus kita lanjutkan,” tutur Puji.

3 dari 4 halaman

Mimpi Jakarta Jadikan Kepulauan Seribu Sekelas Bali

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai kebijakan perubahan program strategis nasional (PSN) menjadikan Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Jakarta.  Perubahan kebijakan itu diharapkan bisa menjadikan destinasi wisata di utara Jakarta tersebut tidak kalah dari Bali.

Ia mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga akan bersinergi dengan pemerintah pusat, termasuk dengan pihak swasta, dalam proyek pembangunan di Kepulauan Seribu dalam beberapa tahun ke depan. Tujuannya adalah wilayah kabupaten itu berkembang lebih indah, semakin menarik, terintegrasi dengan lima wilayah kota di daratan Provinsi DKI Jakarta, dan dapat menjadi kawasan wisata berkelas dunia.

"Tak kurang dari Rp94 triliun untuk reklamasi dan sebagainya di Pulau Seribu. Mudah-mudahan kalau ini jadi luar biasa, mungkin menjadi salah satu tempat terbaik di Jakarta untuk dapat dikunjungi pariwisatanya," ucap Riza dalam sambutan di Musyawarah Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) di Putri Duyung Resort, Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu, 10 Agustus 2022, dilansir dari Antara.

Namun, Wagub DKI menyatakan bahwa proses penyelesaian pengembangan wisata Kepulauan Seribu itu butuh waktu. "Ini perlu waktu beberapa tahun ke depan, alhamdulillah proses izinnya mendapat dukungan dari pemerintah pusat untuk kami mulai segera membangun. InsyaAllah, ini akan menjadi suatu proyek yang membanggakan, tidak hanya bagi Jakarta, tapi juga bagi Indonesia," kata Riza.

4 dari 4 halaman

Tekankan Kolaborasi

Dalam kesempatan itu, Riza meminta dukungan dari DPD PUTRI DKI Jakarta yang baru saja menetapkan pergantian ketua periode 2020 – 2024 kepada Agung Praptono dari Taman Impian Jaya Ancol untuk berkolaborasi menyukseskan seluruh destinasi wisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta.

Musda penetapan pergantian Ketua DPD PUTRI DKI Jakarta itu dihadiri 100 peserta yang mengelola sejumlah destinasi wisata unggulan antara lain, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Ismail Marzuki, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, serta beberapa destinasi wisata lainnya dan museum yang berlokasi di Jakarta.

Riza mendorong organisasi kepariwisataan itu berkolaborasi dengan pelaku industri pariwisata untuk menjadikan Jakarta sebagai kota destinasi pariwisata global. Dengan kolaborasi, kehadiran organisasi kepariwisataan seperti PUTRI sangat diperlukan untuk menyusun strategi dan sinergi antar-pelaku wisata melalui paket-paket dengan konsep lebih lama tinggal (long stay).

"Dengan berhimpun di PUTRI, para pelaku pengelola Taman Rekreasi dapat menghindari saling rebutan yang melemahkan. Saya meyakini bahwa wisata bukan zero sum game, semua pihak harus menang dan bersinergi," tutur Riza.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS