Sukses

Kemenhub Kirim Bantuan Lagi ke Kroban Gempa Cianjur, ada Pakaian Bayi hingga Alat Mandi

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban musibah bencana alam gempa Cianjur, Jawa Barat. Bantuan ini terkumpul melalui sebuah aksi yang diberi nama DJPL PEDULI CIANJUR.

Bantuan kemanusiaan gelombang II ini dikoordinir oleh Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Tanjung Priok yang mendirikan posko bantuan di kantornya.

"Kami telah mengirimkan bantuan gelombang II, yang telah terkumpul dari UPT Ditjen Hubla DKI Jakarta dan Stakeholder, untuk para korban gempa di Cianjur pada hari Sabtu kemarin," ujar Kepala KSU Tanjung Priok, Andi Hartono.

Andi mengungkapkan bantuan yang terkumpul telah diserahkanterimakan kepada Brigjen TNI (Mar) Dr Hermanto selaku Komandan Satgas TNI AL Peduli Cianjur di halaman kantor DPRD Cianjur

Andi mengungkapkan bantuan yang diserahkan kali ini berupa sembako, pakaian, kebutuhan bayi, makanan instant, peralatan ibadah, peralatan mandi, perlengkapan tidur, obat-obatan dan kebutuhan lainnya.

"Periode penggalangan bantuan kemanusiaan DJPL peduli ini akan terus dibuka hingga 29 November 2022, sehingga direncanakan secara bertahap akan dilaksanakan pengiriman bantuan kemanusiaan selanjutnya" tutup Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Menhub Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Serahkan Bantuan Makanan hingga Vitamin

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11). Menhub mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada para pengungsi.

“Saya atas nama pribadi dan jajaran Kementerian Perhubungan menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah gempa bumi di Cianjur. Semoga para korban yang meninggal dunia mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar Menhub, Jumat (25/11/2022).

Menhub mengungkapkan, telah menginstruksikan jajarannya untuk memperbaiki fasilitas lalu lintas maupun fasilitas transportasi yang mengalami kerusakan akibat gempa Cianjur. Dalam tinjauannya, Menhub juga mengecek sejumlah fasilitas tenda darurat yang sudah didirikan oleh Kemenhub di lokasi terdampak gempa.

Untuk membantu kelancaran penanganan musibah, Kemenhub telah menyediakan sejumlah fasilitas seperti: Posko siaga 24 jam di Kantor Jembatan Timbang (UPPKB Bojong) yang berfungsi sebagai tempat pengungsian sementara, tempat penyaluran donasi/bantuan logistik, serta pengecekan kesehatan dan pemberian obat-obatan secara gratis (bekerja sama dengan Jasa Raharja).

Posko juga didirikan di di kantor Bupati yang berfungsi sebagai tempat pengungsian sementara. Di posko dan tenda dilengkapi sejumlah fasilitas seperti: genset, lampu emergency, kompor gas, tabung gas, toilet portable, dan BBM.

Selain itu, Kemenhub juga mengirimkan sembilan orang tenaga medis untuk membantu memeriksa kesehatan para korban terdampak gempa.

3 dari 3 halaman

Beri Bantuan

Selanjutnya, Kemenhub juga telah menyerahkan sejumlah bantuan berupa: makanan siap saji, mie instan, minuman, bahan pokok (gula, teh, kopi), pakaian, pampers, pembalut wanita, selimut, bantal, kasur lipat, tikar, terpal, obat-obatan, dan vitamin.

“Seperti disampaikan Bapak Presiden, semua K/L harus bekerja sama dalam membantu penanganan musibah bencana alam. Kita tunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat dengan gotong royong, dan yakin kita mampu menghadapi dan melewati musibah ini bersama-sama,” ujar Menhub.

Menhub berharap, proses evakuasi berjalan lancar dan para korban yang belum ditemukan, dapat ditemukan dalam keadaan selamat. Juga, para petugas evakuasi diberikan kekuatan untuk melaksanakan tugas mulia ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS