Sukses

Kemenhub Kirim Kapal Patroli ke Lokasi Kebakaran Kapal di Selat Bali

Liputan6.com, Jakarta Kapal KMP Mutiara Timur I yang terbakar di sekitar pantai Desa Bunutan, Kabupaten Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022). Kementerian Perhubungan langsung mengirimkan kapal patroli ke lokasi kejadian.

Direktorat Jenderal Perhubungan laut mengerahkan Kapal Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dari Pangkalan PLP Tanjung Perak. Yakni, KNP. Chundamani untuk membantu proses evakuasi kapal KMP Mutiara Timur I.

Direktur KPLP, Capt. Mugen Sartoto mengatakan bahwa para penumpang dan awak kapal KM Mutiara Timur I berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Fokus dari evakuasi selanjutnya adalah memadamkan api kapal KM Mutiara Timur I dan mengevakuasi bangkai kapal.

“Para penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat dan dalam perjalanan ke pelabuhan Tanjung wangi, Banyuwangi, saat ini petugas KPLP di kapal KNP. Chundamani masih menyisir di lokasi kejadian dan terus memantau kondisi terkait keselamatan pelayaran,” jelas Mugen dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Kondisi KM Mutiara Timur I yang terbakar saat ini api di luar sudah berhasil dipadamkan namun masih terlihat titik api di dalam kapal.

“KN. Chundamani masih di lokasi TKP untuk bersiaga karena kondisi bangkai kapal yang terus ke arah TSS Selat Lombok dan berpotensi terhadap keselamatan kapal yang melintas,” kata Mugen.

Diinformasikan sebelumnya pada hari Rabu tanggal 16 November 2022 KM Mutiara Timur 1 mengalami musibah/terbakar pada posisi 08°18'992"LS- 115°40'74"BT, KM Mutiara Timur I dengan rute Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur-Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penumpang Dievakuasi ke Banyuwangi

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 258 penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Timur 1, yang terbakar di perairan Selat Bali, Rabu (16/11/2022) Petang.

Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, ratusan penumpang kapal saat ini sudah dievakuasi ke Kapal Angkatan Laut. Untuk selanjutanya kata Gede, seluruh penumpang kapal dibawa ke Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi.

"Seluruh penumpang kapal sudah terevakuasi dan saat ini sudah dibawa kapal TNI Angkatan Laut ke Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi," ujar Gede Darmada, Rabu (16/11).

Kata Gede, berdasarkan keterangan dari Kapten KMP Mutiara Timur 1, untuk jumlah penumpang dan ABK berjumlah 258 orang, dari sebelumnya terkonfirmasi 271 orang.

"Kami sudah berkomunikasi dengan kapten kapal terkonfirmasi jumlah seluruh penumpang dan ABK mencapai 258 orang yang terdiri dari 24 ABK dan 234 sisanya penumpang. Dan semuanya sudah terevakuasi,"tambah Gede Darmada

Dengan terevakuasi seluru Penumpang dan ABK KMP Mutiara Timur 1, maka operasi SAR Rabu (16/11/2022) malam telah ditutup.

"Semuanya telah terevakuasi maka sejak malam ini operasi SAR terbakarnya KM Mutiara Timur 1 resmi kami hentikan atau ditutup,"pungkas Gede Darmada.

 

3 dari 3 halaman

Terbakar di Selat Bali

Diinformasikan sebelumnya, KMP Mutiara Timur 1 terbakar di Perairan Selat Bali atau persisnya di Perairan Utara Karangasem Bali.

Kapal dengan rute Ketapang- Lembar tersebut diperkirkan mengalami kebakaran sekitar pukul 15.00 WITA. Belum diketahui penyebab pasti terbakarnya kapal tersebut. Seluruh penumpang dan ABK berhasil dievakuasi dengan menggunakan kapal TNI Angkatan Laut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS