Sukses

Pembangunan Infrastruktur Dorong Investasi Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mengatakan pemerintah sudah menyiapkan sejumlah proyek infrastruktur yang akan mendongkrak industri pariwisata di Tanah Air dan juga meningkatkan meningkatkan investasi Indonesia.

Proyek tersebut antara lain, pembangunan bandar udara, cruise ship dan hotel berbintang.

"Investasi tahun lalu di sektor ini mencapai 200% dan diperkirakan akan meningkat lebih dari itu, tetap double digit," kata dia, tanpa memberi angka detail target pertumbuhan investasi, Rabu (13/2/2013).

Lonjakan investasi di sektor pariwisata, menurut dia, terdorong penawaran dan permintaan wisatawan mancanegara sebesar 6% dibanding rata-rata industri sekitar 3%-4%.

Sedangkan pertumbuhan juga terjadi pada jumlah wisatawan domestik mencapai 23%.

"Kalangan menengah kita yang melakukan liburan atau jalan-jalan kan tumbuh pesat karena dukungan konektivitas dengan bujet airline. Ditambah lagi perbaikan infrastruktur," urai Mari.

Tahun ini, dia menyebut, pemerintah akan mengejar penyelesaian 11 bandar udara yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah bandara internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali untuk menyambut hajatan akbar Asia Pacific Economic Cooperation.

"Penyelesaian tujuh bandara juga ditargetkan tahun depan serta pembangunan 10 unit cruise ship pada 2013-2014," pungkasnya.

Sementara empat hotel berbintang dengan skala besar di Nusa Dua, Bali bakal dikebut pembangunannya dan diharapkan tuntas pada tahun ini. (Fik/Nur)
    Loading