Sukses

78 Persen Orang Tak Paham Risiko Investasi, Bank OCBC NISP Hadirkan Financial Fitness GYM

Sebanyak 78 persen menyatakan mereka tidak sepenuhnya memahami risiko dan manfaat dari produk investasi.

Liputan6.com, Jakarta Bank OCBC NISP terus memberikan edukasi terkait kesehatan finansial untuk generasi muda di tengah laju inflasi dan ancaman resesi. Salah satu bentuk edukasi tersebut adalah dengan meluncurkan Financial Fitness GYM (FFG) di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Dengan adanya FFG PIK ini, Bank OCBC NISP siap membantu generasi muda Jakarta lebih sehat finansial. Di sini, para milenial bisa melakukan Financial Check Up, mengkonsultasikan kondisi finansial mereka serta mendapatkan edukasi dari beragam kelas finansial yang dipandu oleh pakar.

Financial Fitness Gym merupakan kantor cabang Bank OCBC NISP yang berbentuk experience centre - dimana masyarakat datang ke kantor cabang tidak sekadar untuk bertransaksi, namun mengedepankan edukasi dengan konsep financial fitness sama dengan physical fitness.

Artinya, sama seperti kesehatan tubuh, menjaga kesehatan finansial juga tidak bisa instan. Perlu strategi khusus dan yang paling penting, diperlukan komitmen untuk rajin berlatih.

National Network Head A Bank OCBC NISP Faren Indirawati Tjong menjelaskan, dengan diluncurkannya FFG di PIK ini, OCBC NISP berharap masyarakat, khususnya generasi muda dapat #financiallyfit di masa depan.

"Dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa #TAYTB, kami juga ingin menekankan bahwa kehadiran FFG di PIK ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk belajar mengelola keuangan mereka secara gratis. Hal yang mereka perlu terapkan hanyalah keinginan dan kedisiplinan untuk mendapatkan hasil yang nyata.” jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (21/10/2022).

Hasil survei OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 menunjukkan bahwa skor finansial generasi muda di Indonesia masih rendah, yaitu 40,06. Terlebih, sebanyak 78 persen menyatakan mereka tidak sepenuhnya memahami risiko dan manfaat dari produk investasi.

Mereka cenderung berinvestasi karena mengikuti tren di masyarakat dan menganggap investasi adalah cara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Padahal, hanya 22 persen yang benar-benar paham mengenai produk investasi yang mereka miliki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

FOMO

Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP Amir Widjaya mengatakan, pendampingan kesehatan finansial merupakan hal yang penting, sebab masih banyak generasi muda yang belum cukup teredukasi terkait keputusan keuangan yang baik.

Apalagi kalau berbicara tentang generasi muda di kota besar seperti Jakarta, dimana godaan dari mulai gaya hidup, rasa FOMO ataupun peers’ pressure begitu besar.

"Untuk itu, sebagai salah satu solusi untuk membuat Jakarta lebih sehat finansial, Bank OCBC NISP telah mempersiapkan solusi pendampingan keuangan dengan mempersiapkan kantor cabang yang fit dengan lifestyle masa kini dimana mereka bisa nge-Gym Finansial didampingi oleh para NYALA trainer & NYALA buddy, mengikuti NYALA Financial Fitness Classes, Komunitas meNYALA serta platform edukasi ruangmenyala.com.” kata dia. 

 

3 dari 3 halaman

Cuan Town Festival

Sebagai rangkaian dari peresmian Financial Fitness Gym PIK, Bank OCBC NISP mengadakan Cuan Town Festival yang dibuka untuk umum secara gratis dari 20 Oktober – 12 November 2022.

Di dalamnya ada banyak kegiatan yang bersifat menghibur dan mengedukasi, seperti Financial Classes yang dijelaskan langsung oleh para NYALA Financial Coaches, Live DJ performances during sunset hours, sampai penampilan dari para penyanyi top tanah air seperti Diskoria, JKT48, Potret, dan RAN.

Selain itu, Bank OCBC NISP juga mempersiapkan solusi Check, Choose, Cuan untuk mendukung anak muda memulai langkah sehat finansial dengan Check di ruangmenyala.com untuk mengetahui skor kesehatan finansial, Choose kelas-kelas edukasi serta produk perbankan dan investasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, dan mendapatkan Cuan dari investasi tersebut dan tentunya dari benefit bebas biaya transaksi dan program menarik lainnya yang ditawarkan NYALA OCBC NISP.

Reporter: Firda Makarimah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.