Sukses

6 Tips Iklan Gratis Agar Bisnis Makin Laris

Ada 6 tips mudah dari para pengusaha yang bisa dilakukan pemilik bisnis untuk meningkatkan iklan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun

Liputan6.com, Jakarta Mengenalkan produk kepada masyarakat menjadi satu kewajiban perusahaan. Semakin tepat sasaran iklan yang dibuat, semakin besar pula peluang mereka untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun, uang yang tak sedikit juga harus dikeluarkan untuk meningkatkan eksposur tersebut melalui sejumlah strategi pemasaran. Bagi bisnis kecil yang memiliki anggaran terbatas akan berpikir dua kali saat mengeluarkan biaya besar untuk membeli eksposur tersebut.

Ada 6 tips mudah dari para pengusaha yang bisa dilakukan pemilik bisnis untuk meningkatkan iklan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun, seperti yang dikutip dari Forbes, Senin (25/9/2022).

1. Manfaatkan Teman dan Keluarga

Mintalah teman atau keluarga untuk membagikan informasi terkait bisnis. Anda juga bisa menginformasikan mereka untuk menandai (mention) beberapa teman dalam unggahan tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens. Setelah itu, Anda bisa menabung untuk menggunakan strategi pemasaran berbayar dalam menjangkau audiens yang lebih luas lagi.

2. Unggah Konten ke Situs Orang Lain

Cara ini menjadi kesempatan untuk membangun hubungan baik dengan pemilik situs sehingga mereka juga bisa mengunjungi kembali situs bisnis Anda. Selanjutnya, cara ini juga bisa menunjukkan pengetahuan Anda terkait topik tertentu sehingga menarik perhatian pemilik situs lain.

Nantinya, mereka akan mencari tahu tentang Anda sehingga ada potensi untuk melakukan kerja sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Terhubung dengan Wartawan

Anda bisa menjangkau wartawan yang menulis berita berkaitan dengan industri bisnis Anda. Perlu diingat bahwa Anda harus menghubungi mereka dengan cara yang benar melalui e-mail atau media sosial untuk membangun hubungan.

Jangan beri tahu wartawan apabila Anda mengingkan mereka untuk menulis tentang bisnis Anda. Berikan komentar positif dan ide baru terkait artikel mereka sebelumnya.

Setelah itu, tawarkan bantuan kepada wartawan saat mereka sudah menerima ide tersebut sehingga membutuhkan sumber informasi dari Anda.

4. Fokus Membuat Konten Viral

Sesuaikan konten bisnis Anda dengan tren di media sosial. Konten viral akan sangat mudah untuk mendapatkan eksposur, tetapi untuk mencapai hal tersebut membutuhkan usaha lebih.

Saat ini, audiens sering memberikan perhatian kepada audio, filter, tarian, atau topik yang sedang hangat diperbincangkan. Oleh karena itu, Anda bisa mengadaptasi beberapa aspek tersebut ke dalam konten bisnis untuk memasarkan produk dan jasa secara kreatif.

 

3 dari 3 halaman

5. Penyebaran Informasi

Anda bisa meminta bantuan dari pelanggan setia untuk menyebarkan informasi terkait bisnis Anda. Pasalnya, pelanggan setia yang selalu puas dengan produk dan jasa akan memberikan komentar positif dan pujian.

Hal ini akan sangat membantu untuk menonjolkan keunggulan dari bisnis Anda kepada calon pelanggan lainnya. Lebih lanjut, pelanggan cenderung mendengarkan testimoni dari pelanggan sebelumnya dibandingkan dengan informasi yang diberikan oleh bisnis.

6. Membuat Podcast

Anda bisa mulai membuat podcast dengan mengundang pembicara tertentu untuk membahas terkait kehidupan dan bisnis yang mereka jalankan. Sebaliknya, Anda juga bisa hadir di program podcast mereka.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan eksposur yang dimiliki oleh orang lain untuk menjangkau lebih banyak audiens yang potensial. Anda harus memberikan sesuatu yang berharga kepada audiens pembicara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini