Sukses

Gendeng Airbus, PTDI Perluas Jejaring Industri Penerbangan di Kancah Global

PT Dirgantara Indonesia akan meneken nota kesepahaman, atau populer dengan istilah memorandum of understanding (MoU) dengan Airbus.

Liputan6.com, Jakarta PT Dirgantara Indonesia (PTDI) akan meneken nota kesepahaman, atau populer dengan istilah memorandum of understanding (MoU) dengan Airbus, dalam rangka penguatan industri penerbangan nasional.

Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Gita Amperiawan mengatakan, momentum bersama Airbus tersebut sebagai perluasan jejaring industri dirgantara Indonesia ke kancah global.

"Kita berharap ekosistem semakin kuat, global network, Boeing Airbus ini satu peluang bagaimana kembangkan industri ini tidak hanya domestic network, tapi global," ujar Gita dalam media briefing side event G20, Belitung, Selasa (6/9).

Gita menegaskan, sejatinya industri dirgantara Indonesia cakap dalam pembuatan pesawat. Hal ini dibuktikan dengan pesawat N219 telah tersertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Adanya sertitikat tersebut menurut Gita menjadi bukti bahwa produk PT Dirgantara Indonesia aman dan layak untuk diproduksi.

"N219 pesawat pertama kali Indonesia mendapatkan type certificate, artinya produk kita safe, dan sudah bisa diproduksi, sudah memenuhi kaidah air worthiness," ungkapnya.

Usai pesawat N219 mendapatkan sertitikat, Gita menyampaikan bahwa pesawat tersebut akan didedikasikan untuk kawasan tertinggal, terluar dan terdepan. Gita juga menyatakan, bahwa tidak menutup kemungkinan jika pasar global menjadi target pasar masa depan pesawat N219.

"Kita juga tidak menutup kemungkinan business to business international collaboration. Kita akan coba penetrasi beberapa operator," ujarnya.

"Sekaligus, bagaimana Indonesia semakin ke sini local content untuk kita produk sendiri," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesawat N219

Pada 2020, pesawat N219 yang dibuat PT Dirgantara Indonesia berhasil mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku bangga dan mengapresiasi karya para anak bangsa yang telah melakukan pengembangan sejak pesawat N250 yang dibuat tahun 1995.

"Kami mengapresiasi tersertifikasinya pesawat N219 yang merupakan karya anak bangsa. Saya sampaikan rasa bangga karena telah melakukan kerja sama yang baik," kata Budi Karya di acara Aero Summit 2020 secara virtual, Jakarta, Senin (28/12).

Proyek pengembangan pesawat ini merupakan buah kerjasama antara PT Dirgantara Indonesia dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 2009, pasal 13 yang menyebutkan pesawat udara, mesin pesawat udara, dan baling-baling pesawat udara yang akan dibuat untuk digunakan secara sah (eligible), harus memiliki rancang bangun yang disertifikasi oleh Ditjen Perhubungan Udara.

Setelah melalui rangkaian uji dalam proses sertifikasi dan final certification board meeting pada 18 Desember 2020, sertifikat tipe untuk pesawat udara N219 resmi diterbitkan. Dia ingin, selesainya proses sertifikasi tipe ini bisa menjadi tonggak bersejarah kebangkitan industri rancang bangun pesawat udara di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Bappenas: Potensi Teknologi Industri Dirgantara jadi Aset Luar Biasa

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) membawa misi pengembangan industri kedirgantaraan dalam negeri. Misi ini dibawa ke forum G20 yang digelar di Belitung pada 7-8 September 2022.

Guna mengakselerasi niatan ini, Bappenas menggandeng PT Dirgantara Indinesia. Keduanya menggelar G20 Development Ministerial Meeting Side Event bertema “Harnessing the Ecosystem of Aerospace Industry in Indonesia”.

“Agenda ini bertujuan memberikan ruang bagi pembuat kebijakan, pelaku pembangunan, dan mitra internasional untuk menampilkan praktik baik, tantangan, dan pembelajaran serta pengalaman di industri kedirgantaraan yang relevan dengan konteks Indonesia, serta sekaligus untuk meningkatkan kolaborasi antar negara-negara G20,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, di Belitung, Selasa (6/9/2022).

Di sela pelaksanaan Side Event yang terdiri atas high-level panel pada 7 September 2022 dan seminar internasional pada 8 September 2022 tersebut, akan diselenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Dirgantara Indonesia dan Airbus untuk mendukung pertumbuhan dan penguatan ekosistem dirgantara nasional.

“Pemerintah Indonesia percaya bahwa potensi teknologi di industri kedirgantaraan merupakan aset luar biasa yang perlu dikelola, diperbaiki dan ditingkatkan kapasitas dan kapabilitasnya untuk memperkuat dan mendukung perekonomian, keamanan, dan pertahanan negara,” imbuh Amalia.

Salah satu fokus pembahasan dalam Side Event tersebut adalah skema kerja sama yang mampu menjamin pencapaian sasaran kemandirian dalam jangka panjang, juga mengundang terobosan baru yang dapat disampaikan potential strategic partners.

4 dari 4 halaman

Kebijakan Jadi Poin Penting

Pemerintah Indonesia menilai, sinergi kebijakan sangat penting untuk mengakselerasi peningkatan kemandirian dan daya saing industri, terutama industri pertahanan dan industri kedirgantaraan nasional.

“Hasil Side Event ini, adalah rekomendasi kebijakan untuk pengembangan industri kedirgantaraan di Indonesia, menjadi masukan bagi Kementerian PPN/Bappenas dalam mengidentifikasi peluang peningkatan kerja sama dengan industri atau perusahaan global yang dapat memperkuat industri dirgantara nasional, dan mempercepat realisasi Roadmap Pengembangan Ekosistem Industri Dirgantara 2020-2045," paparnya.

G20 Development Ministerial Meeting Side Event “Harnessing the Ecosystem of Aerospace Industry in Indonesia” turut dihadiri oleh para pembuat kebijakan di Indonesia, wakil industri dirgantara di Indonesia, baik Badan Usaha Milik Negara maupun swasta, berbagai perwakilan industri manufacturing, juga Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) dan industri penerbangan.

“Pemerintah Indonesia memprioritaskan kedirgantaraan sebagai salah satu fokus dalam Presidensi G20 Indonesia 2022, salah satunya terwujud melalui Side Event yang menghadirkan perwakilan-perwakilan industri utama dari negara G20, di mana sangat penting untuk memahami bagaimana industri dirgantara di negara lain berkembang,” pungkas Amalia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.