Sukses

Bandara Halim Perdanakusuma Layani Penerbangan Komersil Mulai Kamis Ini

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat wilayah Jakarta kini bisa menggunakan penerbangan melalui Bandara Halim Perdanakusuma. PT Angkasa Pura II (Persero) mulai hari ini, 1 September 2022 resmi membuka kembali bandara di Jakarta Timur ini.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono menjelaskan, Kemenhub sudah memastikan kelayakan fasilitas dan keselamatan baik dari sisi udara maupun sisi darat di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh Angkasa Pura II,” ujar Nur Isnin, ditulis Kamis, (1/9/2022).

Pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma diyakini akan meningkatkan konektivitas dan meningkatkan utilitas armada sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Udara juga meminta agar PT Angkasa Pura II melakukan koordinasi penuh dengan TNI AU dan pihak terkait lainnya, untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi terpenuhi.

"Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta yang juga dikelola oleh AP II dapat saling mendukung dalam memberikan layanan penerbangan bagi masyarakat, guna berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi ini dan juga menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor penerbangan nasional," pungkasnya.

Kementerian Perhubungan juga mengingatkan kepada AP II agar pengaturan rute penerbangan dapat disesuaikan kembali, terutama beberapa rute yang dialihkan ke bandara lain.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

AirNav Kembali Atur Navigasi Bandara Halim Perdanakusuma

AirNav Indonesia kembali beroperasi memberikan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma. Bandara ini kembali beroperasi komersil pasca penutupan karena revitalisasi di Januari 2022.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti menyampaikan hal tersebut pada pembukaan kembali Bandara Halim untuk penerbangan komersial, Kamis (1/9/2022). Sebelumnya, bandara ditutup pada tanggal 26 Januari 2022 yang lalu untuk keperluan revitalisasi area bandara.

“Puji syukur, revitalisasi Bandara Halim telah selesai. Hari ini Halim kembali dibuka untuk penerbangan komersial. AirNav siap untuk kembali memberikan layanan terbaik untuk operasional penerbangan komersial dari dan ke Halim. Fasilitas kami siap, SDM kami juga sangat siap,” kata Polana mengutip keterangan resmi, Kamis (1/9/2022).

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Mokhammad Khatim, menambahkan bahwa operasional penerbangan komersial perdana di Bandara Halim Perdanakusuma hari ini dibuka dengan pendaratan pesawat Citilink nomor penerbangan QG171 rute Juanda (Surabaya) – Halim (Jakarta).

“Alhamdulillaah, Citilink dari Surabaya sudah mendarat dengan selamat pagi ini jam 06.23 WIB menggunakan RWY24,” terangnya.

“Per hari ini, diperkirakan aka nada 10 penerbangan komersial berjadwal yang akan dilayani oleh AirNav Cabang Halim, baik yang datang maupun pergi. Angka tersebut diambil dari data penggunaan slot time penerbangan yang tercatat pada aplikasi CHRONOS milik AirNav,” imbuh Khatim.

 

3 dari 3 halaman

85 Penerbangan

AirNav Indonesia Cabang Halim melayani rata-rata 85 penerbangan take-off/ landing. Angka rata-rata tersebut berkurang menjadi 42 selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Ia optimistis sektor penerbangan akan kembali pulih kedepannya.

“Sekarang, sektor penerbangan sudah mulai bangkit dari keterpurukan masa pandemi. AirNav yakin, bahwa sektor ini akan segera pulih sepenuhnya mengingat penanganan COVID-19 sudah semakin baik. Hal tersebut tidak lepas dari upaya Pemerintah yang dengan berbagai cara menerapkan metode-metode yang sangat baik dalam menanggulangi pandemi ini,” papar Khatim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.