Sukses

Di Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILiaN Berkonsep Green & Smart Building

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan peresmian gedung baru yang dibari nama "Menara BRILiaN" pada Rabu (17/08). Peresmian ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia. Gedung yang mengusung konsep Green & Smart Building dibangun di lahan seluas 8200 M2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Direktur Utama BRI Sunarso, serta jajaran Direksi BRI, jajaran Direksi Perusahaan Anak BRI, Senior Leader BRI, serta perwakilan pekerja BRI Group hadir secara langsung dalam peresmian Menara BRILiaN.

Menurut Sunarso, pembangunan Menara BRILiaN ini merupakan bentuk optimalisasi lahan BRI yang berada di lokasi strategis. Adanya Menara BRILiaN juga mengintegrasikan unit kerja BRI Group yang sementara ini masih tersebar di beberapa lokasi dan beberapa masih berstatus sewa.

Selain itu, dengan adanya gedung baru ini diharapkan dapat meningkatkan layanan BRI Group kepada masyarakat di kota Jakarta. Menara BRILiaN juga akan menambah landmark atau icon tambahan di Kota Jakarta.

“Pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini, menjadi momentum yang tepat untuk melakukan peresmian Menara BRILian dan menjadi babak baru bagi seluruh Insan BRILian (Pekerja BRI) agar dapat menorehkan kinerja terbaiknya, serta dapat terus mencatatkan pencapaian baru,” ucap Sunarso.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Green and Smart Building

Menara BRILian sendiri mulai dibangun sejak 20 Desember 2018 dan selesai pada Juni 2021. Bangunan yang memiliki 37 lantai ini akan difungsikan sebagai tempat bekerja BRI Group hingga operasional layanan Kantor Cabang (Kanca) Menara BRILian untuk melayani berbagai kebutuhan nasabah.

Komitmen pembangunan green & smart building sejalan dengan upaya BRI untuk terus meningkatkan penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam seluruh operasional bisnisnya. Seperti diketahui, BRI menjadi market leader penerapan ESG di Indonesia. 

Menara BRILian telah mendapatkan sertifikasi green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI) kategori gold. Dengan demikian, Menara BRILian secara life cycle-nya, dimulai dari tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, hingga renovasinya mampu menciptakan dampak positif terhadap iklim dan lingkungan. 

Beberapa aspek unggulan dalam penerapan green building di Menara BRILian antara lain area hijau seluas 1.356 m2 atau setara 11,05% dari total luas bangunan. Kemudian, efisiensi sumber daya dengan teknologi terbarukan, penerapan konsep zero run off dalam aspek konservasi dan pengelolaan air hujan, material reuse & cycle yang dapat menghemat konsumsi energi listrik sebesar 19,29% dari desain konvensional, hingga building environment management yang unggul.

3 dari 3 halaman

Konsep Smart

Di sisi lain, Menara BRILiaN juga mengusung konsep smart dengan penerapan teknologi dan digitalisasi di berbagai aspek. Hal ini dapat ditinjau di antaranya terintegrasi dengan IBMS (Integrated Building Management System) agar semua subsystem terkait ter-monitoring secara terpusat. 

Kemudian, Full Addressable pada sistem peringatan kebakaran, Integrasi Sistem Parkir melalui access control dan sistem pembayaran, hingga Integrasi sistem pada infrastruktur fiber optic gedung dan sistem telepon berbasis IP.

“Konsep Menara BRILiaN yang mengutamakan aspek green & smart building ini sejalan dengan strategi bisnis BRI yang berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan. Strategi tersebut menjadi bagian dalam transformasi BRI Group yang saat ini terus berlanjut yang berdasarkan cetak biru (blueprint) BRIVolution 2.0”, pungkas Sunarso.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS