Sukses

Rupiah Berpotensi Menguat pada Rabu 10 Agustus 2022

Rupiah ditutup menguat 23 poin pada perdagangan Selasa (9/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Pada perdagangan Selasa (9/8/2022) Rupiah berhasil ditutup menguat 23 poin walaupun sempat menguat 25 poin di level Rp 14.853. Sedangkan, pada penutupan perdagangan sebelumnya Rupiah berada di posisi 14.876.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, Rupiah berpotensi menguat pada perdagangan Rabu, 10 Agustus 2022.

"Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp 14.830 hingga Rp 14.890,” kata Ibrahim dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Secara internal, Ibrahim menjelaskan utang Indonesia naik Rp 121 triliun menjadi Rp 7.123,62 triliun. Secara rasio terhadap produk domestik bruto (PDB), utang tersebut dalam batas aman, wajar, serta terkendali diiringi dengan diversifikasi portofolio yang optimal.

"Jumlah utang pemerintah Indonesia merupakan paling kecil di dunia dibandingkan negara-negara lainnya. Dan utang tersebut hanya 40 persen dari PDB. Sedangkan negara-negara maju lainnya hingga 100 persen dari PDB," ujar Ibrahim.

Utang pemerintah sebesar Rp 7.123,62 triliun merupakan utang produktif, dimana utang tersebut digunakan untuk pembangunan jalan tol dan tentu utangnya akan dikembalikan kepada orang yang memberikan pinjaman. 

Pembangunan yang dilakukan pemerintah tentu dihitung dengan betul dan benar termasuk bagaimana return on investment-nya. Oleh karena itu, jangan sampai proyek tersebut ditipu oleh informasi-informasi yang salah.

Kementerian Keuangan menyebut utang pemerintah memiliki kontribusi 11,54 persen dari utang pinjaman pemerintah hingga akhir Juni 2022 yang sebesar Rp 821,74 triliun. Pinjaman ini dirincikan dalam dua kategori yakni pinjaman dalam negeri sebanyak Rp 14,74 triliun dan pinjaman luar negeri sebesar Rp 806,31 triliun.

Kemudian untuk untuk pinjaman luar negeri rinciannya, pinjaman bilateral sebesar Rp 271,95 triliun, pinjaman multilateral sebesar Rp 491,71 triliun dan pinjaman commercial bank sebesar Rp 42,66 triliun.

Sementara berdasarkan mata uang, utang pemerintah didominasi oleh mata uang domestik (Rupiah), yaitu 70,29 persen. Selain itu, saat ini kepemilikan oleh investor asing terus menurun sejak 2019 yang mencapai 38,57 persen, hingga akhir 2021 yang mencapai 19,05 persen, dan per 5 Juli 2022 mencapai 15,89 persen.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indeks Dolar AS Menguat

Dolar AS berada tepat di bawah tertinggi baru-baru ini pada Selasa karena para pedagang menunggu data inflasi AS yang akan dirilis akhir pekan ini, yang dapat mengambil tekanan dari Federal Reserve dan menempatkannya pada greenback jika itu menunjukkan laju kenaikan harga telah mencapai puncaknya.

Pasar saham AS. melihat sesi yang bergejolak pada Senin di tengah kantong pendapatan yang beragam, yang mendorong permintaan safe haven. Investor juga terjebak antara pertumbuhan dan permainan nilai, menjelang data inflasi akhir pekan ini.

Fokus sekarang adalah pada data CPI AS untuk Juli, yang akan dirilis pada Rabu. Analis mengharapkan pembacaan tahun-ke-tahun sebesar 8,7 persen, turun dari 9,1 persen yang terlihat pada Juni. 

Penurunan inflasi yang lebih besar dari perkiraan kemungkinan akan menurunkan ekspektasi kenaikan suku bunga yang tajam oleh Federal Reserve, dan akan positif untuk harga emas.

Pada Selasa, survei Fed New York menunjukkan ekspektasi inflasi konsumen turun tajam pada Juli, mungkin mengurangi beberapa tekanan ke atas pada suku bunga dari angka pekerjaan yang kuat minggu lalu. 

Pasar uang berjangka menunjukkan pedagang melihat sekitar dua pertiga peluang kenaikan 75 bp bulan depan dan telah mulai mendorong ekspektasi untuk penurunan suku bunga kembali, lebih dalam ke tahun 2023.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Menanti Data Inflasi AS

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Selasa pagi menguat di tengah antisipasi rilis data inflasi di Amerika Serikat.

Rupiah pagi ini menguat 6 poin atau 0,04 persen ke posisi 14.870 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.876 per dolar AS.

"Dolar AS melemah di tengah pasar yang terlihat mengantisipasi rilis data inflasi AS di hari Rabu," kata analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/8/2022).

Data inflasi AS akan dicermati oleh pelaku pasar untuk menjadi petunjuk terkait langkah bank sentral AS The Federal Reserve selanjutnya.

Berdasarkan hasil survei Reuters, diperkirakan inflasi tahunan AS akan turun menjadi 8,7 persen pada Juli dari sebelumnya di 9,1 persen.

Ekspektasi akan turunnya inflasi di Negeri Paman Sam saat ini dipicu oleh terkoreksinya harga minyak akhir-akhir ini.

Prospek turunnya inflasi AS mungkin akan meredakan juga ekspektasi pasar bahwa Federal Reserve akan bertindak agresif dalam kebijakan moneternya.

 

4 dari 4 halaman

Sentimen Lainnya

Sentimen lainnya yaitu memburuknya ketegangan antara AS-Tiongkok atas Taiwan. Dalam perkembangan terbaru Tiongkok masih mengadakan latihan militer di dekat perbatasan Taiwan.

Kendati demikian, AS baru-baru ini mengisyaratkan tidak ada eskalasi besar dalam risiko geopolitik yang mungkin terjadi dari Beijing.

Pada Senin (8/8) lalu, rupiah ditutup menguat 18 poin atau 0,12 persen ke posisi 14.876 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.894 per dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.