Sukses

Lintas Negara, Trayek Bus Rute Kupang-Dili Segera Dibuka

Presiden Jokowi berharap peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste Jose Ramos-Horta beserta delegasi ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kedua negara sepakat untuk meningkatkan konektivitas baik darat maupun laut. Untuk konektivitas darat, ia berharap peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan.

Penguatan kerja sama terkait konektivitas darat diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang pergerakan lintas batas bus oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor-Leste José Agustinho da Silva.

Dalam pertemuan bilateral RI dan Timor-Leste, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa penguatan kerja sama ekonomi menjadi fokus pembahasan kedua pihak.

Jokowi juga meminta Republik Demokratik Timor-Leste dapat meningkatkan konektivitas jalur laut dengan membuka rute kapal tujuan Kupang-Dili-Darwin.

Permintaan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataan pers kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste Jose Ramos-Horta beserta delegasi ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Untuk konektivitas laut, saya menilai pentingnya membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers dikutip dari Antara, Selasa (19/7/2022).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perdagangan

Selain konektivitas, RI dan Timor-Leste sepakat untuk meningkatkan perdagangan kedua negara.

"Dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan," kata Presiden Jokowi.

Jokowi juga mengajak BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor-Leste, termasuk di bidang infrastruktur.

Saat ini, nilai investasi Indonesia di Timor Leste mencapai USD 818 juta, dengan sektor utama di perbankan, migas, dan telekomunikasi.

Keempat nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua negara, yakni kerja sama bidang pertanian, pergerakan lintas batas bus, standardisasi dan metrologi serta kerja sama teknis dalam bidang perdagangan. 

3 dari 3 halaman

Gelar Pertemuan Bilateral, Jokowi dan Presiden Timor Leste Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (19/7/2022). Kedua pemimpin negara akan membahas penguatan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi.

"Dalam pertemuan ini, secara khusus saya ingin membahas penguatan kerjasama bilateral khususnya, di bidang ekonomi," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan pembuka sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Selain itu, Jokowi akan menyinggung beberapa isu kawasan dalam pertemuan ini. Dia juga menyampaikan selamat datang di Indonesia kepada Presiden Ramos-Horta dan para delegasi Timor Leste.

"Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan luar negeri pertama presiden Ramos-Horta," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Jose Ramos-Horta baru dilantik menjadi Presiden Timor Leste pada Mei 2022 lalu. Namun, dia pernah dia sebelumnya juga pernah menjadi Presiden Timor Leste pada periode 2007-2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.