Sukses

Ketahui Hal Ini Sebelum Daftar Subsiditepat.mypertamina.id untuk Beli Pertalite dan Solar

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat yang hendak membeli BBM subsidi solar dan Pertalite kini harus mendaftar melalui aplikasi MyPertamina atau melalui website MyPertamina Subsidi, subsiditepat.mypertamina.id.

Sebelumnya, PT Pertamina Patra Niaga mengumumkan akan membuka pendaftaran di Website MyPertamina mulai 1 Juli 2022. Dari pendaftaran ini, pengguna akan mendapatkan QR Code yang dapat digunakan untuk pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina.

Sebelum mendaftar di subsiditepat.mypertamina.id, calon pengguna baiknya menyiapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.

Jika dokumen yang diperlukan sudah lengkap, mendaftar subsiditepat.mypertamina.id dapat dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut : 

1. Buka website subsiditepat.mypertamina.id.

2. Centang informasi memahami persyaratan.

3. Klik daftar sekarang.

4. Isi data diri sesuai KTP, kemudian isi data kontak dan alamat Anda, serta pilih jenis subsidi.

5. Ikuti instruksi selanjutnya.

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.

7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Perlu diketahui, pendaftaran diprioritaskan pada pengguna yang berdomisili atau berencana bepergian ke wilayah sebagai berikut :

1. Kota Yogyakarta

2. Kota Surakarta

3. Kota Denpasar

4.Kota Bukit Tinggi

5. Kab. Agam

6. Kota Padang Panjang

7. Kab. Tanah Datar

8. Kota Banjarmasin

9. Kota Bandung

10. Kota Tasikmalaya

11. Kab. Ciamis

12. Kota Manado

13. Kota Sukabumi

Bagi pengguna di luar wilayah tersebut, dapat melakukan pengisian dan penyimpanan data di subsiditepat.mypertamina.id terlebih dahulu dengan melakukan klik pada tombol "Simpan".

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Platform Alternatif

 

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution sebelumnya sudah menyampaikan, masyarakat sebenarnya tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina saat ingin melakukan pembelian. Sebab, pendaftaran dilakukan di situs subsiditepat.mypertamina.id.

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran di subsiditepat.mypertamina.id akan mendapatkan notifikasi lewat email yang telah didaftarkan.

Lalu, pengguna terdaftar akan mendapatkan kode QR khusus yang menunjukkan mereka dapat membeli Pertalite dan dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina

Kode QR itu pun bisa dicetak, sehingga masyarakat tetap bisa membeli Pertalite, meski tidak membawa ponsel.

Namun bagi masyarakat yang ingin tetap menggunakan aplikasi MyPertamina untuk melakukan pembelian BBM tersebut bisa mengikut langkah-langkahnya berikut ini :

1. Sebelum membeli, kode QR tersebut akan dicocokkan terlebih dulu datanya di SPBU

2. Lalu, pastikan kendaraan dalam posisi aman untuk pengisian BBM

3. Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terpasang dan terhubung dengan akun LinkAja

4. Lakukan pengisian BBM untuk kendaraan

5. Minta kode QR pembayaran dari operator SPBU Pertamina

6. Pilih 'Bayar' pada aplikasi MyPertamina

7. Pindai kode QR yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina

8. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status pembelian dinyatakan berhasil

3 dari 3 halaman

Pendaftar MyPertamina Tembus 50 Ribu Kendaraan dalam 4 Hari

Tepat empat hari sejak pendaftaran MyPertamina dibuka bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai pengguna BBM Subsidi (Biosolar dan Pertalite), PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terdapat 50 ribu kendaraan yang sudah terdaftar.

"Sejak 1 Juli sampai hari ini, kami mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat yang telah mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id," jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, dikutip Rabu (6/7/2022). 

Saat ini, pendaftaran masih dibuka bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi. Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina.

Saat ini pengguna (user) aplikasi MyPertamina juga bertambah sebanyak 4 juta dalam waktu 4 hari dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk mempermudah pendaftaran, bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone, Irto mengarahkan untuk dapat datang ke booth pendaftaran yang telah disediakan di SPBU Pertamina. Terdapat petugas yang akan membantu masyarakat mendaftar secara langsung.

"Kami melihat bahwa telah terbangun pemahaman dan kesadaran di masyarakat mengenai penyaluran BBM Subsidi untuk tepat sasaran. Saluran pendaftaran yang beragam (website, aplikasi dan di SPBU) juga telah berjalan baik," ungkapnya.

"Karenanya, pendaftaran akan diteruskan sampai seluruh masyarakat Indonesia yang berhak mendapatkan BBM Subsidi, mendaftar. Mari kita sama-sama pastikan BBM Subsidi dikonsumsi oleh masyarakat yang tepat dan berhak," tutur Irto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.