Sukses

Apresiasi Program Subsidi Tepat Sasaran, Organda Manado: Supir Angkot Mendapat Perlindungan Penerima Hak Subsidi

Liputan6.com, Jakarta Program subsidi tepat sasaran yang dijalankan Pertamina terus disambut baik dan didukung oleh berbagai elemen masyarakat di Indonesia.

Sambutan baik tersebut terlihat dengan banyaknya masyarakat yang telah mendaftarkan kendaraannya sebagai pengguna BBM Subsidi melalui website, aplikasi maupun pendaftaran di SPBU Pertamina.

Dukungan dari berbagai kalangan juga mengalir untuk Pertamina meneruskan program ini, diantaranya dari Ketua DPC Organda Manado, Khazali. Jika sebelumnya diragukan masyarakat seperti supir angkot akan mengalami kendala dalam mendaftar, Ia menyebut ini justru menjadi jawaban atas keluhannya selama ini.

“Selama ini supir angkot habis waktu untuk mengantri BBM, karena mobil mewah ikut menikmati BBM bersubsidi. Kami supir angkot ini wajib mendapatkan BBM bersubsidi, jangan sampai jatah kami dimakan oleh mobil-mobil mewah karena semua ikut nimbrung disitu,” ujarnya menggebu-gebu.

Khazali melanjutkan, setelah mendapatkan sosialisasi mengenai subsidi tepat sasaran ini, ternyata ada kemudahan, jadi yang disubsidi orang-orang yang tepat dengan kendaraan yang tepat. Para anggota organda pun telah dihimbau mengikuti sosialisasi ini dengan registrasi dan Organda akan ikut sosialisasi bertahap kepada anggota.

Dukungan lainnya berasal dari Walikota Manado Andrei Angouw. Ia menyebut suatu kebanggaan Kota Manado menjadi salah satu lokasi pertama implementasi program subsidi tepat ini.

“Program ini kami nilai dapat membantu konsumen mengontrol pemakaian BBM, mengubah perilaku menjadi hemat, dan memberikan kontribusi pajak kepada daerah nantinya,” ujar Andrei.

Ia pun turut mengajak warga Manado untuk mensukseskan program ini dengan mendaftarkan kendaraannya sesegera mungkin. “Mari warga Manado, daftarkan ngoni pe oto (kendaraanmu-red) ke dalam subsiditepat.mypertamina.id,” imbuhnya dengan semangat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sambutan Baik

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengucapkan terima kasih atas sambutan baik yang diberikan berbagai pihak dan masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan dan aksi nyata dengan melakukan registrasi ke sistem subsidi tepat ini.

“Dari data kami, sejak 1 Juli sampai hari ini, total pendaftar yang telah meregistrasikan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id sudah mencapai lebih dari 50 ribu se-Indonesia dan masyarakat Kota Manado turut berkontribusi atas jumlah tersebut,” jelas Irto.

“Pendaftaran masih terus dibuka bagi konsumen di seluruh Indonesia yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi. Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id atau aplikasi MyPertamina, secara langsung masyarakat dapat mendatangi booth pendaftaran di beberapa titik SPBU, jadi Pertamina telah memberikan berbagai kemudahan untuk konsumen,” imbuh Irto.

Antusiasme juga terlihat dari meningkatnya jumlah pengguna aplikasi MyPertamina yang tercatat bertambah sebanyak 4 juta dalam waktu 4 hari, sehingga saat ini pengguna MyPertamina tercatat lebih dari 28 juta dari berbagai daerah di Indonesia. Besarnya antusiasme untuk menjadi pengguna MyPertamina menunjukkan para pengguna kendaraan bermotor mendukung dengan langkah program subsidi tepat sasaran yang dilakukan Pertamina.

Untuk informasi mekanisme pendaftaran pengguna BBM Subsidi, masyarakat dapat datang langsung ke SPBU di Kota Manado, menghubungi Call Center 135, mengecek di tautan mypertamina.id/faq-subsidi-tepat, Instagram @mypertamina dan @ptpertaminapatraniaga.

3 dari 3 halaman

Pendaftar MyPertamina Tembus 50 Ribu Kendaraan dalam 4 Hari

Sebelumnya, tepat empat hari sejak pendaftaran MyPertamina dibuka bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai pengguna BBM Subsidi (Biosolar dan Pertalite), PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terdapat 50 ribu kendaraan yang sudah terdaftar.

"Sejak 1 Juli sampai hari ini, kami mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat yang telah mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id," jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, Selasa (5/7/2022).

Saat ini, pendaftaran masih dibuka bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi. Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina.

Saat ini pengguna (user) aplikasi MyPertamina juga bertambah sebanyak 4 juta dalam waktu 4 hari dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk mempermudah pendaftaran, bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone, Irto mengarahkan untuk dapat datang ke booth pendaftaran yang telah disediakan di SPBU Pertamina. Terdapat petugas yang akan membantu masyarakat mendaftar secara langsung.

"Kami melihat bahwa telah terbangun pemahaman dan kesadaran di masyarakat mengenai penyaluran BBM Subsidi untuk tepat sasaran. Saluran pendaftaran yang beragam (website, aplikasi dan di SPBU) juga telah berjalan baik," ungkapnya.

"Karenanya, pendaftaran akan diteruskan sampai seluruh masyarakat Indonesia yang berhak mendapatkan BBM Subsidi, mendaftar. Mari kita sama-sama pastikan BBM Subsidi dikonsumsi oleh masyarakat yang tepat dan berhak," tutur Irto.