Sukses

Kunjungi Sarinah, Wapres Ma'ruf Amin Beri Apresiasi Erick Thohir

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berkunjung ke pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Senin (27/6/2022). Dalam kunjungan ini wapres berkeliling didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Ma'ruf Amin mengaku sangat bangga dengan wajah baru Sarinah. Wapres menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Erick dan seluruh jajaran PT Sarinah (Persero).

"Saya bisa berkunjung ke Sarinah didampingi Menteri BUMN Erick Thohir. Saya melihat, Sarinah baru yang sudah direnovasi sangat baik sebagai etalase dari produk-produk UMKM," ujar Ma'ruf Amin dalam keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).

Wapres menilai Sarinah menjadikan produk UMKM Indonesia naik kelas. Pasalnya, lanjut wapres, produk-produk UMKM yang masuk Sarinah telah melalui proses kurasi yang ketat agar benar-benar sesuai dengan standar internasional.

 

"Sarinah baru merupakan upaya meningkatkan selain pasar juga mutunya naik. Dengan adanya Sarinah baru, kita harapkan market UMKM kita semakin besar dan mendunia," ucap wapres.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan apa yang disampaikan Wapres Amin sudah tepat. Erick menilai, terkadang UMKM dan produk nasional tidak disetarakan dengan kualitas yang ada pada standar dunia.

BUMN, lanjut Erick, ingin mengubah paradigma tersebut dan mendorong produk lokal naik kelas dengan kualitas, kemasan, dan promosi yang berstandar internasional.

"InsyaAllah Sarinah kita coba menjadi etalase supaya banyak masyarakat dan pembeli dari liar negeri bisa melihat kualitas yang sudah kita lakukan selama ini," kata Erick.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ditemani Erick Thohir Kunjungi Sarinah, Megawati Bersyukur Peninggalan Bung Karno Bisa Dinikmati Generasi Muda

Sebelumnya, Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri memenuhi undangan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk mengunjungi Gedung Sarinah usai dipugar. Gedung Sarinah yang terletak di Jalan Thamrin Jakart Pusat ini ini merupakan salah satu satu proyek mercusuar Bung Karno.

Didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Megawati mengelilingi beberapa sisi pusat perbelanjaan pertama di Indonesia tersebut. Ia pun mengucap syukur karena warisan seni peninggalan Bung Karno yang tersemat dalam relief di Sarinah berhasil dipugar kembali.

"Setiap lantai memiliki makna-makna tersendiri. Terutama mengenai dipasangnya kembali ornamen relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya dalam tanda kutip disembunyikan. Tapi akhirnya Alhamdulillah dapat dikembalikan," ujar Megawati, di Gedung Sarinah, Senin (13/6/2022).

 

3 dari 3 halaman

Peninggalan Penting

Saat melihat relief peninggalan Bung Karno di lantai dasar Sarinah, Megawati berbincang cukup lama dengan Erick Thohir. Beberapa kali Mega menunjuk ke arah relief sambil berbicara. Tak hanya itu, Mega tampak sumringah ketika berfoto dengan relief yang berisi kisah seorang petani bernama Marhaen itu.

Menurut Mega, relief tersebut adalah peninggalan sejarah dan seni yang amat penting bagi Indonesia. Oleh karenanya, dia amat bersyukur dengan hadirnya peninggalan Bung Karno yang kini dapat dinikmati oleh generasi muda yang mengunjungi Sarinah.

"Menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali karena mungkin anak muda sekarang mungkin belum mengetahui. Jadi dari sisi makna itu bukan main, Indonesia ini punya seniman yang sebetulnya maestro," ujar Megawati.