Sukses

Ridwan Kamil Kembali Bagi Kisah Haru Mendiang Eril, Belikan Sepatu untuk Satpam Semasa SMA

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kembali membagikan kisah haru tentang mendiang putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, semasa hidupnya.

Cerita itu mengenang Eril saat ia masih duduk di bangku SMA, dan tengah melakukan perjalanan umroh bersama keluarga dan berlanjut ke Spanyol.

Saat mengunjungi kota Sevilla di Spanyol, Ridwan Kamil bercerita, Eril meminta dibelikan sepasang sepatu yang ternyata bukan untuk dirinya.

"Tentulah saya belikan untuk anak kesayangan. Tapi dalam hati, saya bingung kenapa ukurannya beda," tulis Ridwan Kamil dalam postingan terbarunya di platform Instagram, Rabu (16/6/2022). 

"Ternyata seminggu kemudian, saya baru tau, kalo Eril beli sepatu itu bukan buat dia," ungkap Gubernur yang akrab disapa Kang Emil tersebut. 

Ridwan Kamil melanjutkan, sepatu itu ternyata merupakan hadiah untuk seorang satpam SMA 3 Bandung yang menjadi teman baik Eril.

"Karena suka mau dititipin sepeda dan rajin mengelapnya, katanya," bebernya. 

"Mungkin sudah rejeki si satpam, yang Eril panggil “Masbro”, untuk pake sepatu keren buatan Spanyol," kenang Ridwan Kamil. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Sebagai informasi, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril menghembuskan nafas terakhirnya pada 26 Mei 2022 ketika terbaru arus di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss dan ditemukan oleh otoritas setempat di Bendungan Engehalde, dua pekan setelah upaya pencarian. 

Jenazah Eril, anak Ridwan Kamil ini tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022) dan dimakamkan di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin kemarin (13/6/2022).

2 dari 3 halaman

Usai Pemakaman Eril, Ridwan Kamil Bagi Pesan Haru ke Putra Bungsu Arka

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Pemakaman almarhum Emmeril Kahn Mumtadz  putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah berlangsung pada Senin, 14 Juni 2022, di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berbagai doa dan harapan datang untuk anak Ridwan Kamil yang kerap disapa Eril itu. 

Beberapa waktu setelah pemakaman, Ridwan Kamil mengunggah berbagai dokumentasi yang disertai dengan doa, harapan, hingga ucapan terima kasih kepada masyarakat di Tanah Air yang telah mendoakan mendiang Eril. 

Pada Rabu pagi ini (15/6/2022), Ridwan Kamil kembali menyampaikan pesan haru dalam unggahannya potret terbarunya bersama putra bungsunya, Arka Aidan Misbach. 

Dalam unggahan foto tersebut, terlihat Ridwan Kamil menggandeng Arka ketika melihat suasana lokasi pembangunan Masjid Al Mumtadz, yang dibangun disamping makam mendiang Eril. 

Dear Arka. Saatnya kamu meneruskan semangat A Eril, membangun dunia yang lebih baik dan lebih mulia," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan terbarunya di Instagram, dikutip Rabu (15/6/2022). 

"Kami akan mencintai dan mendidikmu, seperti kami mencintai dan mendidik A Eril," lanjut Gubernur Jabar yang kerap disapa Kang Emil tersebut. 

"Bismillah, kita mulai dengan menyelesaikan Masjid Al Mumtadz ini ya Arka. Semangat @arkanaidan," tutupnya. 

Sebelumnya, Ridwan Kamil sudah mengumumkan pembangunan Masjid Al Mumtadz, dalam sebuah unggahan yang menampilkan foto peti jenazah, desain pemakaman, hingga desain sebuah masjid.

Unggahan tersebut ia bagikan beberapa waktu setelah jenazah Eril berhasil ditemukan di Sungai Aare Swiss dan dalam persiapan pulang untuk dimakamkan di Bandung. 

"Dear Eril, Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu," tutur Ridwan Kamil dalam postingan Instagram pada Minggu (12/6/2022). 

Ridwan Kamil pun mengungkapkan arti dari nama masjid yang dipilihnya dari nama mendiang putra.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya "terbaik". "Terbaik” adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini," ungkapnya. 

"Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

3 dari 3 halaman

Eril Anak Ridwan Kamil Dimakamkan, Erick Thohir Unggah Pesan Haru

Pemakaman almarhum Emmeril Kahn Mumtadz putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah berlangsung pada Senin (14/6/2022).  Berbagai doa dan harapan datang untuk Eril, anak Ridwan Kamil ini. 

Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir, yang beberapa kali terlihat aktif menyampaikan doa dan ucapan bela sungkawa kepada Ridwan Kamil dan keluarga sang Gubernur, atas berpulangnya armahum Eril.

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Erick Thohir membagikan potret dirinya mengunjungi Ridwan Kamil, di sela-sela momen menjelang pemakaman.

"Hati seorang ayah kadang tidak dapat dipahami. Tegarnya seorang ayah kadang tidak bisa dibayangkan. Namun saya melihat sendiri kang Emil dan keluarga begitu ikhlas menjalani semua takdir Allah," tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Selasa (14/6/2022).

"Masyaallah. Hanya kepada Allah kita kembali," lanjutnya. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)