Sukses

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss, Erick Thohir Sampaikan Doa Ini

Jenazah Eril, anak Ridwan Kamil akan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6) dan dimakamkan pada Senin,13 juni 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Swiss akhirnya menemukan jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yakni Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang di Sungai Aare pada 26 Mei 2022.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare Pada Rabu (8/6) pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Jumat (10/6/2022).

"Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022," lanjut keterangan itu.

Kedutaan Besar RI di Bern Swiss pun akan membantu proses pemulangan  jenazah Eril ke Tanah Air.

"Untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad dalam konferensi pers virtual pada Kamis (9/6/2022).

Menanggapi kabar ditemukannya Jenazah Eril, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut menyampaikan doa untuk putra Ridwan Kamil tersebut. 

Dalam sebuah postingan di Twitter, Erick Thohir tampak merespon postingan Ridwan Kamil yang mengumumkan ditemukannya Jenazah Eril.

"Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu," tulis Erick Thohir dalam postingan itu di Twitter, Jumat (10/6/2022).

Melalui akun media sosialnya, Ridwan Kamil mengabarkan bahwa jenazah Eril akan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan pada Senin, 13 Mei mendatang.

"Allahu Akbar," ucap Ridwan Kamil dalam postingannya di Twtter dan Instagram pada Kamis (9/6), mengumumkan bahwa jenazah Eril telah ditemukan.

"Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami," lanjutnya.

"Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya," tuturnya.

"Jazakalllah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril. Semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua," tulis Ridwan Kamil.

Usai jenazah Eril ditemukan, Ridwan Kamil juga mengungkapkan dirinya sudah lebih tenang sekarang.

"Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih. Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami," tutupnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Perintahkan Kemenlu Bantu Kepulangan Jenazah Anak Ridwan Kamil

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar (Kedubes) untuk membantu kepulangan jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz dari Swiss ke Indonesia.

"Saya sudah perintahkan kepada kementerian luar negeri, kepada dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia," kata Jokowi kepada wartawan di Persemaian Rumpin Kabupaten Bogor Jawa Barat, dikutip Jumat (10/6/2022).

"Dan kita harapkan, Insya Allah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya," sambungnya.

Jokowi juga mengungkapkan, bahwa dia telah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil beberapa hari lalu, untuk menyampaikan duka cita atas wafatnya Eril. Dia pun bersyukur jenazah Eril sudah ditemukan.

"Saya sudah 2 hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam, tapi alhamudillah sudah ditemukan," jelas Jokowi.

3 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Ungkap Kondisi Jenazah Eril

Usai jenazah putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan kondisi sang anak.

Seperti diketahui, jenazah Eril akhirnya ditemukan Kepolisian Bern di Bendungan Engehalde, Rabu pagi (8/6) pukul 06.50 pagi waktu setempat.

Gubernur Jabar yang akbar disapa Kang Emil tersebut mengungkapkan melalui akun Instagram pribadinya terkait ditemukannya Eril.

"Alhamdulillah ya Allah. Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai, dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengazankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," tulis akun @ridwankamil, dikutip Jumat (10/6/2022).

Ridwan Kamil juga menyebutkan kondisi jenazah Eril masih utuh setelah dua pekan dinyatakan hilang di Sungai Aare atau sejak Kamis (26/5/2022) lalu.

"Dan Masya Allah, walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apa pun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus," ujarnya.

"Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri. Maha Besar Allah, atas ijin-Mu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya," tambahnya,

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke Tanah Air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.