Sukses

Dibangun Tahun Ini, Anggaran IKN Nusantara Belum Cair

Pemerintah akan memulai pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 2022 ini.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan memulai pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 2022 ini. Namun, alokasi anggaran untuk pembangunan itu masih belum dicairkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengatakan, pihaknya sudah menyusun sokongan dana negara untuk fase awal proyek IKN di tahun ini. Namun, ia belum merinci berapa besaran pagu yang disiapkan untuk itu.

"Jadi alokasi yang kemarin itu sebenarnya sudah kita susun. Tapi yang saya tau hanya PUPR, PUPR sudah minta ke Kemenkeu tapi duitnya belum ada sampai sekarang. Di dipa kita enggak ada," ujar Diana saat ditemui di ICE BSD, Selasa (7/6/2022).

Kendati begitu, Kementerian PUPR tetap harus sudah memetakan rencana pembangunan IKN Nusantara untuk periode 2022-2024. Beberapa pembangunan awal yang bakal segera dilaksanakan seperti infrastruktur jalan, jaringan air, hingga Istana Negara.

"Sebelum istana harus ada land development dulu. Karena di sana enggak bisa langsung dibangun, kita harus melakukan land development dulu. Kemudian kantor kemenko kemenkeu dan juga di sumbu kebangsaan," terangnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Fisik

Guna memulai pembangunan fisik pada tahun ini, Kementerian PUPR juga sudah memulai proses lelang untuk beberapa proyek pengerjaan. Namun Diana belum mau merinci hal tersebut.

"Pokoknya, bulan ini nanti harus udah mulai lelang. Kita tunggu saja," imbuh dia.

Di luar infrastruktur dasar seperti jalan, pembangunan IKN Nusantara di tahun ini juga akan menggarap konstruksi bangunan seperti perumahan dan kantor pemerintah.

"Yang jelas kita sudah meninta Kemenkeu, tapi dana itu belum masuk ke dipa kita. Dana yNg diminta cukup banyak, tapi dari totalnya nambah sekitar sampai Rp 2 triliun sampai Rp 3 triliun," kata Diana.

3 dari 3 halaman

PM Australia Tawarkan Tenaga Ahli ke Jokowi Bangun IKN Nusantara

Pemerintah Australia menawarkan teknisi ahli untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Mereka ingin membantu Indonesia untuk menjadikan IKN Nusantara sebagai kota yang hijau, ramah lingkungan dan berteknologi tinggi.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menilai rencana pembangunan IKN merupakan prospek yang luar biasa, serta menandakan arah dan tujuan negara Indonesia.

"Saya dengan senang hati menawarkan teknisi ahli Australia untuk membantu merencanakan kota yang bersih, hijau dan berteknologi tinggi," kata PM Albanese saat memberikan keterangan resmi usai pertemuan bilateral Indonesia-Australia bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Senin (6/6/2022).

PM Albanese memandang bahwa Indonesia dan Australia sejalan dalam mewujudkan ketahanan iklim serta memberikan akses yang lebih baik terhadap energi hijau yang terjangkau, andal di seluruh wilayah, dalam upaya transisi ke nol emisi karbon.

Oleh karena itu, PM Anthony Albanese berharap dapat memajukan kemitraan iklim dan infrastrukturnya dengan dana hibah awal sebesar 200 juta dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.