Sukses

Eril Anak Ridwan Kamil Dinyatakan Meninggal Dunia, Yellow Notice Masih Berlaku Sampai Ketemu

Perwakilan keluarga menyatakan putra Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah meninggal dunia, usai sebelumnya hilang terseret arus di Sungai Aare, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Kakak kandung sekaligus perwakilan keluarga Ridwan Kamil, yakni Erwin Muniruzaman, mengungkapkan bahwa pihaknya meyakini putra sang Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz sudah wafat setelah memasuki satu pekan hilang karena terbawa arus di Sungai Aare di Swiss.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun, saya akan menyampaikan dari pihak keluarga, kami sudah melihat dan mengevaluasi seluruh yang bisa dilakukan termasuk upaya pencarian mandiri secara ikhtiar dan maksimal," kata Erwin dalam keterangan pers, dikutip Jumat (3/6/2022).

Atas nama almarhum Eril, Erwin pun menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan dan kekhilafan almarhum.

"Kami dari selaku keluarga memohonkan maaf atas nama almarhum sekiranya ada kesalah, kekhilafan baik sengaja atau pun tidak yang dilakukan almarhum dan sekiranya ada hak atau kewajiban dari almarhum mohon kami selaku perwakilan keluarga mohon diinfokan," tuturnya.

Selain itu, Erwin juga menyampaikan seruan kepada masyarakat untuk ikut menyalatkan almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. "Kami memohon para warga yang punya waktu luang untuk menyolatkan almarhum Emmeril Khan Mumtadz," pungkasnya. 

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa dokumen pencarian atau Yellow Notice dalam upaya pencarian Eril di Sungai Aare akan berlaku sampai jenazahnya ditemukan.

"Informasi dari Sekretariat NCB Interpol Hubinter Polri terus berkoordinasi dengan Polisi Swiss dan KBRI, memonitor perkembangan di lapangan. Untuk Yellow Notice tidak ada batas waktu," kata Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Dedi menegaskan, koordinasi antara kepolisian Indonesia dengan Swiss akan terus berlanjut sampai pencarian Eril membuahkan hasil maksimal.

"Berlanjut sampai ketemu. Dan permintaan yellow notice akan ditutup berdasarkan permintaan dari interpol atau NCB peminta. Bila subjek sudah ditemukan," jelasnya.

Sebagai informasi, KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis lalu (26/5) pkl. 11.24.

Menurut penjelasan Kepolisian kala itu, Eril mengalami situasi darurat pada saat berenang. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Kembali Berdoa untuk Eril Anak Ridwan Kamil, Ini Isinya

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi salah satu figur publik yang turut menyampaikan doa srta bela sungkawa kepada Ridwan Kamil dan keluarganya, yang tengah dalam masa sulit mencari sang putra.

Tak lama setelah surat MUI Jawa Barat terkait status pencarian Eril beredar, Erick Thohir membagikan pesan yang menyuarakan doa dan harapannya kepada Ridwan Kamil. 

"Sebagai seorang Ayah yang juga dekat dengan anak-anak, saya bisa ikut merasakan kesedihan seorang ayah, Kang @ridwankamil, yang kehilangan putra tercintanya, Aa Eril," tulis Erick Thohir dalam unggahan Instagram yang menyertai potret Eril pada Jumat (3/6/2022). 

"Turut berduka cita Kang. InsyaAllah Aa Eril pergi dengan tenang, diantarkan keikhlasan keluarga dan doa yang tidak putus kita panjatkan," lanjut Menteri BUMN tersebut.

"Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu’anhu. Semoga Emmeril Khan Mumtaz diterima di tempat terbaik di sisi-Nya. Saya yakin Kang @ridwankamil dan Teh @ataliapr bisa melewati ini semua," demikian doa yang disampaikan Erick Thohir. 

3 dari 3 halaman

Pencarian Eril Berlanjut Bersama Perwakilan Keluarga

Pada Kamis sore (2/6), Ridwan Kamil dan keluarga kembali ke Indonesia untuk menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

Dengan demikian, pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman Eril, yakni Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada hari Rabu kemarin (1/6).

KBRI Bern juga mengungkapkan, upaya pencarian intensif akan terus dilanjutkan Jumat hari ini (3/6/2022) dengan tambahan dukungan anjing pelacak.

Sebelumnya, KBRI Bern mengatakan bahwa pencarian Eril dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone.

Penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.