Sukses

Polemik Sponsor BUMN di Formula E, Stafsus Erick Thohir: Waktunya Mepet

Perdebatan BUMN tak ikut sponsor balapan Formula E akhirnya terjawab. Hal ini setelah Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga buka suara.

Liputan6.com, Jakarta Perdebatan BUMN tak ikut sponsor balapan Formula E akhirnya terjawab. Hal ini setelah Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga buka suara.

Menurutnya alasan utama terkait minimnya dukungan BUMN untuk menjadi sponsor ajang balapan mobil listrik tersebut lantaran proposal kerja sama baru diterima sekitar sebulan sebelum penyelenggaraan dihelat.

"Kementerian BUMN menerima informasi bahwa sebagian dari korporasi di bawah BUMN menerima proposal sponsorship dari Panitia Penyelenggara Jakarta E-Prix 2022 rata-rata sebulan sebelum even itu diselenggarakan," kata Arya dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Padahal, lanjut Arya, dalam mendukung even besar dan berskala internasional, BUMN memerlukan waktu untuk melakukan proses pengkajian sponsorhip. Termasuk juga melakukan pengkajian secara kelayakan bisnis dan model kerjasama agar memenuhi prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Menurutnya, proses pengkajian ini bervariasi di antara BUMN sesuai dengan peraturan di tiap perusahaan. Pada umumnya BUMN menerima proposal sponsor even besar berskala nasional dan internasional paling cepat tiga bulan sebelumnya atau bahkan setahun sebelumnya.

"Dengan demikian, ada waktu yang cukup untuk melakukan kajian sebelum mengambil keputusan yang didasari oleh aspek bisnis dan kontribusi nilai sosial BUMN kepada masyarakat," ucap Arya Sinulingga.

Pihaknya pun membantah terkait informasi yang menyebutkan adanya kebijakan yang menghambat perusahaan pelat merah untuk menjadi sponsor ajang balapan mobil listrik Formula E di Jakarta pada 4 Juni 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indosat Ooredoo Hutchison jadi Sponsor Formula E Jakarta

Arya mencontohkan, PT Indosat Tbk atau dikenal sebagai Indosat Ooredoo Hutchison yang sebagian sahamnya turut dimiliki BUMN, telah menjadi salah satu perusahaan yang mendukung acara tersebut.

"Kementerian BUMN menyesalkan adanya pernyataan-pernyataan negatif seakan BUMN tidak mendukung kegiatan Formula-E tersebut. Karena tak ada kebijakan menghambat sponsonship bagi even yang dimaksud. Bahkan PT Indosat Tbk telah menjadi salah satu perusahaan yang mendukung acara tersebut," jelas Arya.

Lebih lanjut, Arya memastikan Kementerian BUMN pada prinsipnya mendukung semua inisiatif untuk memajukan pembangunan bangsa dan termasuk berbagai program industri pariwisata nasional. Seperti even di MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, berapa waktu lalu.

"Saat ini BUMN berkonsentrasi untuk mendukung perhelatan besar negara yaitu pertemuan G-20 di Bali, Oktober 2022 mendatang," tutupnya

3 dari 4 halaman

Ahmad Sahroni: BUMN Tak Berikan Sponsor Apapun di Formula E!

Persoalan sponsor di ajang Formula E memang sempat panas. Hal ini juga yang menjadi pekerjaan rumah Ahmad Sahroni selaku Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta. Namun demikian, akhirnya ajang balapan mobil listrik ini pun mendapat sponsor.

Namun sayangnya, tak seperti MotoGP yang BUMN ramai-ramai memberikan sponsor, ajang Formula E ini tak ada satupun BUMN yang menjadi sponsor. Hal ini dipastikan Ahmad Sahroni dalam unggahannya di instagram pribadinya @ahmadsahroni88.

"BUMN tidak sponsor apapun, PLN untuk kelistrikan kami bayar full," tegas Ahmad Sahroni.

Ahmad Sahroni sendiri mengaku sudah mengirimkan proposal kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Hanya saja, diakuinya, belum ada respon.

Dalam postingannya, orang yang juga sebagai Anggora DPR Ri itu menyinggung Kementerian BUMN.

"Maap nih, BUMN tuh kan bagian dari Republik Indonesia kan yah? @kementerianbumn," tulisnya.

"Kami ga ngotot minta tapi ngotot untuk jadi bagian Indonesia," tegas Ahmad Sahroni.

4 dari 4 halaman

Daftar 30 Perusahaan yang Jadi Sponsor Formula E Jakarta

Dengan demikian saat ini ada 30 perusahaan menjadi sponsor Formula E dan berikut daftarnya:

1. Indosat Ooredoo Hutchison Powered By Ericsson

2. MS Glow for Men

3. Bank Artha Graha International

4. PT BMW Indonesia

5. Erafone

6. Electronic City

7. Bank DKI

8. Discovery Hotel

9. J Water

10. Paprika

11. Grab

12. Realme

13. PT Anugerah Utama Multifinance

14. Teh Botol Sosro

15. PT Central Omega Resource TBK

16. Walking Drum

17. Coca Cola

18. Gulavit

19. Medika Plaza

20. Enesis

21. Nescafe

22. Krisbow

23. PT Proline Finance Indonesia

24. Waste for Changes

25. PT Bank China Construction Bank Tbk

26. Hyundai

27. Sony

28. Samsung

29. Sharp

30. LG

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.