Sukses

Selamat, LPS Raih Anugerah Employer of Choice 2022!

Liputan6.com, Jakarta Lingkungan kerja yang nyaman, aman, dan kondusif tentunya berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas terbaik setiap karyawan. Berkaitan dengan hal tersebut, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai salah satu lembaga pemerintah yang diamanatkan undang-undang untuk menjaga stabilitas keuangan dan perbankan nasional, menaruh perhatian khusus. 

Ya, LPS terus berupaya meningkatkan pengelolaan SDM untuk mendukung produktivitas para karyawannya. Berkat upaya atau komitmen tersebut, LPS pun menjadi salah satu pemenang dalam ajang Indonesian Employer of Choice 2022 yang digelar SWA Media Group.

"Pencapaian LPS tersebut antara lain, didukung dengan peningkatan efektivitas operasional lembaga, terutama di saat pandemi," ujar Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistianingsih melalui keterangan tertulis, pada Jumat (20/5).

Penghargaan tersebut didasarkan pada komitmen LPS untuk terus membangun dan menjaga engagement pegawai. Engagement pegawai tersebut mencakup berbagai aspek, antara lain: 

  • Clear and Promising Direction atau Rencana Strategis (Renstra) yang efektif dan efisien
  • Confidence in Leader atau terus mengasah soft skill leadership, agar setiap pimpinan dapat lebih trengginas (lincah) dalam mengelola unit kerja yang dipimpinnya
  • Quality and Customer Focus atau komitmen penuh dalam hal pelayanan kepada masyarakat
  • Respect and Recognition atau implementasi nyata nilai ICare (Integrity, Collaboration, Accountable, Respect dan Excellence)
  • Development Opportunities atau kesempatan luas untuk mengembangkan karir melalui jalan mutasi, kenaikan pangkat dan promosi jabatan

"Kami juga memiliki Program Pay and Benefits atau penerapan remunerasi berdasarkan kinerja, program pensiun serta bantuan kesehatan, subsidi bunga pinjaman dan juga asuransi kesehatan," jelas Lana. 

Berbagai keunggulan tersebut juga ditambah oleh Program FWA atau Flexible Working Arrangement, dimana setiap pekerjaan dapat dilakukan secara hybrid yakni kombinasi bekerja dari rumah dan dari kantor. Lembaga ini pun telah menyiapkan berbagai piranti dan kelengkapan lainnya kepada setiap pegawai untuk mendukung program tersebut.

Dengan penghargaan ini, diharapkan LPS dapat menjadi lembaga atau tempat untuk mengabdi idaman setiap orang, khususnya para generasi muda.

Saat ini total pegawai di LPS adalah 447 orang. Dengan komposisi berdasarkan usia 21-30 tahun sebanyak 45%, usia 31-40 tahun sebanyak 37%, usia 41-50 tahun sebanyak 15% dan usia 51-60 sebanyak 4%.

Dengan komposisi demografi tersebut dimana mayoritas pegawai LPS berusia muda, hal ini dapat menjadi sebuah kekuatan sekaligus tantangan bagi LPS. Oleh karena itu, LPS berkewajiban untuk mengelola sumber daya manusianya dengan sebaik mungkin agar selaras dengan visi dan misi LPS serta mampu menjawab tantangan masa depan. 

"Terpenting, semoga LPS juga dapat menjadi tempat untuk mengembangkan talenta-talenta muda potensial yang memiliki kompetensi untuk turut serta dalam memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara," tutupnya.

 

(*)