Sukses

45 Ribu Orang Diperkirakan Kunjungi Taman Margasatwa Ragunan Hari Kedua Lebaran 2022

Sandiaga Uno menyampaikan, Taman Margasatwa Ragunan menerapkan sistem reservasi secara online saat libur Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan ditargetkan bisa sentuh angka 45 ribu orang pada Selasa 3 Mei 2022 atau di Hari Kedua Lebaran 2022. Pada hari tersebut masyarakat memang mulai mengunjungi tempat wisata atau rekreasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, target 45 ribu pengunjung Ragunan tersebut setara 75 persen dari kapasitas yang mencapai 60 ribu ribu orang.

Angka tersebut termasuk cukup tinggi karena Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi destinasi favorit masyarakat yang tidak ikut mudik Lebaran. Lokasi Ragunan cukup strategis untuk dikunjungi.

"Karena ini juga destinasi andalan di DKI Jakarta, target dari Kadis di hari kedua Lebaran (3/5/2022) 45 ribu pengunjung yaitu 75 persen dari kapasitas sebanyak 60 ribu," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Senin (2/5/2022).

Sandiaga menyampaikan, TMR juga menerapkan sistem reservasi secara online saat libur Lebaran 2022. Masyarakat yang ingin membeli tiket masuk kebun binatang yang memiliki koleksi 2.294 satwa dari 220 jenis satwa tersebut disarankan mendaftar secara online satu hari sebelum kedatangan.

Pendaftaran sendiri akan dibuka sejak pukul 07.30 WIB hingga jumlah pengunjung sebanyak 45 ribu orang terpenuhi. Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh calon pengunjung Taman Margasatwa Ragunan yakni bukti vaksinasi dosis kedua yang diperuntukkan bagi orang dewasa.

"Dan anak anak usia 6-12 tahun sudah harus vaksinasi dosis satu," Sandiaga Uno.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Protokol Kesehatan

Sandiaga pun meminta pengunjung untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat, adanya potensi lonjakan pengunjung di musim libur Lebaran tahun ini.

"Lebaran ini momentum kita membangkitkan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, dan lebaran menjadi momentum masuk ke dalam tatanan ekonomi baru kita," tutupnya.

Sementara itu, Kepala UP Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyatu menjelaskan, jumlah kunjungan sampai saat ini ke TMR ada 2.200 pengunjung. Untuk menarik pengunjung pada musim libur lebaran ini, pihak pengelola akan menghadirkan berbagai atraksi-atraksi menarik.

"Kita akan mengadakan acara feeding time ketupat, jadi makanan-makanan satwa dimasukkan ke dalam tempat berbentuk ketupat, yang nantinya diberikan kepada satwa-satwa seperti gorila, gajah, dan harimau," ujarnya.

Reporter: sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Taman Margasatwa Ragunan Kembali Beroperasi Besok

Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan akan kembali beroperasi pada Selasa (3/5/2022). Hal tersebut berdasarkan unggahan pada akun Instagram resmi @ragunanzoo.

"Kita infokan ya kita akan buka pada hari kedua lebaran Selasa, 3 Mei 2022 dan hanya tutup di hari H lebaran Senin, 2 Mei 2022," bunyi dalam unggahan tersebut.

Dalam pengoperasiannya pengunjung harus memahami sejumlah syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Taman Margasatwa Ragunan, salah satunya soal pembelian tiket. Yakni masyarakat disarankan mendaftar secara online satu hari sebelum kedatangan.

Pendaftaran akan dibuka sejak pukul 07.30 WIB hingga jumlah yang ditentukan. Kemudian calon pengunjung harus dapat menunjukkan bukti vaksinasi dosis kedua yang diperuntukkan bagi orang dewasa.

Kemudian untuk anak usia 6-12 tahun sudah harus vaksinasi dosis satu. Jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan juga dibatasi hanya 75 persen atau setara dengan 45.000 orang.

"Waktu operasional mulai pukul 07.00-17.00 WIB," ucapnya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap di tempat wisata Jakarta selama libur Lebaran 2022. Kebijakan berlaku pada 29 April hingga 8 Mei 2022.

"Saat liburan nanti kita akan putuskan tidak ada ganjil genap di tempat wisata," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Seperti dikutip dari Antara, Sambodo mengungkapkan bahwa sebelumnya ada beberapa teman wisata yang diberlakukan sistem ganjil genap antara lain Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ragunan, Monas, Kota Tua, dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

 

4 dari 4 halaman

Pembatasan Pengunjung

Kemudian terkait pembatasan jumlah pengunjung pada tempat wisata tersebut, Sambodo menyatakan bahwa itu akan menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Persentase jumlah pengunjung yang akan dibatasi apakah 75 persen atau 50 persen, nanti kewenangan ada di Pemprov DKI, tapi jalan menuju wisata itu enggak ada lagi ganjil genap," ujarnya.

Selain itu, Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI juga memastikan bahwa aturan ganjil genap di 13 ruas jalan di Jakarta ditiadakan selama libur Lebaran 29 April hingga 8 Mei 2022.

Peniadaan aturan ganjil genap ini mengacu kepada Pergub Nomor 88 tahun 2019 tentang pelaksanaan ganjil-genap yang mengatur bahwa ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu Minggu dan hari libur nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.